$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

CEK FAKTA: Viral Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Diusir di Kampung Muslim, Benarkah?

INDONESIAKININEWS.COM -  Beredar video Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang disebut telah diusir warga di Kampung Muslim. Video te...


INDONESIAKININEWS.COM - Beredar video Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang disebut telah diusir warga di Kampung Muslim. Video tersebut langsung menjadi viral.

Hal ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Kang Wildan pada 24 Februari 2022. Akun ini membagikan video tersebut dengan judul "Si Menag Diusir di Kampung Muslim".

Dalam video, terlihat sosok pria berpeci sedang dikerubungi oleh warga. Sosok itu disebut sebagai Menag Yaqut Cholil Qoumas yang tengah diusir warga.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Ci yakul di usirrr.”

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi Menag Yaqut Cholil Qoumas diusir warga di Kampung Muslim adalah salah.

Faktanya, sosok dalam video itu bukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Pria dalam video itu merupakan Ketua GP Ansor Riau, Purwaji.


Video itu sendiri telah direkam di depan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMRR), Rabu 19 September 2018. Saat itu, Yaqut belum ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama.

Video asli diunggah oleh kanal Youtube Amil Islam Channel pada 19 September 2018. Judul video itu adalah “JANGAN AJARI ORANG MELAYU | ACARA GP ANSOR DAN BANSER DI BATALKAN”.

Sebelumnya, narasi serupa juga pernah diperiksa faktanya. Narasi itu diunggah dalam artikel berjudul "[SALAH] Video “Mentri agama Yaqut di usir ketika hadir di tanah melayu" yang terbit di Turnbackhoax.id pada 6 Januari 2021.

Dilansir dari artikel tersebut, Ketua GP Ansor Riau, Purwaji saat itu bertemu dengan Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

“Ada pun pokok pembahasan antara Purwaji dan LAMR yakni terkait rencana kedatangan Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas dalam acara Kirab Satu Negeri, Zikir Kebangsaan di Kabpaten Siak,” tulis GoRiau dalam laporannya, Rabu 19 September 2018.

Namun setelah pertemuan itu berlangsung, sejumlah orang di lokasi mendekati Purwaji. Mereka menolak acara GP Ansor di Riau dan mengusir Purwaji.

Puluhan warga juga berbondong-bondong mengiringi Purwaji hingga keluar dari halaman Balai Adat LAMR. Hal ini terjadi setelah melihat Purwaji keluar dari ruang Ketua DPH LAMR.

Walau begitu, hal tersebut diklarifikasi Purwaji melalui akun Facebooknya pada 20 September 2018. Purwaji membantah bahwa ada isu yang menyebutkan bahwa kehadirannya ditolak oleh Lembaga Ada Melayu (LAM) Riau.

Ia menjelaskan, tidak benar lembaga adat terhormat itu mengusirnya setelah bertemu LAM Riau dan LAM Siak. Menurutnya, judul-judul tersebut sudah provokatif. Ia mengatakan dirinya justru disambut hangat.

"Saya disambut hangat selayaknya keluarga oleh Kerabat Kesultanan Siak, Datuk datuk LAM Riau dan malamnya diterima LAM Siak," kata Purwaji.

Sementara itu, pelaksanaan Zikir Kebangsaan di kota Siak Sri Indrapura berjalan aman di bawah pengamanan aparat kepolisian. Zikir ini dilaksanakan Sabtu (22/9/2018) malam hari di Masjid Islamic Center di Kota Siak.

Setidaknya, ribuan massa dilaporkan menghadiri acara yang digelar GP Ansor dan Banser di Riau.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas diusir warga di Kampung Muslim adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

S: suara.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: CEK FAKTA: Viral Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Diusir di Kampung Muslim, Benarkah?
CEK FAKTA: Viral Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Diusir di Kampung Muslim, Benarkah?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgPexMQQpp1WRWzSsC8AiD3Le_YZQsD2fGVXX55eAOCa4P8HnCQg2T3WiapmUqrprRL26L52gjSFcaiUZ3KNaf6no0wiFBn0LWaRQWBYzyMn9d_rslgl5WJAHLdOvGontAu2KeeiP0iXp0YX-qpNDoPmAdfCZ4kqdSiDXENCKCQp4HYZk6oaHp61AbW=w640-h358
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgPexMQQpp1WRWzSsC8AiD3Le_YZQsD2fGVXX55eAOCa4P8HnCQg2T3WiapmUqrprRL26L52gjSFcaiUZ3KNaf6no0wiFBn0LWaRQWBYzyMn9d_rslgl5WJAHLdOvGontAu2KeeiP0iXp0YX-qpNDoPmAdfCZ4kqdSiDXENCKCQp4HYZk6oaHp61AbW=s72-w640-c-h358
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/cek-fakta-viral-video-menag-yaqut.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/cek-fakta-viral-video-menag-yaqut.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy