$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

'Saya Hantam Siapa Saja' Soeharto Berapi-api Tersinggung soal Supersemar Kudeta Soekarno

INDONESIAKININEWS.COM - Soeharto Tersinggung dan Murka soal Supersemar Kudeta Soekarno. - "Sebab saya akan hantam siapa saja...." ...


INDONESIAKININEWS.COM -
Soeharto Tersinggung dan Murka soal Supersemar Kudeta Soekarno.

- "Sebab saya akan hantam siapa saja...." tegas Soeharto berapi-api.

Momen kemarahan Soeharto perihal Surat Perintah Sebelas Maret atau disingkat Supersemar.

Soeharto sempat murka dan kembali menyinggung soal peluang dia melakukan tindakan represif menggunakan Supersemar pada Januari 1972.

Kala itu kondisi di dalam negeri tengah memanas karena gelombang penolakan dan aksi demonstrasi menentang pembangunan proyek Taman Mini Indonesia Indah.

Kalangan aktivis mahasiswa dan akademisi mengkritik keputusan pemerintah yang melaksanakan proyek Taman Mini Indonesia Indah.


(Sejarah Supersemar 11 Maret 1966, Soeharto gantikan Soekarno./istimewa)

Sebab situasi kemiskinan Indonesia ketika itu cukup tinggi, di tengah hasrat Soeharto yang selalu menggaungkan pembangunan fisik.

Selain itu, para aktivis dan akademisi menilai TNI tidak patut masuk ke ranah politik dengan alasan dwifungsi, dan semestinya menjadi prajurit yang profesional.

Soeharto merasa gelombang aksi demonstrasi menentang proyek yang diusulkan oleh sang istri Siti Hartinah atau Ibu Tien mulai mengusiknya.

Bahkan tidak sedikit aktivis mahasiswa yang ditangkap ketika berdemo.

Saat berpidato dalam pembukaan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta Selatan, Soeharto mengungkapkan amarahnya.

"Kalau ada ahli hukum yang mengatakan tidak ada landasan hukum untuk bertindak, buat saya demi kepentingan negara dan bangsa saya akan pergunakan Supersemar.

Dan saya akan pertanggungjawabkan hal itu kepada rakyat dan Tuhan," kata Soeharto secara berapi-api.

Ketika itu Soeharto menuding ada pihak-pihak yang mempolitisasi proyek itu untuk memojokkan dia dan pemerintahan.

Selain itu, Soeharto merasa momen itu digunakan untuk mencoba mendesak Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (kini Tentara Nasional Indonesia)

untuk melepaskan peran dwifungsi dan menjadi prajurit profesional.

"Jangan coba-coba melakukan hal-hal yang tidak konstitusionil, sebab saya akan hantam siapa saja....dan pasti mendapat dukungan ABRI.

Begitu pula kalau ada yang mencoba-coba memakai kedok 'demokrasi' yang berlebihan, sehingga mengganggu kestabilan,

tidak akan saya biarkan," ujar Soeharto yang saat itu berpidato tanpa teks.


(Soeharto Tersinggung dan Murka soal Supersemar Kudeta Soekarno. (Youtube kanal HM Soeharto/Screenshot)

Soeharto ketika itu mengklaim proyek Taman Mini Indonesia Indah tidak mengganggu program pembangunan yang sudah dicanangkan.

"Saya sebagai penanggung jawab pembangunan menjamin tidak akan mengganggu pembangunan.

Saya menjamin bahwa pendapatan uang negara tidak akan disedot dan proyek itu tidak akan mengganggu penerimaan negara," ujar Soeharto.

Sumber:Tribun Manado


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 'Saya Hantam Siapa Saja' Soeharto Berapi-api Tersinggung soal Supersemar Kudeta Soekarno
'Saya Hantam Siapa Saja' Soeharto Berapi-api Tersinggung soal Supersemar Kudeta Soekarno
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiHBbEY9MZJyDcfALm5qyHDvWD_y3yhQioUwvHk4R70NoBWjspH-MgiMS1DquvMQgXM7NuAQCpN11Qzng-TdmDUM7Mlof-WOrEe1VYVRIsPRoESn5P8-LMMNL5lGdBNazsBa52qQMp17T8e1FIEj0xNsBfqH-HguONNvHvyzl_n0ygyo6-GY9lTsDhKMg=w640-h358
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiHBbEY9MZJyDcfALm5qyHDvWD_y3yhQioUwvHk4R70NoBWjspH-MgiMS1DquvMQgXM7NuAQCpN11Qzng-TdmDUM7Mlof-WOrEe1VYVRIsPRoESn5P8-LMMNL5lGdBNazsBa52qQMp17T8e1FIEj0xNsBfqH-HguONNvHvyzl_n0ygyo6-GY9lTsDhKMg=s72-w640-c-h358
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/saya-hantam-siapa-saja-soeharto-berapi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/saya-hantam-siapa-saja-soeharto-berapi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy