$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Menyatakan Siap Maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Diinginkan Jokowi Untuk Jadi Penggantinya

INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan disiapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi penggantinya pada...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan disiapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi penggantinya pada tahun 2024.

Hal itu terkait pernyataannya yang berkeinginan kepala daerah berlatar belakang arsitek memimpin Ibu Kota Negara, Nusantara, di Kalimantan Timur.

"Saya pikir lebih pada penyiapan RK (Ridwan Kamil) sebagai calon pemimpin potensial di level nasional," kata Staf Peneliti di Pusat Riset Politik-Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN), Wasisto Raharjo Jati, Kamis, 20 Januari 2022.

Wasisto menilai arsitek yang dimaksud Jokowi adalah Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil itu merupakan Gubernur Jawa Barat yang periode jabatannya bakal berakhir setahun sebelum Pemilu 2024.

Jokowi perlu menyiapkan langkah Emil sebelum masuk gelanggang pencapresan karena perlu dukungan parpol secara nasional.

"Ini karena RK sendiri belum punya `daya tawar politik` kuat ke parpol sehingga ketika bisa memegang IKN, mungkin bisa jadi poin plus RK," kata Wasisto.

Dalam ajang Pilpres, ia menyatakan, seorang tokoh tidak cukup mengandalkan popularitas. Seorang tokoh juga perlu punya daya tawar politik ke parpol.

"Saya pikir arah yang dimaksud Presiden itu adalah Ridwan Kamil, karena RK sendiri juga berlatar belakang akademis dari jurusan arsitektur dan memang praktisi dalam arsitek," kata dia.

Soal latar belakang disiplin keilmuan arsitektur, RK adalah sarjana teknik arsitektur Institut Teknologi Bandung dan menyabet gelar master tata kota dari Universitas California, Berkeley.

Sebenarnya, bukan cuma RK saja yang punya latar belakang kepala daerah-arsitek.

Tri Rismaharini yang saat ini menjabat Menteri Sosial juga punya latar belakang keduanya.

Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto juga punya latar belakang arsitek. Namun, menurut Wasisto, RK punya karya yang lebih dikenal luas ketimbang Risma dan Dani Pomanto.

"Pomanto dan Tri Rismaharini memang berlatarbelakang akademis sebagai sarjana arsitektur, namun capaian penting karya arsitektur beliau berdua ini belum merata dan menyebar seperti RK," kata Wasisto.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio juga menyebut Ridwan Kamil sebagai sosok yang dimaksud Jokowi.

Menurut Hensat, sapaan Hendri, RK punya komposisi yang lengkap untuk memenuhi kriteria yang disebutkan Jokowi.

"Artinya, kalau memang Ridwan Kamil ditunjuk jadi Kepala Otorita IKN, artinya Jokowi mempercayakan monumen mercusuarnya kepada RK, sehingga daya tawar pencapresannya tinggi juga," terang Hensat.

Menurut Hensat, siapa yang menjabat Kepala Otorita IKN punya kans untuk maju menjadi capres 2024. Dia menyebut Kepala Otorita yang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik bisa jadi mendapat dukungan Jokowi untuk maju pada 2024.

"Pak Jokowi pasti dukung tuh. Ini peluang emas. Jadi sekarang fokus saja bekerja. Kita lihat perkembangannya dalam dua tahun seperti apa," pungkasnya.

Sebelumnya Emil pun menyatakan telah berusaha dan siap maju sebagai capres 2024.

Meski begitu, Emil masih belum menentukan parpol mana yang bakal membawanya ke kancah Pemilu.

"Lahir batin kan sudah siap (maju Pilpres). Masalah nanti warnanya (partai) apa, itu Allah yang tentukan," kata Emil, setelah menghadiri sebuah acara di wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 18 Januari 2022.

Rabu, 19 Januari 2022, Jokowi menyampaikan keinginannya di depan pemimpin redaksi media massa nasional.

Dia ingin Ibu Kota Negara (IKN) bernama Nusantara di Kalimantan Timur kelak dipimpin oleh sosok berlatar belakang kepala daerah dan arsitek.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," katanya.***

S:Galamedianews


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Menyatakan Siap Maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Diinginkan Jokowi Untuk Jadi Penggantinya
Usai Menyatakan Siap Maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Diinginkan Jokowi Untuk Jadi Penggantinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgIwThy2Ci5DpOSDzTlrL6nILe1V-gpjouXRU8WKQD3RZFueK8XewOWCK4BlVOArIZZMjGYDbkNZ_ROU1jALTynfm6L0xrbA8nUh9vinDz-RCIChMzRjDlCVV_wo1bZ25E0LAI2TuInHnlSC10arHH_GRMtwylnSkbx4PbwKWoLBBGWr6UPsmxzJy7ulw=w640-h412
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgIwThy2Ci5DpOSDzTlrL6nILe1V-gpjouXRU8WKQD3RZFueK8XewOWCK4BlVOArIZZMjGYDbkNZ_ROU1jALTynfm6L0xrbA8nUh9vinDz-RCIChMzRjDlCVV_wo1bZ25E0LAI2TuInHnlSC10arHH_GRMtwylnSkbx4PbwKWoLBBGWr6UPsmxzJy7ulw=s72-w640-c-h412
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/usai-menyatakan-siap-maju-di-pilpres.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/usai-menyatakan-siap-maju-di-pilpres.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy