$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dituding Rasis, Rektor ITK Ternyata Pernah Sentil Anak Soekarno yang Pindah Agama, Foto Sang Akademisi Panen Hujatan

INDONESIAKININEWS.COM - Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Budi Santosa Purwokartiko sedang menjadi sorotan netizen di media sosial....



INDONESIAKININEWS.COM -Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Budi Santosa Purwokartiko sedang menjadi sorotan netizen di media sosial. 

Pemicunya, Budi Santosa menulis status yang memuat ujaran yang bersifat SARA dan pelecehan secara verbal. Ujungnya, sang profesor dituding rasis. 

Rupanya, bukan cuma sekali ini. Rektor ITK ternyata pernah sentil anak Soekarno yang pindah agama. Foto sang akademisi panen hujatan. 

Budi Santosa Purwokartiko termasuk salah satu akademisi yang senang membagikan pemikiran melalui status akun media sosialnya. Budi rajin membuat status melalui akun Facebook miliknya. 

Sayangnya, unggahan terakhir yang dia buat justru menjadi pergunjingan di dunia maya. Budi menuliskan pendapat pribadinya, namun banyak netizen menilai sang profesor memuat ujaran yang bersifat SARA dan pelecehan secara verbal. 

Akibatnya, netizen yang menyebarkan ulang status dan pendapat Budi Santosa terpancing emosi. Banyak netizen yang menggeruduk akun Facebook Budi Santosa. Terkini, Budi sudah menutup akun media sosial miliknya. 

Sekalipun akun Facebook miliknya sudah ditutup, pendapat Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D sudah terlanjur menyebar luas. Berikut isi tulisan rektor ITK:

"Saya berkesempatan mewawancara beberapa mahasiswa yang ikut mobilitas mahasiswa ke luar negeri. Program Dikti yang dibiayai LPDP ini banyak mendapat perhatian dari para mahasiswa. Mereka adalah anak-anak pinter yang punya kemampuan luar biasa."

"Jika diplot dalam distribusi normal, mereka mungkin termasuk 2,5% sisi kanan populasi mahasiswa. Tidak satu pun saya mendapatkan mereka ini hobi demo. Yang ada adalah mahasiswa dengan IP yang luar biasa tinggi di atas 3.5 bahkan beberapa 3.8 dan 3.9. Bahasa Inggris mereka cas cis cus dengan nilai IELTS 8 , 8.5 bahkan 9."

"Duolingo bisa mencapai 140, 145 bahkan ada yang 150 (padahal syarat minimum 100). Luar biasa. Mereka juga aktif di organisasi kemahasiswaan (profesional), sosial kemasyarakatan dan asisten lab atau asisten dosen."

Mereka bicara tentang hal-hal yang membumi: apa cita-citanya, minatnya, usaha2 untuk mendukung cita2nya, apa kontribusi untuk masyarakat dan bangsanya, nasionalisme dsb. Tidak bicara soal langit atau kehidupan sesudah mati.

Pilihan kata2nya juga jauh dari kata2 langit:insaallah, barakallah, syiar, qadarullah, dsb. Generasi ini merupakan bonus demografi yang akan mengisi posisi2 di BUMN, lembaga pemerintah, dunia pendidikan, sektor swasta beberapa tahun mendatang. Dan kebetulan dari 16 yang saya harus wawancara, hanya ada 2 cowok dan sisanya cewek.

Dari 14,, ada 2 tidak hadir. Jadi 12 mahasiswi yang saya wawancarai, tidak satu pun menutup kepala ala manusia gurun. Otaknya benar2 openmind.

Mereka mencari Tuhan ke negara2 maju seperti Korea, Eropa barat dan US, bukan ke negara yang orang2nya pandai bercerita tanpa karya teknologi."

Sebelum dituding rasis gegara tulisan di media sosial, Budi Santosa pernah menyentil anak Soekarno, Sukmawati Sokearnoputri yang pindah agama. Berikut isi tulisan sang profesor: 

Mbak Sukmawati katanya pindah ke Hindu dari Islam. Harusnya ini berita biasa. (Lebih menarik membahas Jojo dikalahkan Kento Momota). Nggak usah berlebihan menanggapi dan nggak perlu merasa kehilangan.

Ada juga yang pindah jadi muslim. Itu soal pribadi. Nggak perlu ngurusi iman orang. Orang melakukan pencarian itu bisa macam2 jalannya. Kesasar atau tidak, kita juga nggak tahu. Lha wong kita juga nggak tahu mana ujung pencarian. Kalau sampai Anda bilang kesasar atau keluar dari iman, itu tandanya Anda sok tahu.

Kalau kita percaya Tuhan, maka rangkaian pencarian seseorang itu dalam kuasa Tuhan. Kita nggak tahu darimana berasal dan mau kemana. Kita yang percaya Tuhan ya percaya kita berasal dari Tuhan kembali ke Tuhan, tapi darimana, bagaimana, kemana jelas kita tidak paham.

Yang nggak pindah agama juga nggak perlu merasa dirinya paling benar. Lalu ngolok-olok. Kita sama2 nggak tahu. Hanya karena diajari dengan iman A dan yakin, bukan berarti hanya A yang benar. Mbak Sukma Muslim atau Hindu, nggak ngaruh ke kita. Kita tetap butuh cari makan, harus isi pulsa, harus ngurangi karbo kalau mau kurus, harga gofood juga nggak naik. Kalau jatah Anda masuk surga ya tetap nggak akan pindah. Jadi stel kendo wae.

S: grid.id


Name

Berita,22584,H,151,HUMOR,7,Internasional,387,Kesehatan,29,Nasional,22217,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dituding Rasis, Rektor ITK Ternyata Pernah Sentil Anak Soekarno yang Pindah Agama, Foto Sang Akademisi Panen Hujatan
Dituding Rasis, Rektor ITK Ternyata Pernah Sentil Anak Soekarno yang Pindah Agama, Foto Sang Akademisi Panen Hujatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_ZLNMjCaUVI9sqR_-WbEkZ2bj8jUEV0uE-TuqwvBLQyV45ag6ihdh2X1pInKNiqlfHIEvGM0DckIDlT--sKdK_K3rc4gk8PcKdHo_N6Fu_gNh3TbxFn0Vg1Uiy_wNAu__nGiuaUZxmARpapHVovZ1I_IVcHP2uHpag9LcT_coKrxBxet5B9z96LAq/w640-h522/image0jpeg-20220430070548.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_ZLNMjCaUVI9sqR_-WbEkZ2bj8jUEV0uE-TuqwvBLQyV45ag6ihdh2X1pInKNiqlfHIEvGM0DckIDlT--sKdK_K3rc4gk8PcKdHo_N6Fu_gNh3TbxFn0Vg1Uiy_wNAu__nGiuaUZxmARpapHVovZ1I_IVcHP2uHpag9LcT_coKrxBxet5B9z96LAq/s72-w640-c-h522/image0jpeg-20220430070548.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/dituding-rasis-rektor-itk-ternyata.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/dituding-rasis-rektor-itk-ternyata.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy