$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dihujat Gegara Lecehkan Pasien Pria, Begini Nasib Mahasiswi Perawat yang Buru-buru Bikin Klarifikasi, Foto Tampangnya Terlanjur Viral

INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang mahasiswi keperawatan mendapatkan hujatan dari netizen gegara dituding telah melecehkan pasien pria. Mahasi...



INDONESIAKININEWS.COM - Seorang mahasiswi keperawatan mendapatkan hujatan dari netizen gegara dituding telah melecehkan pasien pria. Mahasiswi perawat ini membuat konten pengalaman memasang kateter pasien pria di rumah sakit ke media sosial. Begini nasibnya usai buru-buru bikin klarifikasi. Foto tampangnya terlanjur viral.

Sebuah unggahan video seorang perempuan dengan pakaian mirip perawat ramai dibahas netizen. Sebab, dia mengunggah konten yang bercerita tentang pengalamannya memasangkan kateter ke pasien pria. Tanpa menunggu lama, videonya viral di media sosial.

Netizen yang penasaran dengan identitas pemilik konten perawat memasang kateter pasien pria itu langsun mencari tahu lebih jauh. Awalnya, sempat disebut-sebut pembuat konten ini sebagai pegawai RSUD Wonosari, pihak rumah sakit pun segera memberikan klarifikasinya.

Video unggahan perawat itu dicuitkan oleh akun Twitter @AREAJULID. Akun tersebut memosting potongan unggahan akun TikTok @moditabok yang berisi video tersebut. Hingga Rabu (1/6/2022), cuitan itu telah dikomentari 8.605 kali, di-retweet 11 ribu kali dan mendapatkan like 31 ribu.

Dalam video itu, perempuan mengenakan kacamata tersebut mengungkapkan pengalamannya. Bukan karena sulit atau pasien susah dipasangi kateter, namun justru karena hal lain. Di tengah video yang disertai emotikon api membara itu, dia menuliskan beberapa kalimat.

Bagi netizen, video tersebut dinilai sebagai sebuah pelecehan seksual. "Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis keterangan video tersebut dikutip Rabu (1/6/2022). "Tapi tetap harus profesional ygy," sambungnya.

Setelah tahu kontennya viral, pemilik akun TikTok @moditabok langsung menghapus video miliknya. Dia juga buru-buru memberikan klarifikasinya. Namun, foto tampangnya terlanjur viral di jagat maya. 

Wanita berhijab itu juga mengganti nama akunnya menjadi @yourbabay dan kembali berkomentar. "Pengen amnesia tapi sayang," kata akun tersebut.

Karena banyak dihujat akibat perempuan tersebut telah melakukan dugaan pelecehan seksual serta pelanggaran kode etik profesi perawat, pemilik akun sempat mengunggah video berisikan klarifikasi. Dalam video itu, perempuan tersebut menyampakan permohonan maaf atas videonya.

"Kalau secara aku mengonten salah aku minta maaf yang sebesar-besarnya. tapi ngak ada sama sekali buat menjatuhkan perawat atau apa, ngak, ngak sama sekali. Aku perawat, ngak mungkin aku menjatuhkan profesiku," tulis pemilik akun TikTok @Moditabok dalam klarifikasinya yang diunggah di akun yang sama.Selanjutnya pemilik akun @Moditabok tersebut tersebut menyebut bahwa memasang keteter di kalangan perawat itu merupakan hal yang biasa. "Dan menurut aku kateter itu udah menjadi hal yang umum buat orang-orang rumah sakit dan buat beberapa pasien juga udah tau," lanjutnya."Ramainya konten ini juga karena mereka sering berbagi pengalaman gitu. Coba deh kalau misalnya itu ngak ada pengalaman, ya, mungkin ngak rame kan," imbuhnya. Belakangan akun @Moditabok yang sudah memiliki pengikut lebih dari 16 ribu itu masih bisa ditemukan di TikTok namun semua videonya hilang.

Tanpa berlama-lama, netizen berhasil mengetahui pemilik akun TikTok @moditabok. Seorang netizen membongkar identitas perempuan tersebut yang ternyata masih berstatus sebagai mahasiswa. Rumah sakit tempat dia praktik dan nama kampusnya juga terungkap.

Netizen menduga pembuat video tersebut adalah mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang sedang praktik di RSUD Wonosari, Gunungkidul. Mengetahui namanya terseret, pihak RSUD Wonosari langsung buka suara. Melalui akun Instagram resminya, pihak rumah sakit membenarkan video tersebut.

Direktur Umum RSUD Wonosari Heru Sulissetyowati mengakui jika perempuan itu praktik di rumah sakitnya. Namun, dia bukan perawat di RSUD Wonosari melainkan mahasiswa yang tengah praktik di tempatnya."Itu bukan perawat RSUD Wonosari tapi siswa praktik," kata Heru.

Heru mengaku sudah mengetahui viralnya video tersebut dan akan segera menindaklanjuti. Dia juga sudah memerintahkan jajarannya untuk menelusuri video yang viral di media sosial itu."Besok yang bersangkutan mau dipanggil oleh subkomite etik dan profesi dan juga perguruan tinggi asal siswa tersebut akan ke RSUD," jelas Heru. Dia juga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan karena video yang beredar.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Universitas Aisyiyah (Unisa), Sinta Maharani, mengakui bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswi di kampus tersebut. Akibat konten yang dibuatnya, mahasiswi tersebut kini telah ditarik dari tempat praktik."Terkait kasus tersebut kami sudah koordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar itu mahasiswa Unisa Yogya. Mahasiswa profesi ners," kata Sinta, Rabu (1/5/2022).Selain menarik mahasiswi yang bersangkutan, pihak kampus juga memohon maaf kepada rimah sakit tempat praktik. Sinta memastikan para mahasiswa yang praktik lebih dulu dibekali aspek etik.Dalam unggahannya yang viral, mahasiswi tersebut mengenakan menuliskan pengalamannya memasang kateter untuk pasien pria. "Ketika aku harus masang kateter urin / DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulisnya.

Terkait kasus tersebut, Sinta mengatakan pihak universitas telah melakukan beberapa langkah. "Memperingatkan/menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat," ujarnya. Mahasiswi tersebut, lanjut Sinta, juga telah ditarik dari lokasi tempat praktik. Pihak kampus, juga telah meminta maaf ke rumah sakit tempat mahasiswa itu praktik."Menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya. Memohon maaf ke rumah sakit tempat praktik klinik secara non formal, dan besok akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut," ungkapnya.Pihak kampus memastikan jika sebelum mahasiswa turun untuk praktik lapangan telah dilakukan pembekalan. Di dalamnya ada aspek etik dan lain sebagainya."Sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktik/RS, mahasiswa telah mengikuti kegiatan pembekalan baik yang berupa kompetensi keahlian maupun pembekalan aspek etik termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien dan mereka sudah lolos uji praklinik," tandasnya.Di sisi lain, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah memastikan mahasiswi keperawatan yang viral usai curhat soal pasang kateter ke pasien pria sudah ditindak. Adapun penindakan tersebut dilakukan oleh institusi kampus."Ini menjadi tanggung jawab institusi. Sudah ada tindakan dari kampus," bebernya kepada detikcom, ditulis Kamis (2/6/2022). Lebih lanjut, Harif menekankan pentingnya etika bermedia sosial bagi calon perawat. Hal ini menurutnya harus menjadi bekal utama calon perawat sebelum dinyatakan lulus nantinya."Organisasi profesi mendapat masukan yang baik untuk proses pembelajaran etika," kata Harif. "Termasuk dalam bermedia sosial sebagai bekal jika telah lulus jadi perawat," sambung dia.

s; grid.id


Name

Berita,22842,H,151,HUMOR,7,Internasional,626,Kesehatan,29,Nasional,22236,News,1358,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dihujat Gegara Lecehkan Pasien Pria, Begini Nasib Mahasiswi Perawat yang Buru-buru Bikin Klarifikasi, Foto Tampangnya Terlanjur Viral
Dihujat Gegara Lecehkan Pasien Pria, Begini Nasib Mahasiswi Perawat yang Buru-buru Bikin Klarifikasi, Foto Tampangnya Terlanjur Viral
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjO0Rosm7R8_5CxSfbQAKaZ1NagtxsMThMbgIjaOzCcYnsMp2lGeiGAhQ7SH7wMSy6WckuZ72cugeEKi4zOSW-F4IIO9X4H80SGAtltesIxoatnKOXYMaYy6DHvrkcxozvvnr4RRbT4ZOyIlWVBXdAhlOz5Jjw_sUxcGfWs69LX9Pfkef-HL2FR4OMcZQ/w640-h356/image1jpeg-20220602090850.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjO0Rosm7R8_5CxSfbQAKaZ1NagtxsMThMbgIjaOzCcYnsMp2lGeiGAhQ7SH7wMSy6WckuZ72cugeEKi4zOSW-F4IIO9X4H80SGAtltesIxoatnKOXYMaYy6DHvrkcxozvvnr4RRbT4ZOyIlWVBXdAhlOz5Jjw_sUxcGfWs69LX9Pfkef-HL2FR4OMcZQ/s72-w640-c-h356/image1jpeg-20220602090850.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/dihujat-gegara-lecehkan-pasien-pria.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/dihujat-gegara-lecehkan-pasien-pria.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy