$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sosok Prof Zainun Kamal, Penghulu Pernikahan Beda Agama Ayu Kartika Dewi dan Geral Bastian

INDONESIAKININEWS.COM -  Pernikahan Staf Khusus Jokowi Ayu Kartika Dewi dengan Gerald Bastian menjadi sorotan publik. Pasalnya, keduanya men...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Pernikahan Staf Khusus Jokowi Ayu Kartika Dewi dengan Gerald Bastian menjadi sorotan publik. Pasalnya, keduanya menikah secara Islam dan secara Katolik di Gereja Katedral, Jakarta.

Pernikahan secara Islam dipimpin penghulu dari UIN Syarif Hidayatullah, Prof Dr Zainun Kamal. Sementara pemberkatan di Gereja Katedral dipimpin oleh Kardinal Romo Ignatius Suharyo.

Pernikahan beda agama yang dilakukan Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian menjadi perdebatan, khususnya di kalangan Umat Islam.

Pasalnya, dalam Islam pernikahan beda agama jelas dilarang dan hukumnya haram. Salah satu syarat menikah secara Islam adalah, keduanya harus beragama Islam. Jika tidak, pernikahan itu dianggap tidak sah.

Lalu siapa sebenarnya Prof Zainun Kamal?

Berdasarkan penelusuran, Prof Zainun Kamal merupaka Guru Besar UIIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Oleh sebagian orang, Zainun Kamal dikenal sebagai akademisi berhaluan liberal.

Ia merupakan dosen di Fakultas Ushuluddin, Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam, program studi Magister Aqidah dan Filsafat Islam.

Masa kecilya dihabiskan di Sumatera Barat. Ia tercatat pernah mengenyam pendidikan dasar di SR, kemudian lanjut di MTs Thawalib Tanjung Limau, kemudian lanjut di MAAIN Padang Panjang.

Zainun Kamal kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Mesir, tepatnya di Universitas Al Azhar, Kairo dan terakhir meraih gelar S3 di IAIN Jakarta.

Nama Zainun Kamal  menjadi populer khususnya di kalangan pasangan beda agama yang ingin menikah.

Tercatat, Zainun Kamal menikahkan beberapa pesohor beda agama yang ingin menikah.

Zainun Kamal tercatat pernah menikahkan mentalis Deddy Corbuzier yang waktu itu bergama Katolik, dengan Kalina Octaranny yang beragama Islam.

Akad nikah dilaksanakan Kamis 24 Februari 2005 yang dibimbing  Zainun Kamal, dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Mereka menikah secara Islam. Deddy memberikan seperangkat alat salat kepada Kalina sebagai mas kawin.

Sebelumnya, Zainun Kamal juga membimbing pernikahan Muslimah dengan lelaki Nasrani, Minggu 28 November 2004.

Zainun Kamal membimbing pernikahan wanita Muslimah, Suri Anggreni alias Fithri, dengan lelaki Kristen, Alfin Siagian, di Hotel Kristal Pondok Indah Jakarta Selatan.

Lalu pengantin beda agama ini diberkati pendeta Nasrani di dalam upacara akad nikah secara Islam itu.

Bagaimana Hukum Menikah Beda Agama bagi Umat Katolik?

Dalam buku yang ditulis almarhum Prof Daud Ali, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ia mengutip sebuah ayat dalam kitab suci umat Katolik, yakni di Kanon 1086. Di situ disebutkan bahwa  Perkawinan antara seorang Katolik dengan penganut agama lain tidak sah.

Namun demikian, bagi mereka yang sudah tidak mungkin dipisahkan lagi karena cintanya sudah terlanjur mendalam, pejabat gereja yang berwenang, yakni uskup, dapat memberi dispensasi (pengacualian dari aturan umum untuk suatu keadaan yang khusus) dengan jalan mengawinkan pemeluk agama Katolik dengan pemeluk agama lain itu, asal saja kedua-duanya memenuhi syarat yang ditentukan dalam kanon 1125 yakni:

(1)   yang beragama Katolik berjanji (a) akan tetap setia pada iman Katolik, dan (b) bersedia mempermandikan dan mendidik semua anak-anak mereka secara Katolik.

(2)    Sedangkan yang tidak beragama Katolik berjanji antara lain (a) menerima perkawinan secara Katolik (b) tidak akan menceraikan pihak yang beragama Katolik, (c) tidak akan menghalangi pihak yang Katolik melaksanakannya imannya dan (d) bersedia mendidik anak-anaknya secara Katolik.

Uskup Agung Jakarta Kardinal Romo Ignatius Suharyo yang memimpin acara pemberkatan yang digelar di Gereja Katedral Jakarta, memberikan alasan mau memberkati Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian meski mereka beda agama.

"Benar (saya memimpin acara pemberkatan)," kata Romo Ignatius Suharyo saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/3/2022).

Romo Suharyo, yang juga menjabat Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), mengatakan, pernikahan itu merupakan hak asasi manusia.

"Menikah itu hak asasi manusia. Agama juga hak asasi, jadi gereja, dalam hal ini ordinaris wilayah, memberi dispensasi untuk nikah beda agama," katanya.(*)



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sosok Prof Zainun Kamal, Penghulu Pernikahan Beda Agama Ayu Kartika Dewi dan Geral Bastian
Sosok Prof Zainun Kamal, Penghulu Pernikahan Beda Agama Ayu Kartika Dewi dan Geral Bastian
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhBvvwFb12CowS6H_cnRxlnEM9KSU-E11sKG7lw8SQdCnArMWkNizuaOqjHuh08BYnCFdDmsKSticaRNHc778vAlZQHGGMSntyv_uug_zuK3MBcHSAabCvptcsXPgaSVQIIuI8qDnTvVBynWftA0oER5BUtAF8mI3kedg3vmpu1f_5Way9nmcZumG_o=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhBvvwFb12CowS6H_cnRxlnEM9KSU-E11sKG7lw8SQdCnArMWkNizuaOqjHuh08BYnCFdDmsKSticaRNHc778vAlZQHGGMSntyv_uug_zuK3MBcHSAabCvptcsXPgaSVQIIuI8qDnTvVBynWftA0oER5BUtAF8mI3kedg3vmpu1f_5Way9nmcZumG_o=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/sosok-prof-zainun-kamal-penghulu.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/sosok-prof-zainun-kamal-penghulu.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy