$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tabrak Handi-Salsa, Kopda Andreas Dwi Atmoko Divonis 6 Bulan Bui

INDONESIAKININEWS.COM -  Majelis hakim Pengadilan Militer II-09 Bandung menjatuhi hukuman 6 bulan penjara terhadap Kopda Andreas Dwi Atmoko....



INDONESIAKININEWS.COM - Majelis hakim Pengadilan Militer II-09 Bandung menjatuhi hukuman 6 bulan penjara terhadap Kopda Andreas Dwi Atmoko. Dia terbukti bersalah atas insiden kecelakaan lalu lintas terhadap sejoli Handi Saputra dan Salsabila di Nagreg.

Vonis terhadap Andrea sudah dibacakan hakim yang diketuai oleh Kolonel CHK Masykur pada Rabu (11/5) lalu di Pengadilan Militer II-09 Bandung. Dalam putusannya, hakim menghukum Andres dengan vonis 6 bulan penjara.

"Mengadili, memidana terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama enam bulan," ucap hakim sebagaimana dikutip detikJabar dari dokumen Mahkamah Agung (MA) pada Selasa (7/6/2022).

Dalam putusannya, Kopda Andreas terbukti bersalah sesuai Pasal 310 ayat (3) Jo ayat (4) dan Pasal 312 UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 190 ayat (1) UU RI nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer serta ketentuan perundang-undangan yang lain.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara dah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pertama karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berad dan meninggal dunia. Kedua mengemudikan kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas tidak melaporkan kecelakaan lalu lintas tanpa alasan yang patur," tutur hakim.

Vonis yang diberikan terhadap Kopda Andreas Dwi Atmoko tersebut lebih ringan ketimbang tuntutan. Saat sidang tuntutan, Oditurat Militer Bandung meminta hakim memvonis Kopda Andreas Dwi Atmoko dengan hukuman 10 bulan penjara.

Dalam pertimbangannya terkait tuntutan Oditurat Militer tersebut, hakim berpendapat lain. Hakim menilai tuntutan tersebut terlalu berat bila memperhatikan faktor-faktor lain.

Selain itu, hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang meringankan dan memberatkan. Adapun hal meringankan yakni terdakwa berterus terang dan bersikap sopan selama sidang, terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji untuk lebih hati-hati, terdakwa masih muda dan bisa dibina kembali untuk dapat menjadi prajurit yang lebih baik lagi lalu kejadian laka lantas bukan keinginan terdakwa yang sudah sebaik mungkin mengendarai.

Sementara hal memberatkan, perbuaran terdakwa bertentangan dengan Sapta Marga dan delapan wajib TNI, perbuatannya bentuk loyalitas yang salah dan tidak dapat dicontoh serta perbuaran terdakwa menimbulkan korban jiwa dan kesedihan bagi keluarga korban.

"Bahwa sebagaimana hal-hal yang meringankan dan memberatkan tersebut, majelis hakim berpendapat bahwa untuk membina prajurit tentunya tidak harus dengan hukuman yang berat, namun pada asasnya tujuan penghukuman bagi yang bersalah harus ada sanksi yang tegas. Tujuan penghukuman juga bukan untuk balas dendam, akan tetapi bertujuan untuk mendidik agar terdakwa tidak mengulangi lagi perbuatannya," tutur hakim.

"Oleh karena itu setelah majelis hakim mempertimbangkan serta menilai kualitas perbuatan terdakwa dan dengan berdasarkan rasa keadilan, kepastian serta kemanfaatannya, maka penjatuhan pidana sebagaimana yang dimohonkan oditur Militer terhadap terdakwa, majelis hakim memandang terlalu berat dikaitkan dengan latar belakang dan juga sebab akibat serta faktor-faktor lain," kata hakim menambahkan.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Pengadilan Militer II-09 Bandung Letkol CHK Pandjaitan membenarkan hukuman tersebut.

"Dipidana penjara selama enam bulan," kata Pandjaitan.

Kasus ini berawal saat Kolonel Priyanto dan dua anak buahnya menabrak Handi dan Salsa di Nagreg. Kolonel Priyanto dkk tak menolong Handi-Salsa, tapi membawa mereka hingga keluar dari Jabar dan membuang tubuh kedua korban ke anak Sungai Serayu.

Salsa dibuang ke sungai dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan Handi dibuang ke sungai dalam kondisi masih hidup.

Jasad kedua korban ditemukan di Sungai Serayu. Dari ketiga tersangka, diketahui Kolonel Priyanto-lah yang menolak membawa Handi-Salsa ke rumah sakit setelah kecelakaan akibat tabrakan dengan mobilnya. Dia juga yang memiliki ide keji membuang tubuh Handi-Salsa ke sungai.

s; detik.com


Name

Berita,22568,H,151,HUMOR,7,Internasional,372,Kesehatan,29,Nasional,22216,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tabrak Handi-Salsa, Kopda Andreas Dwi Atmoko Divonis 6 Bulan Bui
Tabrak Handi-Salsa, Kopda Andreas Dwi Atmoko Divonis 6 Bulan Bui
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSeKeuDEu_-ZWm-pJhxOjQqvBZAPBUfpw-haOm0ePY335bKAKAQ6WLiD3uJ2JYFm5eA8I8qZLVlBYN0w5xV4-mVNE2u5JVCfWhzQ_RDNImkXMvPh3L-rJ0dQGUM0Yjf11SEdJmfo1pMsy9zBOuAvIXjCUlEGVxEs0gAa49DjO0qaJ2T07q4hBKTdlZSQ/w640-h360/suasana-sidang-pembunuhan-handi-salsa-dengan-terdakwa-kopda-andre-dwi-atmoko_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSeKeuDEu_-ZWm-pJhxOjQqvBZAPBUfpw-haOm0ePY335bKAKAQ6WLiD3uJ2JYFm5eA8I8qZLVlBYN0w5xV4-mVNE2u5JVCfWhzQ_RDNImkXMvPh3L-rJ0dQGUM0Yjf11SEdJmfo1pMsy9zBOuAvIXjCUlEGVxEs0gAa49DjO0qaJ2T07q4hBKTdlZSQ/s72-w640-c-h360/suasana-sidang-pembunuhan-handi-salsa-dengan-terdakwa-kopda-andre-dwi-atmoko_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/tabrak-handi-salsa-kopda-andreas-dwi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/tabrak-handi-salsa-kopda-andreas-dwi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy