$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Nama Istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Terseret Gratifikasi Wamenkumham Rp 7.7 Miliar, IPW: Lebih Dahsyat Dari Kasus Ismail Bolong

INDONESIAKININEWS.COM -  Pelaporan pemberian gratifikasi pada Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej sebesar Rp 7.7 miliar...



INDONESIAKININEWS.COM - Pelaporan pemberian gratifikasi pada Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej sebesar Rp 7.7 miliar oleh IPW bukan hanya melibatkan segelintir pihak.

Bahkan menurut Sugeng Teguh Santoso selaku Ketua Indonesia Police Watch (IPW), dalam kasus gratifikasi senilai Rp 7.7 miliar ini terdapat nama-nama orang besar yang berada di institusi Polri. 

Nama-nama orang tersebut terindikasi memiliki saham atas tambang nikel PT Ferolindo, di mana nama istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terseret gratifikasi Wamenkumham Rp 7.7 miliar dan menurut IPW kasus ini lebih dahsyat dari kasus Ismail Bolong.

Kasus ini mencuat akibat terjadinya sangketa kepemilikan saham pada PT Citra Lampia Mandiri (CLM).

Gratifikasi sebesar Rp 7.7 miliar tersebut diduga diberikan kepada Wamenkumham Eddy Hiariej melalui dua asprinya YAR dan YAM.

Pemberian gratifikasi bertujuan agar Helmut Hermawan selaku mantan Dirut PT Citra Lampia Mandiri (CLM) dapat melakukan konsultasi atas sengketa kepemilikan PT CLM.

Akan tetapi saham PT CLM jatuh kepemilikannya kepada pihak ZAS dan berdasarkan data Ditjen AHU Kemenkumham, 7.803 saham PT CLM dimiliki oleh PT Ferolindo Mineral Nusantara, yang aktanya dibuat pada 3 November 2022.

Menurut Sugeng, pemegang saham APMR (pemegang Saham PT CLM) bernama PT Ferolindo.

“Sedangkan saham PT Ferolindo sendiri pada suatu waktu ada nama pemegang sahamnya bernama Samsudim Andi Arsyad dan Evi Celyanti. Kalau tidak salah, apakah Evi ini istrinya Kabareskrim saya belum cek," terang Sugeng.

Sugeng menjelaskan jika kasus gratifikasi ini melibatkan pemodal yang besar dan terstruktur.

"Adapun pola keterlibatan kekuasaan yang bermain dengan pemodal lebih dahsyat dan terstruktur. Kalau kasus Ismail Bolong cuma yang main oknum Polisi,”jelas Sugeng.

“Dalam kasus ini ada nama Wamenkumham, Polisi levelnya lebih tinggi sampai intelijen negara," ungkap Sugeng.

IPW sendiri telah melaporkan dugaan gratifikasi Rp 7.7 miliar terhadap Wamenkumham Eddy Hiariej pada KPK, Selasa, 14 Maret 2023 lalu.

Saat memberikan laporannya ke KPK, Sugeng juga membawa sejumlah bukti, termasuk bukti transfer selain ada juga bukti elektronik.

Menurut Sugeng peristiwa pemberian dugaan gratifikasi pertama dengan pemberian uang sebesar Rp 4 miliar yang diduga diterima Eddy Hiariej melalui asisten pribadinya berinisial YAR. 

Bukti elektronik atas pemberian tersebut juga telah di kantongi oleh Sugeng, di mana dalam bukti chat yang diterimanya, Eddy Hiariej mengakui YAR dan YAM merupakan asisten pribadinya.

Masih dengan Sugeng, pemberian ini ada kaitannya dengan seorang bernama HH (Helmut Hermawan) yang meminta konsultasi hukum kepada Wamen EOSH. 

Kemudian Wamen memberikan arahan untuk berhubungan dengan saudara ini namanya ada di sini (bukti transfer), PT-nya apa namanya ada.

Peristiwa kedua yaitu pemberian dana tunai yang diperkirakan sebesar Rp 3 miliar pada Agustus 2022 dalam uang dalam bentuk dolar Amerika Serikat itu juga diterima oleh YAR.

"Diduga atas arahan saudara Wamen EOSH," kata Sugeng.

"Pemberian diberikan oleh saudara HH, Direktur Utama PT Citra Lampia Mandiri (PT CLM)," sambungnya.

Sugeng menduga uang Rp 3 miliar itu diberikan terkait dengan permintaan bantuan pengesahan badan hukum dari PT CLM oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham.

Pada 13 September 2022 pengesahan tersebut dihapus dan yang terjadi justru muncul pengesahan susunan direksi baru PT CLM dengan seseorang berinisial ZAS sebagai direktur utamanya.

ZAS dan HH disebut sedang bersengkata kepemilikan saham PT CLM, sedangkan HH sendiri saat ini tengah ditahan oleh Polda Sulawesi Selatan.

"Jadi, saudara HH sebagai pemilik IUP menjadi kecewa sehingga melalui saksi advokat berinisial A menegur saudara Wamen EOSH, 'tindakan Anda tidak terpuji, balik badan lah gitu ya’, imbuhnya.

Pada 17 Oktober 2022, Sugeng menyebut dana Rp 4 miliar dan Rp 3 miliar yang diberikan dikembalikan oleh YAR melalui transfer ke rekening PT CLM.

S: disway.id


Name

Berita,23858,H,151,HUMOR,7,Internasional,994,Kesehatan,29,Nasional,22897,News,1359,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Nama Istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Terseret Gratifikasi Wamenkumham Rp 7.7 Miliar, IPW: Lebih Dahsyat Dari Kasus Ismail Bolong
Nama Istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Terseret Gratifikasi Wamenkumham Rp 7.7 Miliar, IPW: Lebih Dahsyat Dari Kasus Ismail Bolong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7to5IwSElPIZ6tdTwnHaajUxuWB3qDGqqSFh9RhRE95oPueDYF-B39uhVK0CW8cIjtgIzrRemZAAwyu8oxIHhk1odwT5veGTVsGfP-BoMaOKYfd_-19oLAor71l3wBWDt_qnb203rVU3kc2IACXepIXlOf1VAahOCJD2Rmq-Mo1hAzGnE0CBhUQIQ/w640-h360/3ab9e32b89ece660503a88a5b1d0d8dc%20(1).jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7to5IwSElPIZ6tdTwnHaajUxuWB3qDGqqSFh9RhRE95oPueDYF-B39uhVK0CW8cIjtgIzrRemZAAwyu8oxIHhk1odwT5veGTVsGfP-BoMaOKYfd_-19oLAor71l3wBWDt_qnb203rVU3kc2IACXepIXlOf1VAahOCJD2Rmq-Mo1hAzGnE0CBhUQIQ/s72-w640-c-h360/3ab9e32b89ece660503a88a5b1d0d8dc%20(1).jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2023/03/nama-istri-kabareskrim-komjen-agus.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2023/03/nama-istri-kabareskrim-komjen-agus.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy