$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ingat Untung Sangaji? Perwira Polisi Nekat Baku Tembak dengan Teroris di Jakarta, Kini Lebih 'Ganas'

INDONESIAKININEWS.COM -  Ingat Untung Sangaji? perwira polisi yang pertaruhkan nyawa demi tumbangkan teroris di kawasan Sarina-Thamrin, Jaka...



INDONESIAKININEWS.COM - Ingat Untung Sangaji? perwira polisi yang pertaruhkan nyawa demi tumbangkan teroris di kawasan Sarina-Thamrin, Jakarta pusat.
Aksi AKBP Untung Sangaji yang baku tembak dengan teroris pada 14 Januari 2016 menggemparkan seluruh dunia.

Saat sedang baku tembak, Untung Sangaji juga tak pernah mundur hingga teroris dilumpuhkan.

Setelah aksinya tahun 2016 bikin gempar, Untung Sangaji sudah jarang tersorot.

Lantas bagaimana kabarnya sekarang?

AKBP Untung Sangaji kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian ( Kapolres ) Merauke.

Kini Untung Sangaji mengultimatum para penjahat di wilayah hukumnya untuk segera bertobat.

Jika tidak, para penjahat yang sering melakukan aksi kekerasan dipastikan akan ditindak tegas.

"Khususnya mereka yang sering melakukan aksi kekerasan. Sudah kita toleransi tetapi masih melakukan. Saya beserta jajaran dan tim terpaksa akan melakukan tindakan tegas dengan cara kita," ujanya kepada wartawan termasuk Tribun-Papua.com, diruang kerjanya, Selasa (8/3/2022).

Polisi pembungkam teroris di Sarinah - Thamrin itu menyatakan tindakan tegas diambil demi keselamatan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, warga tidak terancam lagi atas tindakan kriminal yang terjadi di Merauke.

"Saya Untung Sangaji dari ruangan saya. Saya sambut kejahatan dengan cara saya," tegasnya.

Perwira menengah polisi yang pernah bakutembak dengan teroris di kawasan Sarinah, Jakarta, itu menyebut berbagai langkah pendekatan sudah dilakukan sejak diirinya bertugas di ujung timur Indonesia.

Seperti berbagi sembako, peduli masyarakat dan berbagi kasih untuk menyejahterakan rakyat dan menekan angka kriminal di Merauke.

 "Apa saja yang bisa kita lakukan sudah dilakukan demi menekan kejahatan. Tapi bila mereka masih lagi, terpaksa kita kembali pada protap," ungkapnya.

AKBP Untung Sangaji menuturkan, keselamatan rakyat adalah di atas segala-galanya.

"Jangan tersinggung beta melakukan sikap tegas kita pada mereka. Jangan coba-coba melakukan aksi kejahatan di manapun dan kapanpun, kita siap," tandasnya.

Cerita AKBP Untung Sangaji taklukkan teroris di Sarina - Thamrin

Nama Untung Sangaji mulai mencuat ketika terjadinya teror dan ledakan di bom dan aksi baju tembak yang terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin Jakarta Pusat yang begitu menggemparkan seluruh dunia, pada 14 Januari 2016.

Saat itu AKBP Untung Sangaji berhasil melumpuhkan pelaku teror Bom Sarinah dengan aksinya yang cukup heroik.

Setelah aksi heroiknya Untung Sangaji, memamerkan pistol yang ia gunakan saat baku tembak dengan pelaku teror di Sarinah.

Ada gambar gambar yang cukup menarik di pistolnya.

Pistol tersebut terdapat gambar tengkorak, walaupun hanya gambar asal tempel saja.

Menurutnya makna logo tengkorak tersebut berarti berbuat baiklah sebelum mati, dan disebelahnya ada simbol malaikat pencabut nyawa yang artinya jangan ragu-ragu menghantam yang jahat.

Di akhir tahun 2016 ini, Tribunnews.com sempat mewawancarai Untung  soal Bom Thamrin yang melambungkan nama mereka.

Saat itu Untung baru saja mendapatkan pin emas dari Kapolri. 

Diakui Untung, setelah heboh Bom Sarinah itu dia banyak dimarahi oleh keluarga serta rekan kerjanya.

Untung dinilai terlalu berani berhadapan langsung dengan teroris tanpa ada pelindung tubuh atau body protector seperti rompi anti peluru melainkan hanya berbekal senjata tua.

"Istri, keluarga saya marah sekali karena saya tidak pakai pelindung. Tapi saya menjelaskan kalau itu sudah tugas saya, melindungi masyarakat, dan saya harap mereka mengerti," kata Untung.

Baginya  bisa mengungkap, menjadi bagian dari penyelamat masyarakat di bom Thamrin adalah sejarah dan pengalaman hidup yang tidak bisa dilupakan.

Lawan GAM

Selain peristiwa Bom Thamrin, ketegasan dan keberanian Untung berhadapan dengan kelompok separatis yang hendak mengibarkan bendera GAM di Aceh juga tidak bisa dilupakan.

Selama dirinya menjadi Kapolres Aceh Utara, ia bisa menggagalkan 13 pengibaran bendera GAM yang ukurannya sangat besar.

Termasuk soal sengketa tanah di sekitar Waduk Krueng Keureuto atau Waduk Jokowi di Tanah Luas, juga berkesan bagi Untung.

"Waduk itu kan oleh Pak Presiden Jokowi akan dijadikan proyek tenaga listrik. Ini malah ada pihak yang menentang dan menghalangi, saya harus membela keadilan warga," ucapnya.

Hal lainnya, saat awal menjabat sebagai Kapolres Aceh Besar, Untung mendapat laporan ada 24 anggotanya yang terlibat narkoba.

Untung langsung bersikap menggembleng anggota itu agar bersih dari barang haram. Untung mengumpulkan para anggotanya, diberi pengarahan bahkan sampai menggebrak meja.

"Saya sampai gebrak meja supaya mereka sadar, sekarang dari 24 sisa 4 anggota. Mereka terus saya didik, olahraga lari dan direhab," tegasnya. 

S: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ingat Untung Sangaji? Perwira Polisi Nekat Baku Tembak dengan Teroris di Jakarta, Kini Lebih 'Ganas'
Ingat Untung Sangaji? Perwira Polisi Nekat Baku Tembak dengan Teroris di Jakarta, Kini Lebih 'Ganas'
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgcW5b0BlDboDJRAxp7Hw1uUSa8cccSYJsYnXwH8A-ldMBLB37gzlzmgQKzaVMPh6aaicIIfz5cvoap_Q5TxJBRY-QS2EEfz7e7fKGeb5uUzt_StDv3rVy7o7rOaXJ7MrCE8AT4m5nZd-6q5ngCaLg3pMCtW9tVjY1rkv1YhdLo7w3vDX_qRYFbDF_t=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgcW5b0BlDboDJRAxp7Hw1uUSa8cccSYJsYnXwH8A-ldMBLB37gzlzmgQKzaVMPh6aaicIIfz5cvoap_Q5TxJBRY-QS2EEfz7e7fKGeb5uUzt_StDv3rVy7o7rOaXJ7MrCE8AT4m5nZd-6q5ngCaLg3pMCtW9tVjY1rkv1YhdLo7w3vDX_qRYFbDF_t=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/ingat-untung-sangaji-perwira-polisi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/ingat-untung-sangaji-perwira-polisi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy