$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ibu Kota Baru Indonesia Tak Selemah yang Dikira, Pemb*m China Bisa Dilumat SAMP/T Mamba, Prancis Bocorkannya

INDONESIAKININEWS.COM - Mati-matian menjaga kedaulatan NKRI terutama Natuna dari pendudukan China, Indonesia rupanya telah diperingatkan soa...


INDONESIAKININEWS.COM -
Mati-matian menjaga kedaulatan NKRI terutama Natuna dari pendudukan China, Indonesia rupanya telah diperingatkan soal ibu kota baru di Kalimantan Timur, yakni Nusantara.

Nusantara, ibu kota baru Indonesia yang tak jauh dari Natuna dan Laut China Selatan dinilai riskan terhadap serangan asing.

Dikutip Zonajakarta.com dari artikel terbitan RANE 1 April 2022, Indonesia sendiri selama ini mati-matian berusaha agar Natuna tak jatuh ke tangan China agar kedaulatan NKRI tetap terjaga terutama Ibu Kota Negara.

"Wilayah maritim di sekitar Kepulauan Natuna juga termasuk lokasi-lokasi kunci pertahanan yang strategis, menjadikannya semakin penting dari sudut pandang Indonesia.

Jika Cina menguasai pulau-pulau ini atau wilayah di sekitarnya, itu akan merusak posisi keamanan Indonesia dengan memberi pasukan Cina tempat yang dekat untuk melancarkan serangan terhadap Indonesia.

Kedekatan pulau-pulau dengan Indonesia menghadirkan risiko keamanan yang signifikan untuk pertahanan negara Indonesia dan memungkinkan militer untuk memantau jalur perdagangan melalui wilayah tersebut," tulis perusahaan intelijen risiko RANE.

Dikutip Zonajakarta.com dari Defence Security Asia, pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur di Nusantara yang berbatasan dengan Malaysia akan menciptakan beberapa perspektif dan ancaman geo-strategis baru.

Direktur Pertahanan dan Keamanan Bapenas Indonesia, Bogat Widyatmoko, pemerintah Indonesia sedang "bersiap" menghadapi tantangan dan ancaman baru menyusul pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur, Nusantara.

Di antara tantangan dan ancaman geostrategis baru adalah posisi ibu kota baru Indonesia yang terletak sangat dekat dengan perbatasan Malaysia, sesuatu yang belum pernah dihadapi Jakarta selama ini yang terletak ribuan kilometer dari perbatasan Malaysia.


Yang juga disinggungnya adalah posisi Kaltim dengan Flight Information Region (FIR) beberapa negara.

“Sementara dari sisi udara, lokasi IKN dekat dengan Flight Information Region (FIR) milik negara tetangga, seperti Singapura, Kinabalu Malaysia, dan Manila, Filipina,” ujarnya.

Namun, ancaman lebih serius yang dihadapi ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur adalah karena berada dalam radius Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) dan rudal hipersonik negara-negara tertentu yang tidak diungkapkannya.
    
"Sayangnya, ibu kota negara bagian yang baru berada dalam radius jelajah ICBM (rudal balistik antarbenua) dan rudal hipersonik negara-negara tertentu," tambah Bogat.

Tak cuma rudal balistik antar benua dan rudal hipersonik negara lain, jauh sebelum rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, Amerika Serikat telah mengingatkan Indonesia soal ancaman pesawat pembom China.

Dikutip Zonajakarta.com dari Forbes, sebuah lembaga pemikir Amerika Serikat telah mengumpulkan peta interaktif tentang bagaimana pangkalan udara, rudal, dan radar Tiongkok di Laut China Selatan yang disengketakan memungkinkan Beijing untuk memproyeksikan kekuatan militer hingga Singapura, Vietnam, dan Indonesia.

Peta tersebut, yang disusun oleh Pusat Kajian Strategis dan Internasional, menggambarkan jangkauan senjata dan radar Tiongkok yang dikerahkan di berbagai pulau kecil dan terumbu karang di Laut China Selatan.

Misalnya, mengklik tab Pesawat Pengebom peta menunjukkan bahwa pembom H-6 China yang berbasis di Pulau Woody - sekitar 400 mil dari Hong Kong - dapat menyerang target jauh di timur Filipina, dan sejauh selatan Singapura, pengiriman penting rute melalui Selat Malaka, dan ibu kota Indonesia Jakarta.

Pesawat pembom China H-6

Pesawat tempur J-11 China dapat menjangkau hingga Singapura, Balikpapan (yang juga merupakan wilayah Kalimantan Timur), dan Laut Jawa, serta ke timur Filipina.

Vietnam Selatan dan Malaysia akan berada dalam jangkauan kekuatan udara China.

Rudal anti-kapal dan anti-pesawat Tiongkok yang dikerahkan di Kepulauan Spratly, yang merupakan sekelompok terumbu kecil di tengah Laut China Selatan juga dapat menutupi sebagian besar wilayah, menurut peta CSIS.

Dari Mischief Reef, sekitar 900 mil tenggara Hong Kong dan sekitar 500 hingga 600 mil dari Manila dan Kota Ho Chi Minh, YJ-62 dan YJ-12B rudal jelajah anti-kapal dapat menyerang sejauh pantai Vietnam, Brunei dan Filipina pulau Palawan.

Rudal permukaan-ke-udara HQ-9 akan menutupi wilayah udara di sekitar pulau dan terumbu karang yang dikuasai China.

Sumber: Forbes Army Recognition mbda-systems.com Defence Security Asia Portail-ie.fr RANE

Namun kini pembom China agaknya bakal mati kutu di Nusantara.

Pasalnya, dikutip Zonajakarta.com dari Pusat sumber daya dan informasi tentang intelijen ekonomi dan strategis Prancis, Portail-ie.fr dalam sebuah artikelnya terbitan 10 Februari 2022 lalu menyebut calon ibu kota baru Indonesia akan dilindungi sistem keamanannya.

"Dengan keberhasilan simbolis ini, dan yang kurang signifikan, Prancis telah menemukan outlet nyata untuk persenjataan yang dikeluarkan dari BITD-nya, dengan kerja sama yang telah terstruktur.

Oleh karena itu, Prancis, melalui perusahaannya, dapat berhasil menjual peralatan berteknologi tinggi lainnya ke Jakarta," tulis Portail-ie.fr.

Pusat sumber daya dan informasi tentang intelijen ekonomi dan strategis Prancis menyebut jika Nusantara, ibu kota baru Indonesia akan terlindungi oleh baterai rudal buatannya.

"Adapun ibu kota baru negara itu, yang sedang dibangun, akan, seperti Jakarta, akan dilindungi oleh baterai rudal permukaan-ke-udara dan anti-rudal.

Ini bisa menjadi salah satu kontrak ekspor pertama dari sistem GBAD SAMP/T Mamba Generasi Baru yang baru, yang dilengkapi dengan radar yang lebih kuat dan rudal Aster 30 NG, dengan kemampuan yang ditingkatkan," lanjut Portail-ie.fr.

S: PikiranRakyat


Name

Berita,23313,H,151,HUMOR,7,Internasional,962,Kesehatan,29,Nasional,22371,News,1358,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ibu Kota Baru Indonesia Tak Selemah yang Dikira, Pemb*m China Bisa Dilumat SAMP/T Mamba, Prancis Bocorkannya
Ibu Kota Baru Indonesia Tak Selemah yang Dikira, Pemb*m China Bisa Dilumat SAMP/T Mamba, Prancis Bocorkannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqH15Oh9k6xt2quuEIRhhYOEF5AWSOUbZI5EIlb23-YRumr7E1TK0Hb0LYqTv2FfWavxfbcXEbUlecNalnAZyStMOfk0v9CVk_NVc1JlgOzxBunM6Azt7h3AkzFouikFtZLH03bZ077TpF8yd0QF3q4AiEXU15_lnN4ROWdbDO8b2-HBe7psMRpflndg/w640-h344/Screenshot_2022-04-06-13-04-31-43.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqH15Oh9k6xt2quuEIRhhYOEF5AWSOUbZI5EIlb23-YRumr7E1TK0Hb0LYqTv2FfWavxfbcXEbUlecNalnAZyStMOfk0v9CVk_NVc1JlgOzxBunM6Azt7h3AkzFouikFtZLH03bZ077TpF8yd0QF3q4AiEXU15_lnN4ROWdbDO8b2-HBe7psMRpflndg/s72-w640-c-h344/Screenshot_2022-04-06-13-04-31-43.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/ibu-kota-baru-indonesia-tak-selemah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/ibu-kota-baru-indonesia-tak-selemah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy