$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

ITK Buka Suara Usai Rektor Sebut Hijab Peserta LPDP Manusia Gurun

INDONESIAKININEWS.COM -  Institut Teknologi Kalimantan (ITK) angkat bicara soal isu SARA yang menimpa rektornya, Budi Santosa Purwakartiko. ...



INDONESIAKININEWS.COM - Institut Teknologi Kalimantan (ITK) angkat bicara soal isu SARA yang menimpa rektornya, Budi Santosa Purwakartiko. Mereka menyebut tulisan Budi yang  menyinggung hijab peserta beasiswa LPDP merupakan tulisan pribadi dan tidak ada hubungan dengan ITK.
"Dengan ini, kami informasikan bahwa, tulisan Prof. Budi Santosa Purwakartiko tersebut merupakan tulisan pribadi dan tidak ada hubungannya dengan jabatan beliau sebagai rektor ITK," kata ITK dalam akun twitternya, Sabtu (30/4).

"Oleh karena itu, mohon pemberitaan dan komentar lebih lanjut baik oleh media maupun para netizen tidak mengaitkan dengan institusi ITK, dan awak media atau para netizen dpt langsung berkomunikasi dengan beliau," tambahnya.

Budi Santosa merupakan salah satu pewawancara beasiswa program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Budi dituding atas ujaran bersifat SARA dan pelecehan secara verbal melalui akun Facebook pribadinya.

Budi Santosa mengunggah pernyataan lewat Facebook pada Rabu (27/4). Ujaran kebencian dan SARA diduga tercantum dalam pernyataan itu dikarenakan menyinggung umat muslim yang memakai jilbab.

Ujaran yang dilontarkan Budi tersebut lantas menuai banyak kritikan dari netizen dan membuat riuh di jagat maya.

Atas tindakan tersebut, Budi dilaporkan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Irvan Noviandana dalam surat terbuka yang dirilis pada Sabtu (30/4).

"Budi Santosa sebagai pihak yang mewawancarai peserta Program Dikti sebagaimana yang disampaikan pada tulisannya mengatakan kalimat yang bernuansa SARA bahwa '12 mahasiswi yang diwawancarai tidak ada satupun yang menutup kepala ala manusia gurun sehingga otaknya benar-benar open minded," kata pernyataan tersebut.

"Kami sebagai umat islam sangat tersinggung dengan perkataan yang disampaikan secara terbuka oleh Pewawancara LPDP karena merendahkan syariat agama kami yang mewajibkan para wanita untuk menutup kepala (berhijab) sebagai bentuk kepatuhan dalam agama," tambahnya.

Sebelumnya Budi Santosa yang menjabat sebagai Rektor ITK itu juga dituding pernah mengeluarkan pernyataan serupa. Ia disebut beberapa kali melempar sentimen negatif seputar jilbab dan keyakinan umat islam.

s: cnnindonesia.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: ITK Buka Suara Usai Rektor Sebut Hijab Peserta LPDP Manusia Gurun
ITK Buka Suara Usai Rektor Sebut Hijab Peserta LPDP Manusia Gurun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwrRznVcOHZjMu7Tidb9_XSKw_OlOaRPcVUeORwRo1FVDNhxw5uh8kJXe_AqV4dm5Qq_3BUvzgCDvqe4Y2NAXp6yuSqn30dfMLcLJp01Zz7RXNwkiu26HzeTVFy3IF-vbKC3uFKPAhL4o9bkNVKzXNxstiikGb9gT5MWvGMDCJZL4uXErVolIm11InJw/w640-h360/logo-lpdp_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwrRznVcOHZjMu7Tidb9_XSKw_OlOaRPcVUeORwRo1FVDNhxw5uh8kJXe_AqV4dm5Qq_3BUvzgCDvqe4Y2NAXp6yuSqn30dfMLcLJp01Zz7RXNwkiu26HzeTVFy3IF-vbKC3uFKPAhL4o9bkNVKzXNxstiikGb9gT5MWvGMDCJZL4uXErVolIm11InJw/s72-w640-c-h360/logo-lpdp_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/itk-buka-suara-usai-rektor-sebut-hijab.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/itk-buka-suara-usai-rektor-sebut-hijab.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy