$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota, Kota Ini Dianggap Paling Siap dan Ideal

INDONESIAKININEWS.COM - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke daerah baru di luar Jawa, m...

INDONESIAKININEWS.COM -Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke daerah baru di luar Jawa, mendapat respons positif dari Hamdhani.

 Anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah itu berharap ada keputusan lanjutan segera menetapkan Kota Palangka Raya sebagai pilihan. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) itu dinilai cocok menggantikan DKI sebagai ibu kota negara.

“Kota Palangka Raya layak menjadi ibu kota negara Republik Indonesia, kesiapan, dan ketersediaan lahannya memungkinkan. Secara geografis juga berada di tengah-tengah Indonesia, dan dunia, dan dinyatakan aman dari bencana alam,” kata Hamdhani dikutip dari Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Rabu (1/5).

Hamdhani menyebutkan Kalteng memiliki kelebihan sebagai calon ibu kota Negara.

Mengutip peneliti geologi kegempaan LIPI Danny Hilman, Kalimantan relatif lebih aman dibandingkan pulau lainnya.

Pasalnya, pulau itu terletak lebih jauh dari pertemuan lempeng.

Gempa dan tsunami biasanya dekat atau pada batas lempeng atau memang ada sesar (patahan) aktif.

“Data yang ada menunjukkan, Kalimantan jauh dari batas lempeng, tidak ada sesar aktif yang besar,” kata Hamdhani, anggota Komisi VI DPR.

Di luar itu, Hamdhani mengingatkan, wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa sebelumnya pernah digagas Presiden pertama RI Soekarno pada 1957.

Bung Karno berencana menjadikan Palangka Raya sebagai Ibu Kota.

“Jadi, sejak awal memang kuat keinginan menjadikan Kota Palangka Raya sebagai ibu kota negara,” kata mantan anggota DPD RI itu.

“Saatnya tahapan pemindahan ibukota dilakukan. Kami sangat berbangga karena Presiden memberikan arahan langsung untuk rencana pemindahan ibu kota,” tambah Anggota DPR RI lainnya Rahmat Nasution Hamka kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Selasa (30/4).

Dirinya berharap segera ada tahapan-hapan konkret agar dapat dilaksanakan sesuai arahan Jokowi.

“Kami berharap Kalteng jadi kandidat yang berpeluang besar untuk hal tersebut. Maka kami harus segera berbenah dan lebih serius untuk menyongsong itu semua, dengan melibatkan semua pihak agar benar-benar memberi manfaat besar bagi daerah dan masyarakat kita,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengungkapkan, bahwa hal tersebut merupakan jawaban dari apa yang telah dipersiapkan selama ini.

Ini sepertinya sudah ada keputusan yang mengerucut dari pemerintah pusat, bahwa ibu kota akan dipindahkan keluar pulau jawa.

“Kami akan menjadi alternatif yang akan menjadi calon ibu kota dan kami siap. Apalagi dari beberapa kajian baik dari Kementerian LHK, Kementerian Pertahanan, Bapennas dan beberapa
kementerian lainnya,” katanya.

Dirinya optimistis jika Kota Cantik Palangka Raya dan sekitarnya dipercaya dan ditunjuk menjadi ibukota negara nanti, maka tentu akan siap dan mendukung penuh dengan hal itu.

Langkah selanjutnya Pemerintah Provinsi Kalteng akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, berkaitan dengan segala persiapan serta berkoordinasi dengan Bapenas.

Untuk tahap awal akan menyediakan fasilitas untuk lokasi perkantoran seperti istana kepresidenan dan lain-lain, yang akan dilakukan pembangunan di Palangka Raya nanti.

sumber: jawapos.com




Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota, Kota Ini Dianggap Paling Siap dan Ideal
Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota, Kota Ini Dianggap Paling Siap dan Ideal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjemaUI6uQTPmIzOHOpw_BJHy25gMVq1l1o2kXoSEug5PtgVdNY_PtfenlPPUQgayAfCu4Q0x93p89WLY3V7lrNanJG1qkXu928H8_AbtlvSw9yXF7ETEvtHdmgqZmJyzxmygu37AmXbZQ/s1600/9A16D666-1CE6-4030-8AAA-D434B227E84C.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjemaUI6uQTPmIzOHOpw_BJHy25gMVq1l1o2kXoSEug5PtgVdNY_PtfenlPPUQgayAfCu4Q0x93p89WLY3V7lrNanJG1qkXu928H8_AbtlvSw9yXF7ETEvtHdmgqZmJyzxmygu37AmXbZQ/s72-c/9A16D666-1CE6-4030-8AAA-D434B227E84C.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/jokowi-akan-pindahkan-ibu-kota-kota-ini.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/jokowi-akan-pindahkan-ibu-kota-kota-ini.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy