$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sebelum KKB Papua Gempur Pos Marinir TNI, Rupanya Warga Sudah Dengar Informasi Rencana Penyer*ngan!

INDONESIAKININEWS.COM -  Kelompok separatis di Papua kembali berulah dengan melakukan aksi penyerangan brutal. Kali ini, kelompok yang dipim...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Kelompok separatis di Papua kembali berulah dengan melakukan aksi penyerangan brutal.

Kali ini, kelompok yang dipimpin Egianus Kogoya melakukan penyerangan ke Pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 di Distrik Kenyam, Nduga, Papua.

Serangan yang dilakukan pada Sabtu (26/3/2022) sore itu mengakibatkan 10 prajurit TNI menjadi korban, seorang personel Marinir gugur, dua kritis, dan tujuh terluka.

Dikutip dari Antara, sebelum penyerangan itu terjadi, masyarakat di sekitar Kenyam sudah mendengar informasi bahwa KKB akan melakukan penyerangan.

Namun, tidak diketahui pasti kapan dan kemana penyerangan itu akan dilakukan.

Kapolres Nduga Kompol Budhiarta mengatakan, sebelum penyerangan, siang hari situasi kamtibmas di sekitar Kenyam kondusif.

"Namun, tiba-tiba sekitar pukul 17.45 WIT, terdengar bunyi tembakan dan ada laporan Pos Marinir di Kwareh Bawah diserang," kata Budhiarta, dikutip dari Antara.

Ia menyebut, penyerangan yang dilakukan KKB dari dua arah dan mereka semuanya membawa senjata api.

Komandan pos gugur

Dalam penyerangan itu, Komandan Pos Letda Mar Iqbal gugur.

Bukan itu saja, dua prajurit kritis yakni Serda Mar Bayu Pratama dan Serda Mar Rendi dan tujuh prajurit lainnya terluka.

"Satu anggota Marinir gugur dan dua lainnya kritis akibat granat yang dilontarkan KKB," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Mappi, Sabtu.

Kata Mathius, saat ini seluruh petugas keamanan di Kenyam dalam kondisi siaga.

Sebab, lanjutnya, diduga beberapa anggota KKB masih berada di sekitar bandara.

Namun, sebagian sudah ada yang kabur.

"Sebagian besar KKB sudah lari tapi masih ada beberapa yang masih ada di sekitar ujung bandara," ungkapnya.

Diduga kelompok pimpinan Egianus Kogoya

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menduga, kelompok yang melakukan penyerangan tersebut dipimpin Egianus Kogoya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyerangan tersebut.

"Belum dipastikan apa yang menyebabkan mereka diserang KKB yang diduga dipimpin Egianus Kogoya dan itu akan diselidiki," ujar Izak, Sabtu, dikutip dari Antara.

Kata Izak, Satgas Mupe di Kenyam beranggotakan sekitar 250 prajurit dari Yonif Marinir-3. Namun, yang bertugas di pos tersebut sekitar 30 orang.

Saat ini, sambungnya, seluruh personel termasuk para korban sudah dievakuasi ke Pos Kotis yang berjarak sekitar 2,5 kilometer dari lokasi penyerangan.

Rencananya, korban akan dievakuasi ke Timika untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, hari ini, Minggu (27/3/22). (*)

S:Tribun Palu


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sebelum KKB Papua Gempur Pos Marinir TNI, Rupanya Warga Sudah Dengar Informasi Rencana Penyer*ngan!
Sebelum KKB Papua Gempur Pos Marinir TNI, Rupanya Warga Sudah Dengar Informasi Rencana Penyer*ngan!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLP6EZ612isfonOeZPINeoYTGPYin-ADsABMzwdOBPcBOJDXVOiRH7tmMxz-axZgmwRNDATyn9Xc2rSIElfIt-eDo3Voh9ksri4M9II_HlycZ-M8LkiVUU-xEUIpbpJFYQ-8qMkdCROfH6WXDXBU5oAV7Os_S3FGGVBm-z-vNmzDUDS2oNNo3tPEC5OA/w640-h360/Screenshot_2022-03-27-15-37-10-67.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLP6EZ612isfonOeZPINeoYTGPYin-ADsABMzwdOBPcBOJDXVOiRH7tmMxz-axZgmwRNDATyn9Xc2rSIElfIt-eDo3Voh9ksri4M9II_HlycZ-M8LkiVUU-xEUIpbpJFYQ-8qMkdCROfH6WXDXBU5oAV7Os_S3FGGVBm-z-vNmzDUDS2oNNo3tPEC5OA/s72-w640-c-h360/Screenshot_2022-03-27-15-37-10-67.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/sebelum-kkb-papua-gempur-pos-marinir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/sebelum-kkb-papua-gempur-pos-marinir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy