$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Orang Sunda Hari Ini Berkumpul di Bandung Tuntut PDIP Mengganti Arteria Dahlan

INDONESIAKININEWS.COM -  Politisi PDIP Arteria Dahlan meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk mengganti Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) ya...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Politisi PDIP Arteria Dahlan meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk mengganti Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang bicara bahasa Sunda saat rapat.

Namun tak disebutkan Kajati mana yang dimaksud. Permintaan disampaikan Arteria kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin, saat Komisi III DPR RI melakukan rapat kerja bersama Kejaksaan Agung (Kejagung), di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Belakangan, nama Kajati Jabar Asep Nana Mulyana yang disebut-sebut sebagai sosok dimaksud Arteria Dahlan.

Sejauh ini belum ada juga tanggapan langsung dari yang bersangkutan.

Namun, reaksi dari masyarakat Sunda sudah terlihat sejak kemarin Selasa, 18 Januari 2022. Elemen masyarakat Sunda menyuarakan tanggapannya.

Bahkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga sudah bicara dan mendesak Arteria untuk menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sunda.

Hari ini, masyarakat Sunda pun akan berkumpul di Kota Bandung, tepatnya di Perpustakaan Ajip Rosidi di Jalan Garut No. 2 Bandung.

Lewat Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda (PP-SS), masyarakat Sunda menilai ucapan Arteria sangat berlebihan dan melukai penutur bahasa daerah, terutama bahasa Sunda.

PP-SS mengatakan, menggunakan Bahasa Sunda dalam forum rapat oleh pejabat dianggap melanggar hukum. Padahal, sesuai aturan, seorang pejabat negara baru bisa diberhentikan seandainya melanggar hukum pidana.

Cara pandang Arteria Dahlan tentu berlebihan dan melukai penutur bahasa Sunda, bahkan penutur bahasa daerah, karena menganggap menggunakan bahasa Sunda (daerah) sebagai kejahatan.

"Jadi siapa pun, baik pejabat eksekutif, legislatif, yudikatif dan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sudah selayaknya menghormati dan memelihara bahasa daerah," ujar Ketua PP-SS, Cecep Burdansyah.

"Kajati yang bicara bahasa Sunda dalam rapat kerja tentu saja masih sejalan dengan konstitusi. Ada pun bila dalam raker tersebut ada yang tidak paham atas apa yang dikatakan Kajati, ada cara untuk meminta Kajati mengulang pembicaraannya dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bukan dengan meminta diganti. Pernyataan meminta Jaksa Agung mengganti Kajati jelas merupakan sikap politik yang tidak terpuji dan mengingkari konstitusi," paparnya.

Pernyataan Arteria disaksikan baik oleh sesama anggota DPR dan rakyat melalui media, dan dikhawatirkan sikap tersebut menular dan jadi sikap politik para politikus dan kader partai di tanah air, sehingga peminggiran terhadap bahasa daerah perlahan tapi pasti menggiring pada kematian bahasa daerah.

Dilihat dari kerangka edukasi, jelas pernyataan Arteria sangat berbahaya bagi keutuhan bangsa dan keutuhan NKRI.

Pernyataan tersebut juga kontraproduktif bagi partai tempat bernaung Arteria Dahlan. Sebagai partai yang mengusung nasionalis dan menghormati kemajemukan, pernyataan Arteria Dahlan justru berlawanan dengan visi partai dan secara politik merusak citra partai, sehingga lambat laun kehilangan masa depan karena ditinggalkan konstituen.

Pernyataan Arteria juga jelas berlawanan dengan visi misi DPR sebagai lembaga yang merepresentasikan aspires rakyat, bahkan pada akhirnya merusak citra dan kehormatan lembaga DPR.

"Meskipun Arteria ada di Komisi III yang membidangi hukum, seharusnya dia menghormati Komisi X yang membidangi pendidikan dan kebudayaan. Pernyataan Arteria jelas menunjukkan ego sektoral yang mengakibatkan rusaknya marwah DPR," terang Cecep.

Berdasarkan pertimbangan itu, PP-SS menuntut Arteria untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Jaksa Agung dan Kajati yang berbicara bahasa Sunda yang ia maksud.

Kemudian Arteria juga harus meminta maaf kepada penutur Bahasa Sunda, penutur Bahasa Daerah, pimpinan DPR dan pimpinan PDIP dan Fraksi PDIP.

PP-SS juga memohon kepada pimpinan PDIP untuk mengganti (PAW) Arteria Dahlan.

Di dunia maya, ekspresi kekecewaan atas ucapan Arteria juga banyak bermunculan.

Bahkan tagar Sunda dan tagar PecatArteria cukup menghebohkan.

"Arteria dahlan orang PDIP ini arogan,petinggi PDIP elit_nya sja ga ada yg berani kritik krn Bicara SUNDA..Yg setuju arteria dipecat dr PDIP. Retuit. #PecatArteria," begitu tulis warganet.

"Orang niti karir PNS dr nol sampai usia 60/65 tiba2 minta d pecat sm orang yg cuma 5th_an...Politikus arogan/garong benamkan 2024..#PecatArteria," begitu sambung warganet.

"#PecatArteria Sok cirian ku urang Sunda ti partai mana tah nu teu ngahargaan pisan basa Sunda ...tenggelamken wae lah lier ih," komentar netizen.

S:Galamedianews



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Orang Sunda Hari Ini Berkumpul di Bandung Tuntut PDIP Mengganti Arteria Dahlan
Orang Sunda Hari Ini Berkumpul di Bandung Tuntut PDIP Mengganti Arteria Dahlan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhteVH1gI14tVhKKWsUHxWMFF54VQoJd4pK4fbEkrS7MRXUQRWToKIYTZS_ikSWiUEGM-iBcEAEGcNfldWKN0-HUXdaZ020fkdvKbqH6V08Y9Iq3IysdfTzLG3K1hi8m_eT0qlwwHj4v2KJ3ntJN4BzrF8zn2ukEV2IyT2BIT1ak4eotipEzfoDwvsz-g=w640-h420
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhteVH1gI14tVhKKWsUHxWMFF54VQoJd4pK4fbEkrS7MRXUQRWToKIYTZS_ikSWiUEGM-iBcEAEGcNfldWKN0-HUXdaZ020fkdvKbqH6V08Y9Iq3IysdfTzLG3K1hi8m_eT0qlwwHj4v2KJ3ntJN4BzrF8zn2ukEV2IyT2BIT1ak4eotipEzfoDwvsz-g=s72-w640-c-h420
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/orang-sunda-hari-ini-berkumpul-di.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/orang-sunda-hari-ini-berkumpul-di.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy