$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Siap-siap Kecewa, Presiden Dipastikan Tunjuk Pj Gubernur Bukan Usulan Partai Politik

INDONESIAKININEWS.COM -  Presiden Joko Widodo dipastikan yang akan menunjuk Penjabat Gubernur yang akan habis masa jabatan pada tahun 2022 s...



INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Joko Widodo dipastikan yang akan menunjuk Penjabat Gubernur yang akan habis masa jabatan pada tahun 2022 sampai 2023 mendatang.

Namun nama yang diusulkan tersebut juga berasal dari Kementerian Dalam Negeri.

Dengan kebijakan ini, maka Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, meminta partai politik mengurungkan niat untuk mengusulkan kadernya menjadi calon Penjabat (PJ) Gubernur,hingga Bupati dan Wali Kota.

Untuk diketahui, sebanyak 101 kepala daerah akan berakhir masa jabatannya tahun 2022 dan 170 kepala daerah lagi berakhir masa jabatan 2023.

Artinya 271 daerah akan dipimpin kepala daerah bersifat sementara berupa pelaksana tugas (Plt) atau penjabat sementara (Pjs).

"Ketika ada parpol berniat mengajukan calon untuk Penjabat (PJ) Gubernur, Bupati atau Walikota, sebaiknya niat tersebut diurungkan saja karena bertentangan dengan Undang-undang," kata Junimart kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Junimart menjelaskan setiap PJ Gubernur yang akan mengisi kekosongan jabatan itu akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasar pengajuan nama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sedangkan untuk PJ Bupati dan Walikota dipilih langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sesuai amanat Undang-undang No 10 tahun 2016, PJ Gubernur akan diajukan Kemendagri lalu dipilih langsung oleh Presiden. Sementara untuk PJ Bupati dan Walikota diajukan oleh Gubernur dan dipilih oleh Kemendagri," ucapnya.

Untuk itu, Junimart meminta Kemendagri bertindak selektif dalam menjaring calon PJ Gubernur yang akan diusulkan kepada Presiden.

"Kemendagri harus benar-benar selektif dan transparant ketika akan mengajukan nama calon Penjabat Gubernur kepada Presiden. Bila perlu dilakukan fit and propert terlebih dahulu melalui Pansel (Panitia Seleksi)," ujarnya.

Lebih lanjut, legislator PDI Perjuangan itu berharap ditangan para PJ Gubernur dan PJ Bupati serta PJ Wali Kota yang nantinya terpilih menduduki jabatan kepala daerah, seluruh program strategis pemerintahan dapat berlangsung dengan baik karena tidak adanya kepentingan politik di dalamnya.

"Program-program strategis di pemerintahan Provinsi dan Kabupaten, Kota tetap berjalan dengan kehadiran para Pejabat itu sebagaimana fungsi dan tugas Gubernur yg sudah berakhir masa jabatannya sesuai dengan asas asas pemerintahan yang baik. Para Pejabat tidak boleh berpolitik, tidak boleh punya kepentingan politik terlebih memihak ke parpol," pungkasnya.

s; tribunnews.com


Name

Berita,19468,H,148,HUMOR,7,Internasional,160,Kesehatan,23,Nasional,19328,News,1049,OPINI,78,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Siap-siap Kecewa, Presiden Dipastikan Tunjuk Pj Gubernur Bukan Usulan Partai Politik
Siap-siap Kecewa, Presiden Dipastikan Tunjuk Pj Gubernur Bukan Usulan Partai Politik
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjIWVrUhnGYCc8jcS2PBwKr93VqX4XskAkW4GgrYsLIKlR47IHDCS9vnkw2GePKdr9v0IPnp3HqdCJm4qD34zfWRoGGQVnGfjxLFuc3stPrhuE2sTrgXKwAfnCN95JYE2GpI3SQBNPIwHix73FhnTaVmxoAC1OYyox9fKuY72c2JoVmiTLHR1uE_VUeDw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjIWVrUhnGYCc8jcS2PBwKr93VqX4XskAkW4GgrYsLIKlR47IHDCS9vnkw2GePKdr9v0IPnp3HqdCJm4qD34zfWRoGGQVnGfjxLFuc3stPrhuE2sTrgXKwAfnCN95JYE2GpI3SQBNPIwHix73FhnTaVmxoAC1OYyox9fKuY72c2JoVmiTLHR1uE_VUeDw=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/siap-siap-kecewa-presiden-dipastikan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/siap-siap-kecewa-presiden-dipastikan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy