$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kenapa Orang Bali Tidak Makan Daging Sapi? Begini Alasan Menurut Ajaran Agama Hindu

INDONESIAKININEWS.COM -  Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang kenapa orang Bali atau or...




INDONESIAKININEWS.COM - 
Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang kenapa orang Bali atau orang yang beragama Hindu tidak boleh makan sapi. Bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui alasan selengkapnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Indonesia memiliki berbagai macam suku, budaya, bahasa, dan juga agama. Salah satu agama yang ada di Indonesia adalah agama Hindu. Di Bali sebagaian besar penduduknya merupakan pemeluk agama Hindu.

Dalam ajaran agama Hindu sapi merupakan hewan yang mulia dan suci. Oleh karena itulah kenapa umat Hindu kebanyakan tidak mengonsumsi daging sapi.

Apabila di dalam umat Islam tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi daging babgi karena alasan haram untuk dimakan. Hal ini berbeda dengan umat Hindu yang tidak memakan daging sapi karena daging sapi merupakan hewan yang mulia dan suci di agama mereka.

Menurut sejarah sapi memang sudah sejak dulu dimuliakan di Agama Hindu sejak peradaban Veda. Sapi sendiri dilambangkansebagai bentuk wujud atau lambang dari ibu pertiwi yang telah memberikan kedamaian dan kesejahteraan bagi bumi.

Kenapa Orang Bali Tidak Makan Daging Sapi?

Umat Hindu di Bali sama seperti di India, sebagian besra dari mereka tidak mengonsumsi daging sapi. Dalam ajaran Agama Hindu sapi merupakan hewan yang suci dan mulia. Sapi juga dijadikan sebagai lambang kehidupan.

Kebanyakan orang Bali mengonsumsi makanan protein seperti ayam, daging babi, ataupun seafood sebagai pengganti daging sapi.

Umat Hindu juga memiliki kepercayaan bahwa sapi merupakan kendaraan dari Dewa Siwa.

Berikut kami rangkum beberapa alasan kenapa orang Hindu tidak mengonsumsi Sapi, simak penjelasan berikut ini.

Alasan Orang Hindu Tidak Mengonsumsi Sapi
Berikut alasan kenapa sapi tidak dikonsumsi umat Agama Hindu, antara lain:

1. Hewan Suci dan Mulia

Dalam peradaban Veda, hewan sapi memang dikaitkan dengan Aditi, ibu dari semua dewa.Karenanya sapi ini menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan umat Hindu.

2. Sapi dan Kehidupan

Berdasarkan kepercayaan dari umat Hindu, sapi memproduksi lima hal yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Pertama sapi memproduksi susu, keju, butter atau ghee, urine dan yang terakhir kotoran sapi. Semua bagian dari sapi mereka gunakan, kecuali mengonsumsi dagingnya.

Dan juga membunuh, menyembelih, menyakiti, dan mengonsumsi daging sapi merupakan hal yang tabu.

3. Lebih Mulia dari Seorang Ibu

Orang hindu menganggap sapi lebih mulia dari seorang ibu. “Ibu yang melahirkan kita memberikan kita susu selama beberapa tahun, kemudian mereka akan berharap kita melayani mereka saat kita sudah dewasa. Sementara sapi betina, tidak mengharapkan apapun dari kita kecuali rumput dan gandum untuk dimakan. Ibu kita sering sakit dan meminta kita untuk merawat mereka, sementara sapi betina jarang sekali sakit,” ungkap Gandhi.

4. Ajaran Ahimsa

Ajaran agama Hindu yang disebut Ahimsa ini merupakan tidak membunuh dan tidak menyakiti. Hal ini dilakukan kepada semua makhluk Tuhan termasuk sapi.

5. Kendaraan Dewa Siwa

Sapi merupakan kendaraan yang ditunggangi oleh Dewa Siwa. Akan tetapi masih ada orang hindu yang menyembelih sapi karena orang Hindu terdiri dari beberapa ras atau sekte yang memiliki budaya masing – masing.

Itulah beberapa alasan kenapa orang Hindu tidak memakan daging sapi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

otonity.com



Name

Berita,22084,H,151,HUMOR,7,Internasional,226,Kesehatan,26,Nasional,21880,News,1313,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kenapa Orang Bali Tidak Makan Daging Sapi? Begini Alasan Menurut Ajaran Agama Hindu
Kenapa Orang Bali Tidak Makan Daging Sapi? Begini Alasan Menurut Ajaran Agama Hindu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7TTs66Ub-vvBdLL8u3oYwOT3EgD9fM-jBnQJcA0xaL3jY7ZgrA49KpSdFRydbqTsOdw5ltXaw7JSPN-ZW-TX5yUrOvcmcjqJNc1vyJjdh3ziEEUVef9gyLexIdagYTXs27bJDdSV_xnvoa_wznDs3Lne7hVHgQxnpXpgXxikn7-__OEncMxePufyx/w640-h360/e114b0f2-3fe6-4e2b-bed9-e2c3f2514206.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7TTs66Ub-vvBdLL8u3oYwOT3EgD9fM-jBnQJcA0xaL3jY7ZgrA49KpSdFRydbqTsOdw5ltXaw7JSPN-ZW-TX5yUrOvcmcjqJNc1vyJjdh3ziEEUVef9gyLexIdagYTXs27bJDdSV_xnvoa_wznDs3Lne7hVHgQxnpXpgXxikn7-__OEncMxePufyx/s72-w640-c-h360/e114b0f2-3fe6-4e2b-bed9-e2c3f2514206.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/kenapa-orang-bali-tidak-makan-daging.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/kenapa-orang-bali-tidak-makan-daging.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy