$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kans Besar Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres Anies Baswedan

INDONESIAKININEWS.COM -  Nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, masuk dalam bursa bakal cawapres untuk mendampingi ba...

Susi Pudjiastuti dan Anies Baswedan. (Dok. Istimewa)

INDONESIAKININEWS.COM - 
Nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, masuk dalam bursa bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Anies Baswedan. Susi disebut oleh politisi PKS sebagai ‘sosok pendobrak’ dan bisa menjadi ‘energi perubahan’.

Nama Susi mengemuka lantaran Anies Baswedan disebut perlu mencari wakil yang tidak bisa diposisikan semata-mata sebagai ‘ban serep’, tapi mampu memberikan kontribusi elektoral di tengah elektabilitasnya yang masih di bawah pesaingnya dalam pertarungan Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, menambahkan calon yang tepat salah satunya harus memiliki corak politik nasionalis karena Anies telah terstreotipe sebagai representasi dari kekuatan politik Islam.

Terkait dengan itu Susi menegaskan bahwa dirinya belum mau berpolitik.

“Tidak terpikirkan di kepala saya tentang cawapres,” paparnya kepada BBC News Indonesia, Rabu (02/08).

Sebelum Susi, muncul nama-nama yang berasal dari luar Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) – Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat - untuk menjadi bakal cawapres Anies, mulai dari Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa hingga Yenny Wahid, sementara dari internal koalisi muncul nama AHY dan Ahmad Heryawan (Aher).

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, mengaku bahwa Susi Pudjiastuti masuk dalam bursa calon pendamping Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 mendatang.

Mardani mengatakan, Susi memiliki karakter pendobrak yang diperlukan di tengah kondisi Indonesia yang dia sebut sedang tidak baik-baik saja.

“Basis sosiologis dan geografis penting. Tapi Ibu Susi kuat di basis spirit perubahan. Kondisi Indonesia yang berjalan tapi tidak ada rasa, cocok dengan karakter militan dan pendobrak Ibu Susi,” kata Mardani.

“Strong poinnya, dia adalah sosok, karakter perubahan dan cueknya Ibu Susi yang bisa memberi rasa pada #2024GerakanPerubahan… Peluang [menjadi pendamping Anies] selalu ada, apalagi jika publik meyambut,” kata Mardani.

Selain Susi, Mardani juga sempat menyebut nama AHY, Sohibul Imam, Aher, Khofifah, Yenny Wahid sebagai bakal cawapres Anies.

Dukungan terhadap Susi juga muncul dari partai koalisi lain. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim menyebut, Susi memenuhi kriteria sebagai bacawapres mantan Menteri Pendidikan itu.

Di sisi lain, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Andi Arief menegaskan partainya tak mempersoalkan munculnya nama Susi disebut punya kans sebagai cawapres Anies.

"Jadi itulah yang membuat kami merespons positif saja, silakan siapa saja, Bu Susi dan tokoh-tokoh lain untuk dinominasikan untuk menjadi capres dari Pak Anies. Tapi yang jelas bahwa kami bersiap jika panggilan sejarah itu datang kepada Partai Demokrat, kepada Ketum Mas AHY. Begitu juga sebaliknya kalau tidak terjadi," katanya.

Sosok Susi tetap menjadi daya tarik bagi para bakal capres walau dia sudah menjauhi kursi pemerintahan sejak tak lagi menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan beberapa tahun lalu.

Dalam waktu sepekan, dua calon petarung di Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bertemu Susi di Pangandaran, pada 25 Juli dan 17 Juli lalu.

Sementara calon lain yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, belum terlihat akan mengunjungi pemilik Susi Air itu.

Setidaknya ada tujuh unggahan di Instagram Anies yang memuat pertemuan mereka berdua, mulai dari mengunjungi kediaman Susi hingga bertemu dengan nelayan Pangandaran.

Sumber: BBC News Indonesia


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kans Besar Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres Anies Baswedan
Kans Besar Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres Anies Baswedan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG2ufJlPD2s9hW6QqyrvwMxgjGhERr4hrgjvz1wnEWZDw-ttvN5dOqEdI45Nv390HDAexdQJIa9nwfY2WN_xNinllxtmOF6oKZsiLqcpBreuNtJJT6mr3FdY4ZLpriUVdbnYsyFKi-Qkn46HNQf_16_8zsWgk-My_575I-C6-HI-qwotIxqIL9kGYmv3M/w640-h362/Susi%20Pudjiastuti%20dan%20Anies%20Baswedan.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG2ufJlPD2s9hW6QqyrvwMxgjGhERr4hrgjvz1wnEWZDw-ttvN5dOqEdI45Nv390HDAexdQJIa9nwfY2WN_xNinllxtmOF6oKZsiLqcpBreuNtJJT6mr3FdY4ZLpriUVdbnYsyFKi-Qkn46HNQf_16_8zsWgk-My_575I-C6-HI-qwotIxqIL9kGYmv3M/s72-w640-c-h362/Susi%20Pudjiastuti%20dan%20Anies%20Baswedan.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2023/08/kans-besar-susi-pudjiastuti-jadi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2023/08/kans-besar-susi-pudjiastuti-jadi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy