$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tahanan Ini Betah di Penjara, Sudah Bebas Tak Mau Pulang Sampai D*usir Polisi

INDONESIAKININEWS.COM - Semua orang pasti tak ada yang mau masuk dan hidup di penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan ...


INDONESIAKININEWS.COM -
Semua orang pasti tak ada yang mau masuk dan hidup di penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). 

Membayangan hidup terkurung tak bisa bebas kemana-mana dan sehari-hari dengan para terpidana yang pernah melakukan kejahatan tentu bukannya hal yang mengenakan dan indah.

Karenanya tak jarang para pelaku tindak pidana acap kali berusaha lari dari kejaran polisi atau kabur dari penjara karena ogah masuk bui. Namun lain halnya dengan tahanan yang satu ini.

Saat masa hukumannya telah usai, dia memaksa diri untuk tetap tinggal di tahanan. Berkali-kali disuruh pulang, dia tidak mau karena mengaku betah.

Melansir dari kanal YouTube IAN BAPONTAR, ada peristiwa kocak dan unik di Polsek Labuan, Resort Donggala, Sulawesi Tengah.

Brigadir Ian Aditya bersama Bripka Den Merwanda Bharaduta, sudah memulangkan tahanan atas nama Kur sejak sore. Namun dia malah tiduran santai di dalam sel dan tak mau pulang.

"Malam ini kita akan memulangkan tahanan di Polsek Tahanan Labuan. Sebenarnya dari tadi sore sudah disuruh pulang. Tapi nggak mau pulang. Jadi ini tahanan sudah dilepas, tapi nggak mau," kata Brigadir Ian.

"Namanya itu mas Kur, dia berasal dari Desa Hoani," imbuhnya sembari berjalan menyusuri sel tahanan.

Kedua polisi terpaksa membangunkan mas Kur. Dia mengaku masih betah dan tak ingin cepat-cepat pulang ke rumah.

"Mas Kur. Hei bangun-bangun, aduh, kenapa sudah disuruh pulang belum pulang betul?," tanya Bripka Den.

"Nggak mau pulang saya ini pak. Masih betah saya di sini pak," jawab tahanan itu.

Berbeda dengan para tahanan lain, Kur terkesan unik. Sampai malam tiba pun, dia masih saja belum mau pulang.

"Apa? Kenapa kau bisa betah di sini?," tanya Ian.

"Masih enak," jawab mas Kur lagi.

"Saya heran. Ini salah satu orang yang maunya terus dipenjara. Padahal biasanya semua orang maunya bebas. Yang ini malah disuruh pulang nggak mau sampai sekarang," terang Ian.

Tak ayal kedua polisi ini pun mengancam akan menyeretnya keluar. Mendengar ketegasan Ian dan Den, mas Kur segera beranjak mengemas tikar dan bawaan lainnya.

"Apa kita mau seret dia? Kamu si, sudah disuruh pulang tidak mau," tegas Ian.

"Aduh. Sebentar. Enak di polsek sini pak,"

"Keanehan ini. Astaga, disuruh kok nggak mau [...] Padahal keluarganya sudah nyuruh pulang, tapi dianya nggak mau," jelas Ian.

Akhirnya mas Kur mau pulang dari penjara setelah dirayu cukup lama. Ia meminjam handphone Bripka Den untuk minta dijemput temannya.

"Siapa yang kau telepon mas Kur? Ini mas Den yang bikin para tahanan jadi betah di sini,"

"Teman biar jemput pak," jawabnya.

Tak lupa para polisi itu menasehatinya untuk tak mengulangi kesalahannya. Supaya bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga yang sudah menanti di rumah.

"Saya senang di sini pak. Saya senang sekali," ujar mas Kur.

"Sekarang kau buat yang terbaik buat keluargamu. Buat keluargamu senang, jangan kau bikin malu," ucap Ian.

"Jangan lagi berbuat yang melanggar hukum ya. Ini sudah berbuat melanggar hukum dan sudah dimasukkan dalam sel, eh malah betah di dalam. Aduh parah," pungkas Den.

Hal yang tak beda jauh dengan yang dialami oleh tahanan baru di Polsek Labuan. Hampir satu bulan Ateng dipenjara di sana. Ia juga mengaku betah di penjara, karena merasa aman.

"Bapak ini adalah tahanan baru di Polsek Labuan. Kita duduk pak. Mohon maaf namanya siapa pak?," tanya Ian.

"Ateng, asal Labuan induk," jawab tahanan baru itu.

"Jadi bagaimana pak, perasaan di Polsek Labuan seperti apa?," tanyanya lagi.

"Bagus, aman, nggak ada dipukul, nggak ada kekerasan," ujarnya.

Selain tak ada kekerasan yang membuat nyaman, desain dindingnya pun diberi corak oleh mantan narapidana. Supaya bisa menuangkan kreatifitas, serta tidak bosan di dalam sel.

"Polsek Labuan ini mempunyai ruangan tahanan yang beda dari yang lain. Ini sengaja digambar di dinding ini semua oleh beberapa tahanan sebelumnya yang sudah menjalankan hukuman. Mereka menggambar ini, biar nggak jenuh," ujar Ian.

Seperti diketahui, sejatinya penjara bertujuan untuk membina para tahanan atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk menjadi manusia seutuhnya. Sepertinya hal itu yang menjadi prinsip utama di Polsek Labuan, demi bisa memperbaiki diri para WBP, dan menyadari kesalahannya.

"Jadi selama ini perlakuan kami terhadap tahanan itu memang tidak, mungkin orang bilang kita akan menyiksa, memukul tahanan. Kalau kita di sini untuk melakukan pembinaan bukan untuk kekerasan. Kita selalu membina tahanan dan tetap menghargai mana yang lebih tua. Karena beliau kan sudah lebih tua-dari kita-kita. Jadi tetap berusaha menghargai," ungkap Ian.

S: merdeka


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tahanan Ini Betah di Penjara, Sudah Bebas Tak Mau Pulang Sampai D*usir Polisi
Tahanan Ini Betah di Penjara, Sudah Bebas Tak Mau Pulang Sampai D*usir Polisi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNFFbCz8TIYVRvu99nw0wiJfOim9ekYc4mo1Ps0KifrXlG722XCfm58vsbZaWCYoySD941RDwUSZ9G7mINCG0-H3pftZTidj0DAMyHLFtMvW3Bv3LMqPaqt-v_PVYshefBdZQ4NGsFIdLTdG_T3jK4L7p0AIVFG8jxeozAv5vMd8N2-m8z6GDKCMeEWg/w640-h324/Screenshot_2022-04-05-08-52-02-36.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNFFbCz8TIYVRvu99nw0wiJfOim9ekYc4mo1Ps0KifrXlG722XCfm58vsbZaWCYoySD941RDwUSZ9G7mINCG0-H3pftZTidj0DAMyHLFtMvW3Bv3LMqPaqt-v_PVYshefBdZQ4NGsFIdLTdG_T3jK4L7p0AIVFG8jxeozAv5vMd8N2-m8z6GDKCMeEWg/s72-w640-c-h324/Screenshot_2022-04-05-08-52-02-36.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/tahanan-ini-betah-di-penjara-sudah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/tahanan-ini-betah-di-penjara-sudah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy