$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Seharusnya Tak Dilakukan Jokowi, Ini Kebiasaan Tak Lazim Presiden saat Didalam Pesawat Kepresidenan

INDONESIAKININEWS.COM -  Sesederhana itulah orang nomor 1 di negara kita ini ketika berada didalam Pesawat Kepresidenan. Presiden RI Joko Wi...



INDONESIAKININEWS.COM - Sesederhana itulah orang nomor 1 di negara kita ini ketika berada didalam Pesawat Kepresidenan.

Presiden RI Joko Widodo memang dikenal sangat sederhana.

Kalau melihat soal berpakaian dan kebiasaaanya ketika turun ke tengah-tengah warga.

Tapi soal kebiasaan satu ini mungkin saja masih sedikit yang tahu.

Kebiasaan Presiden Jokowi ketika didalam Pesawat Kepresidenan.

Tentu yang mengetahui itu hanyalah pilot dan juga pramugari yang melayani Presiden Jokowi ketika terbang melaksanakan tugas negara.

Dan baru-baru ini kebiasaan ayah Kaesang Pangarep itu diungkapkan si Pramugari Pesawat Kepresidenan.

Bahkan kebiasaan tak lazim pun dilakukan kakek Jan Ethes itu.

Kegiatan Presiden Jokowi memang selalu menarik untuk disimak, salah satunya cerita dari seorang Pramugari pesawat kepresidenan, tentang kebiasaan dan makanan favorit Presiden Jokowi selama penerbangan.

Pramugari pesawat kepresidenan itu secara terbuka membocorkan kebiasaan dan makanan favorit Presiden Jokowi setiap kali melakukan perjalanan dengan pesawat.

Mengutip dari chanel youtube KompasTV yang dipublikasikan pada 22 Desember 2018, merangkum cerita pramugari kepresidenan tentang kebiasaan Presiden Jokowi saat berada di dalam pesawat.

Pramugari pesawat kepresidenan, Serda Dyna Iswara mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi adalah pribadi yang sangat sederhana.

"Pak Jokowi itu orangnya sederhana mas, beliau tidak pernah meminta apa-apa sebenarnya. Tapi, makanan kesukaan beliau nasi padang," tutur Serda Dyna.

Tak berhenti sampai disitu, Serda Dyna juga membagikan cerita mengenai hal-hal menarik yang dialaminya saat terbang bersama dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Ia mengungkapkan bahwa Pak Jokowi tak tanggung-tanggung membereskan meja makannya sendiri ketika sudah selesai makan.

"Hal-hal yang paling menarik khusunya dengan Pak Jokowi ya, ketika kami serving, beliaunya sudah selesai makan."

"Selesai makan, ketika saya akan mengangkat makannnya, beliau berkenan untuk mengangkat sendiri. Beliau itu emang mandiri," ceritanya.

Bagi Serda Dyna yang sudah bertugas selama 2 tahun menjadi pramugari pesawat kepresidenan menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan suatu hal yang menarik bagi dirinya.

Serda Vian Widya Registha juga mengungkapkan hal yang sama.

"Baru pertama kali, pejabat melakukan hal seperti" tambah Serda Dyna.

Ia membagikan ceritanya setelah 10 bulan bekerja sebagai pramugari pesawat kepresidenan.

"Pengalaman saya, untuk Presiden Jokowi, beliau low profile. Selama penerbangan kalau kita clear up, beliau ikut membantu."

"Itu menarik sekali, soalnya orang nomor satu di Indonesia ikut membantu," cerita Serda Vian.

Kedua pramugari pesawat kepresidenan ini menjelaskan bahwa untuk menjadi pramugari kepresidenan membutuhkan waktu dan bentuk pelatihan yang khusus.

Melihat jadwal Presiden Jokowi yang padat, sebagai seorang pramugari pesawat kepresidenan selalu mengikuti jadwal Presiden, baik itu kunjungan di dalam maupun ke luar negeri.

Era SBY yang Mulai

Di Indonesia, Pesawat Kepresidenan hadir pada tahun 2014, tepatnya di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pesawat Boeing 737-800 dengan jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) ini memiliki spesifikasi dan fasilitas kelas VVIP.

Tak hanya itu, pelayanan jasa yang diberikan juga terbilang khusus, seperti penanganan makanan untuk sang presiden.

Dikutip dari KompasTravel yang mengunjungi penyedia jasa katering penerbangan domestik ataupun internasional terbesar di Indonesia, Aerofood ACS, yang berlokasi di kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (30/11/2016) melihat rak bahan makanan khusus untuk perjalanan udara RI 1.

"Itu rak khusus untuk RI 1. Di dalamnya ada makanan-makanan kesukaan presiden," kata Head Marketing Communication Aerofood ACS, Wulandari.

Rak makanan yang berukuran sedang tersebut dikerangkeng dan digembok rapat. Di sebelah kerangkeng makanan RI 1, ada kerangkeng makanan bertuliskan "RI 2".

Menurut Wulandari, perlakuan makanan secara khusus untuk presiden sudah ada sejak zaman SBY, yang merupakan presiden pertama yang dapat merasakan pesawat kepresidenan sejak 69 tahun Indonesia merdeka.

"Hanya petugas khusus RI1 yang bisa buka (gembok kerangkeng). Mereka berseragam khusus dan cuma mereka yang boleh naik sampai ke pesawat," kata Wulandari.

Hal yang lucu, meski perlakuan makanan terbilang istimewa, sebenarnya sama sekali tak ada makanan bermerek mahal di dalam kerangkeng tersebut. Isinya jutru terbilang tradisional dan murah meriah.

"Pak Jokowi itu favoritnya kacang ting-ting, keripik tempe, sama Teh Cap Botol," kata Wulandari. Sisanya, dari jangkauan penglihatan KompasTravel, ada serbuk jahe hangat, madu sachet, biskuit, dan saus tomat.

Namun tetap saja, karena untuk presiden, penyajian makanan harus melalui proses khusus.

"Dilakukan uji lab oleh ACS, nanti hasilnya dilihat oleh Paspampres dan dicicipi juga oleh Paspampres, baru disajikan," kata Wulandari.

Selain itu, masakan hangat untuk presiden biasanya juga dibuat khusus oleh executive sous chef.

s; tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Seharusnya Tak Dilakukan Jokowi, Ini Kebiasaan Tak Lazim Presiden saat Didalam Pesawat Kepresidenan
Seharusnya Tak Dilakukan Jokowi, Ini Kebiasaan Tak Lazim Presiden saat Didalam Pesawat Kepresidenan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilAcWqCG6YS0aSJC1hFyayvpt47U4hgZ6z-mSTKDOV22Di3B6iTPIqD0nyD5v1r-lnZdrv-R36eNP51I61Ah9T3EzDkkmvxi-9FWn4r_8qn56PGD9ozs9VQg83s-stjHDj4CXoKuVfY1_BsFCDlYsouzWEdQCwCGcfnL59Yma3YdGAU3h5fypyFdsBQg=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilAcWqCG6YS0aSJC1hFyayvpt47U4hgZ6z-mSTKDOV22Di3B6iTPIqD0nyD5v1r-lnZdrv-R36eNP51I61Ah9T3EzDkkmvxi-9FWn4r_8qn56PGD9ozs9VQg83s-stjHDj4CXoKuVfY1_BsFCDlYsouzWEdQCwCGcfnL59Yma3YdGAU3h5fypyFdsBQg=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/seharusnya-tak-dilakukan-jokowi-ini.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/seharusnya-tak-dilakukan-jokowi-ini.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy