$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jangan Dengerin Somad Lagi, Kerajaan Saudi Arabia Resmi Bolehkan Rakyatnya Rayakan Valentine

IndonesiaKiniNews.com - Warga Arab Saudi merayakan Hari Valentine tanpa takut ditahan polisi syariah setelah fatwa yang mengizinkan perayaan...



IndonesiaKiniNews.com -Warga Arab Saudi merayakan Hari Valentine tanpa takut ditahan polisi syariah setelah fatwa yang mengizinkan perayaan tersebut beredar lewat akun Twitter.

Menurut kabar yang dilansir situs berita Arab News, Kamis (15/2), toko-toko bunga dan toko-toko hadiah membuka pintu lebarlebar tanpa gangguan atau penyitaan dari polisi syariah, yang sebelumnya melarang toko bunga buka pada Hari Valentine.

Seorang ulama Arab Saudi menyatakan perayaan Hari Valentina tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Pernyataan itu berlawanan dengan posisi garis keras yang diterapkan selama ini oleh polisi syariah Arab Saudi.

Sheik Ahmad Al-Ghamdi, mantan kepala polisi syariah Mekkah dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Arab News menyatakan umat muslim dapat merayakan kasih sayang pada 14 Februari.

"Merayakan Hari Valentine tidak bertentangan dengan ajaran Islam sama seperti Hari Nasional dan Hari Ibu," kata Al-Ghamdi dalam wawancara dengan Arab News yang juga dilansir kantor berita Reuters.

Pada 13 Februari, Dar Al-Ifta Al-Misriya atau Dewan Dekrit Keagamaan Mesir Ahmed Mamdouh mengeluarkan fatwa yang mengizinkan perayaan dan bertukar hadiah di Hari Valentine. "Tidak ada salahnya menetapkan satu hari untuk menunjukkan rasa cinta satu sama lain."

Mufti Agung Tunisia Othman Battikh juga membantah klaim bahwa Hari Valentine semata-mata tradisi Kristiani.

"Apapun yang membuat orang makin dekat adalah hal yang baik," kata dia sambil menambahkan bahwa umat muslim bisa merayakannya tanpa meninggalkan ajaran Islam.

Mohammed Al-Shahat Al-Jundi, anggota Pusat Riset Islam mengatakan bahwa perayaan tersebut membantu "menjaga hubungan kekeluargaan."

Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman, mendorong Arab Saudi lebih moderat untuk memodernisasi kerajaan. Dia melonggarkan sejumlah batasan-batasan sosial.

Selain mengurangi peran polisi syariah, sejumlah perubahan lain seperti mengizinkan perempuan mengemudi, menonton sepak bola di stadion, menonton film, konser publik menjadi rangkaian reformasi yang dilakukan Pangeran Mohammed.

Di masa lalu, Hari Valentine selalu diwarnai dengan razia polisi syariah dan larangan penjualan barang-barang yang terkait dengan perayaan Hari Kasih Sayang. Namun sejak tahun lalu, berbagai langkah tersebut dicabut.

Toko-toko menjual mawar merah dan buket bunga tanpa masalah. "Saya tidak mengira seperti ini," kata seorang penjual bunga sambil tertawa. "ini tidak seperti tahun-tahun lalu, orang-orang dengan nyaman membeli (bunga mawar merah)."

Sheikh Al-Ghamdi telah lama dikenal sebagai ulama yang berpandangan liberal. Pada 2009, dia mempublikasikan tulisan yang mempertanyakan legalitas segregasi gender dalam Islam.

Dia pun dipecat dari jabatannya, namun keputusan itu segera dicabut. Pada 2010, dia menyatakan bahwa menurutnya tidak ada yang salah bagi wanita untuk mengemudi. Al-Ghamdi pun mengundurkan diri tak lama kemudian.


Dia kembali memicu kontroversi pada 2014 saat menyatakan bahwa meski perempuan harus berpakaian sopan, tapi tak perlu menutup seluruh wajah. Al-Ghamdi pun tampil di televisi bersama istrinya, yang mengenakan abaya hitam, pakaian tradisional Arab Saudi beserta jilbab, tapi tanpa cadar, sehingga raut wajahnya terlihat.

Sumber: cnnindonesia.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jangan Dengerin Somad Lagi, Kerajaan Saudi Arabia Resmi Bolehkan Rakyatnya Rayakan Valentine
Jangan Dengerin Somad Lagi, Kerajaan Saudi Arabia Resmi Bolehkan Rakyatnya Rayakan Valentine
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRIEjjZ-aYirsPxoCz94Nz8NJbbPwq_Itoltn9u7wki3Tol89TmXckskJk0cCEc1i7TpRQAyB6AJvJMOCQ_ZkhdMXdVr1ChgSNffxOsha0PfZyHJlsOzizOVSpIXeVi-EwvJHolx7XAws/s640/58127c82-84df-4199-b4ca-e47c505e476f.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRIEjjZ-aYirsPxoCz94Nz8NJbbPwq_Itoltn9u7wki3Tol89TmXckskJk0cCEc1i7TpRQAyB6AJvJMOCQ_ZkhdMXdVr1ChgSNffxOsha0PfZyHJlsOzizOVSpIXeVi-EwvJHolx7XAws/s72-c/58127c82-84df-4199-b4ca-e47c505e476f.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2018/02/jangan-dengerin-somad-lagi-kerajaan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2018/02/jangan-dengerin-somad-lagi-kerajaan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy