$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dokumen Berbahaya Keterlibatan Gibran dan Kaesang Terungkap, Cek Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -  Video berjudul "Dokumen Berbahaya Gibran dan Kaesang Terungkap” beredar di media sosial. Video tersebut bereda...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Video berjudul "Dokumen Berbahaya Gibran dan Kaesang Terungkap” beredar di media sosial. Video tersebut beredar seiring dilaporkannya dua anak presiden Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Ubedillah Badrun, dosen Universitas Negeri Jakarta sekaligus aktivis 98.

Di Youtube, video berdurasi 10 menit 58 detik tersebut diunggah kanal BERITA NEGARA TERKINI 86 pada 30 Januari 2022 dengan judul, “ BERITA TERKINI ~ D0KUMEN BERB4H4YA!! GIBRAN & KAESANG TRUNGK4P ~ NEWS VIRAL KPK.”

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah diksaksikan lebih dari 59.700 kali. Apa benar dokumen berbahaya Gibran dan Kaesang Terungkap? Tangkapan layar unggahan video berjudul “Dokumen Berbahaya Gibran dan Kaesang Terungkap” yang beredar di media sosial.

Penjelasan

Dilansir cekfakta.com, untuk memverifikasi klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo mula-mula memfragmentasi video tersebut dengan menggunakan tool InVid. Selanjutnya penelusuran dilakukan dengan menggunakan reverse image tools Google dan Yandex. Hasilnya, video tersebut sama sekali tidak memperlihatkan dokumen berbahaya terkait dilaporkannya Gibran dan Kaesang ke KPK.

Video tersebut merupakan suntingan dari sejumlah cuplikan video berbeda. Di antaranya, wawancara Profesor Salim Said, perdebatan Ubedillah dan Relawan Jokowi Mania, aksi demonstrasi Aliansi Aktivis 98 di Gedung KPK, Ubeidillah melaporkan Gibran dan Kaesang ke KPK serta Tanggapan Gibran usai dirinya dilaporkan ke KPK.

Video potongan wawancara Salim Said pernah diunggah ke Youtube oleh kanal Akbar Faisal Uncensored pada 24 Januari 2022 dengan judul, "SALIM SAID: "KELELAHAN DEMOKRASI PINTU MASUK MILITER KEMBALI KE POLITIK" | AF UNCENSORED."

Cuplikan video selanjutnya yang memperlihatkan Ubedilah Badrun berdebat dengan relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, pernah dimuat ke Youtube oleh kanal KOMPAS TV dalam program Aiman yang dipandu Aiman Wicaksono pada 25 Januari 2022 dengan judul, "Bisnis Anak Presiden Disuntik Dana Misterius?! | Aiman (3)."

Adalah Ubedilah Badrun, seorang dosen dan aktivitis, yang mencium adanya dugaan KKN dan tindak pencucian uang di perusahaan yang dikelola oleh Kaesang dan saudara laki-lakinya itu.

Menurutnya, GK Hebat berkongsi dengan perusahaan besar lainnya yang memiliki catatan kasus pembakaran hutan. Meskipun telah melalui proses persidangan hukum, perusahaan rekanan tersebut hanya menerima hukuman berupa denda yang jauh lebih rendah dari tuntutan jaksa.

Ubedilah menganggap putusan tersebut memiliki benang merah dengan kongsi bisnis putra-putra presiden dan seorang anak pengusaha yang terafiliasi dengan perusahaan besar yang terkait dengan perusahaan pembakar lahan.

Tak berselang lama, Ubedilah pun dilaporkan oleh Ketua Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, ke Polda Metro Jaya. Laporan dosen dan aktivis ini diduga hanyalah isapan jempol belaka. Upaya penyebaran berita bohong, dan fitnah.

Cuplikan video lainnya yang memperlihatkan sejumlah ibu-ibu tengah melakukan aksi demonstrasi di gedung KPK pernah diunggah ke Youtube oleh kanal Law Justice pada 24 Januari 2022 dengan judul, "Aliansi Aktivis 98 Demonstrasi di Gedung Merah Putih KPK, Minta KPK Periksa Laporan Ubedilah Badrun."

Puluhan massa yang terdiri dari Aliansi Aktivis 98 dan ibu rumah tangga, menggelar aksi demonstrasi di depan gedung merah putih KPK di Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin siang.

Sementara video yang memperlihatkan Ubedillah Badrun saat mendatangi gedung KPK untuk melaporkan Gibran dan Kaesang pernah dimuat ke Youtube oleh kanal CNN Indonesia pada 11 Januari 2022 dengan judul, "Gibran dan Kaesang Dilaporkan Dosen UNJ ke KPK."

Pada Rabu, 26 Januari 2022, Ubedilah memenuhi panggilan KPK. Kedatangannya ke KPK untuk memperkuat laporannya soal dugaan tindak pidana pencucian uang dan nepotisme yang dilakukan anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

"Klarifikasi hampir dua jam. Kemudian juga kami sekaligus membawa dokumen tambahan untuk memperkuat laporan kami," kata Ubedilah kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Namun, Ubedilah enggan menyebut bukti baru yang dimaksud. Katanya, KPK-lah yang nani menjelaskan ke publik bukti dan dokumen yang dibawanya itu.

"Tentu ini dokumen berbasis data yang valid, selebihnya KPK yang akan melanjutkan,” katanya lagi.

Ubedilah percaya KPK dapat menjalankan amanah negara ini untuk terus menjalankan proses ini dengan cara yang seharusnya dilakukan sesuai undang-undang.

"Kami percaya bahwa di republik ini ada prinsip equality before the law ya, siapa pun sama kedudukannya di muka hukum, dan juga kita memegang teguh asas praduga tak bersalah," ucap Ubedilah.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, video dengan klaim dokumen berbahaya yang melibatkan Gibran dan Kaesang terungkap, tidak terbukti. Video tersebut sama sekali tidak memperlihatkan dokumen yang menunjukkan keterlibatan Gibran dan Kaesang dalam kasus korupsi ataupun pencucian uang yang dilaporkan ke KPK oleh Ubedillah Badrun.

Ubedillah memang memenuhi panggilan KPK pada Rabu, 26 Januari 2022 sekaligus membawa dokumen tambahan, namun ia enggan menjelaskan dokumen apa saja yang dibawa dan diserahkan kepada tim KPK. Termasuk tidak menjelaskan secara pasti apakah dokumen tersebut adalah alat bukti.

S:Pantau


Name

Berita,22558,H,151,HUMOR,7,Internasional,362,Kesehatan,29,Nasional,22216,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dokumen Berbahaya Keterlibatan Gibran dan Kaesang Terungkap, Cek Faktanya
Dokumen Berbahaya Keterlibatan Gibran dan Kaesang Terungkap, Cek Faktanya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjlCUVglcQRESyWAs7jFuMA7-MpafPsguaFUX9ncnhCg3whmN7YSVM_-iN-wkE-PSPHaWlDazZ_h8jyVgzQ-UZF4XX4CaF9dc8UHtSngxqjJHNZ8WVZBpMv3LVvDxryVJfO2X2vQd25kkBj-McQeezKVvXmOxBGhFAthMxgMAawk8xhNt3JFhHU81H9Xw=w640-h332
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjlCUVglcQRESyWAs7jFuMA7-MpafPsguaFUX9ncnhCg3whmN7YSVM_-iN-wkE-PSPHaWlDazZ_h8jyVgzQ-UZF4XX4CaF9dc8UHtSngxqjJHNZ8WVZBpMv3LVvDxryVJfO2X2vQd25kkBj-McQeezKVvXmOxBGhFAthMxgMAawk8xhNt3JFhHU81H9Xw=s72-w640-c-h332
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/dokumen-berbahaya-keterlibatan-gibran.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/dokumen-berbahaya-keterlibatan-gibran.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy