$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pesulap Merah Ditantang Warga Suku Dayak Karena Komentari Aksi Ida Dayak Sembuhkan Banyak Orang

INDONESIAKININEWS.COM -  Pesulap Merah ditantang oleh warga Suku Dayak untuk bertemu. Warga Dayak risih dengan komentar Pesulap Merah soal I...



INDONESIAKININEWS.COM - Pesulap Merah ditantang oleh warga Suku Dayak untuk bertemu. Warga Dayak risih dengan komentar Pesulap Merah soal Ida Dayak. 

Fenomena pengobatan Ida Dayak yang menjadi perhatian sejumlah pihak mendapatkan komentar miring dari Pesulap Merah.

Marcel Radhival atau kerap disapa sebagai Pesulap Merah menilai ada trik yang dilakukan Ida Dayak dalam menyembuhkan orang.

Namun, karena komentarnya, kini pesulap merahpun ditantang oleh warga Dayak untuk bertemu.

Seperti diektahui, komentar Pesulap Merah terkait pengobatan Ida Dayak ditanggapi serius oleh warga asli Suku Dayak.

Pria bernama Eda Steven Lalung baru-baru ini menantang Pesulap Merah untuk bertemu.

Untuk diketahui, Marcel memang vokal mengomentari pengobatan Ida Dayak yang sedang viral.

Ida Dayak sendiri diklaim mampu mengobati patah tulang, keseleo, saraf kejepit, stroke hingga lumpuh.

Jadi tenar, Ida Dayak pun diundang Jenderal TNI hingga anak Presiden Soekarno.

Melihat keviralan Ida Dayak, Marcel sesumbar.

Menurut Marcel, Ida Dayak tidak sakti dan hanya seorang ahli tulang saja.

"Yang dilakukan Ida Dayak enggak ada hubungannya dengan kesaktian-kesaktian, dengan goib-goiban, mistis-mistisan. Dia itu ahli patah tulang pada umumnya. Dan tarian-tarian yang Ibu Ida Dayak lakukan ini untuk membuat pasien rileks doang, bukan mantra, bukan sakti-sakti doang," ungkap Marcel Radhival di video kanal Pesulap Merah, dilansir TribunnewsBogor.com pada Sabtu (8/4/2023).

Tak cuma mengomentari wanita bernama asli Ida Andriyani itu, Marcel juga mengulas soal Suku Dayak.

Marcel tampak heran dengan anggapan bahwa Dayak disebut sebagai wilayah mistis.

"Dayak atau Kalimantan itu entah kenapa di Jakarta atau Jabodetabek diyakini seolah itu daerah yang mistis banget atau ilmunya kuat," ujar Marcel.

Youtuber sekaligus konten kreator itu pun mendadak mengurai tantangan kepada warga Dayak.

Yakni untuk bertemu dengannya guna membuktikan kesaktian.

"Pasti banyak di kolom komentar 'kalau enggak percaya santet, datang lo ke Kalimantan, sini datang ke Dayak'. Nih gue bisikin, ongkosin lah gue ke sana. Terus siapa yang harus gue ketemuin," pungkas Marcel.

"Kalau gue enggak bisa ngebongkar kesaktian yang dipraktekan orang sana, ongkos yang lu kasih ke gue, gue balikin 10 kali lipat. Gue mah selalu berani," sambungnya.

Tak main-main, Marcel pun menjanjikan hadiah jika warga Dayak bisa membuktikan kesaktiannya.

"Arahin, dukun siapa yang mau pembuktian sama ilmu merah, ongkosin gue ke sana, kita lihat langsung. Ketika terbongkar, si dukun harus ngakuin dirinya sebagai penipu," kata Marcel tegas.

Tanggapan Warga Dayak

Melihat tantangan yang dilayangkan Marcel, seorang pria keturunan dan warga asli Dayak, Eda Steven Lalung tak tinggal diam.

Melalui laman media sosialnya, Eda mengaku ingin juga berjumpa dengan Marcel.

"Selamat malam Marcel Pesulap Merah. Saya Eda Steven sudah ada di Kota Jakarta. Saya pengin jumpa dengan Anda, bercerita," imbuh Eda lewat akun TikTok-nya.

Diungkap Eda, Marcel tak perlu jauh-jauh datang ke Kalimantan.

Sebab Eda kini sudah berada di Jakarta untuk menemui Pesulap Merah.

"Tidak perlu anda ke Kalimantan. Kami sudah ada di Jakarta menunggu kapan anda calling kita atau tag kita di mana kita jumpa," ungkap Eda.

Video yang diunggah Eda itu belakangan viral.

Tak menunggu waktu lama, Marcel pun langsung menanggapinya.

Ditantang untuk bertemu Eda yang dikenal sebagai pelaksana ritual adat Dayak, Marcel tak gentar.

"Wah asik nih gaperlu ke kalimantan tapi ada orang dayak asli yang bersedia ketemu untuk bahas keilmuan kalimantan yang konon katanya sakti banget, boleh pak @eda_steven_lalung balas DM saya untuk buat jadwal janji temu.

Bahas kebal-kebalan, santet, guna-guna atau budaya dayak/kalimantan yang seringkali dijadikan dukun sebagai kedok penipuannya, i am ready," ungkap Marcel di unggahan terbaru Instagram-nya.

Pesulap Merah Komentari Ida Dayak

Sebelumnya diwartakan, Pesulap Merah belakangan memang santer mengomentari aksi Ida Dayak

Menurutnya, trik pengobatan Ida Dayak sebenarnya tak ada yang spesial.

Sebab menurut Marcel, Ida Dayak sama seperti ahli tulang lainnya.

"Kalau saya sih biasa aja (tentang pengobatan Ida Dayak), b aja ngeliatnya, memang ahli patah tulang emang kerjaannya kayak gitu kan. Ahli patah tulang kalau patah begini, tugasnya gimana caranya tulang kayak gini lagi, terus dikasih kain, nanti akan nyambung lagi dengan sendirinya, itu sistem tubuh kita," ungkap Marcel Radhival dilansir TribunnewsBogor.com dari tayangan Intens Investigasi, Rabu (5/4/2023).

Terkait minyak khusus yang dipakai Ida Dayak, Marcel sinis.

Menurutnya, tiap ahli tulang pasti memakai minyak khas daerahnya masing-masing.

"Minyak sih di setiap daerah punya minyak tradisionalnya masing-masing. Jadi itu pengobatan dan ramuan hasil orang-orang dulu. Bukan di daerah ini lebih canggih, enggak juga, tergantung penyakitnya," ujar Marcel Radhival.

Perihal fenomena viral Ida Dayak, Marcel mengurai analisa kenapa pengobatan sang wanita sakti banyak peminat.

Menurut Marcel, hal itu lantaran Ida Dayak tak mematok harga saat melakukan pengobatan.

"Mungkin karena enggak menarifkan harga itu orang-orang jadi pilihan kedua sebelum ke dokter karena dokter kan mahal. Kalaupun pakai BPJS biasanya banyak tertunda. Makanya lebih irit coba pengobatan alternatif, lebih ke biaya sih," kata Marcel Radhival.

S: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pesulap Merah Ditantang Warga Suku Dayak Karena Komentari Aksi Ida Dayak Sembuhkan Banyak Orang
Pesulap Merah Ditantang Warga Suku Dayak Karena Komentari Aksi Ida Dayak Sembuhkan Banyak Orang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiJBDlrRa_eHY-3iK4oJca8xkDNURzhpEKixDKVklQWoau760Jh5Hb7Vuwn_lSlPh3XHkduyVh742g0EKShWuG-6t82P2sTsM8-1gHNvre4AE3iWpEIhSdLPJtMVXV93MozTj0F7wJqZqsjM03o8bvsx-t-nhf_E9qHw5Ig_g0CWeAJf_YLeEWjwrW/w640-h360/komentar-Pesulap-Merah-terkait-pengobatan-Ida-Dayak.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiJBDlrRa_eHY-3iK4oJca8xkDNURzhpEKixDKVklQWoau760Jh5Hb7Vuwn_lSlPh3XHkduyVh742g0EKShWuG-6t82P2sTsM8-1gHNvre4AE3iWpEIhSdLPJtMVXV93MozTj0F7wJqZqsjM03o8bvsx-t-nhf_E9qHw5Ig_g0CWeAJf_YLeEWjwrW/s72-w640-c-h360/komentar-Pesulap-Merah-terkait-pengobatan-Ida-Dayak.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2023/04/pesulap-merah-ditantang-warga-suku.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2023/04/pesulap-merah-ditantang-warga-suku.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy