$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sandiaga Temui Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia, Tapi Mereka Malah Menolak Seruan Visum Prabowo

foto KOMPAS.com/AJI YK PUTR INDONESIAKININEWS.COM -  Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menanggapi soal adanya d...

foto KOMPAS.com/AJI YK PUTR

INDONESIAKININEWS.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menanggapi soal adanya dari seruan dari Prabowo untuk dilakukan pemeriksaan visum kepada petugas KPPS yang meninggal pada Pemilu 17 April kemarin.

Menurut Sandi, kejadian banyaknya petugas KPPS yang meninggal adalah sebuah musibah.

Pemeriksaan visum pun merupakan kewenangan dari keluarga masing-masing almarhum.

"Ini musibah dan ini kewenangan keluarga masing-masing, suatu hal yang pribadi sekali ranahnya, tentu ada di ahli-ahli medis. Tentunya semuanya pulang kepada keluarga masing-masing," kata Sandi, usai mengunjungi kediaman ketua KPPS almarhum Selamat Riadi (66), yang terletak di Jalan Eka Bakti Nomor 22 Kelurahan Ilir D-1 Sekip, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (17/5/2019).

Sandi menyampaikan, dari hasil kunjungannya di kediaman Selamat Riadi yang meninggal saat menjadi ketua KPPS 031 pada 17 April kemarin, penyebab almarhum meninggal karena faktor kelelahan.

"Almarhum ini pekerja keras, bukan hanya ketua KPPS, tapi juga ketua RT, ketua masjid juga, jadi memang bebannya berat, sehingga beliau kelelahan. Ini jadi catatan, dari putri beliau tadi juga minta agar ada evaluasi sehingga ke depan Pemilu berjalan lebih baik dan jadwalnya tidak membebani," ujar dia.

Dia mengatakan, pihak Ikan Dokter Indonesia (IDI) telah mengeluarkan surat edaran untuk dilakukan evaluasi medis dalam penanganan para petugas KPPS yang masih dirawat, agar jumlah yang meninggal tidak bertambah.

"Evaluasi ke depan agar lebih baik lagi, jatuh korban hampir 600. Pemilu ini paling banyak makan korban," ujar dia.

Sementara itu, Fitrianti Pratiwi yang merupakan anak dari Selamat Riadi, menolak adanya seruan untuk dilakukan visum terhadap petugas KPPS yang meninggal.

"Kami tahu ada berita itu dari televisi dan berita-berita. Kami tidak menginginkan itu (tes visum) kami sudah ikhlas," ungkap Fitri.

Menurut Fitri, ayahnya tersebut sempat mengalami koma di rumah sakit selama satu pekan.

Setelah itu, kondisi Selamat Riadi makin terus menurun. Tepat pada Selasa (23/4/2019) Selamat pun akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

"Awalnya kakinya lemas lalu dibawa pulang setelah itu masuk ke rumah sakit," ujar dia.

Sebelumnya Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta pemeriksaan medis serta visum terhadap para petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), yang meninggal dunia usai bertugas pada Pemilu 2019.

Hal itu mengingat jumlah kematian mereka yang sudah mencapai 500 orang dirasa tak wajar.

"Perlu ada kami rasa suatu visum dan pemeriksaan medis mungkin pada petugas-petugas tersebut yang meninggal," katanya di Kertanegara Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu 8 Mei 2019.

Prabowo, atas nama tim Badan Pemenangan Nasional, mengucapkan bela sungkawa yang mendalam atas kejadian ini.

Menurutnya hal semacam ini baru pertama kali terjadi dalam gelaran pesta demokrasi di Indonesia.

sumber: tribunnews.com



Name

Berita,3878,HUMOR,1,Internasional,53,Nasional,3868,News,50,OPINI,51,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sandiaga Temui Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia, Tapi Mereka Malah Menolak Seruan Visum Prabowo
Sandiaga Temui Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia, Tapi Mereka Malah Menolak Seruan Visum Prabowo
https://2.bp.blogspot.com/-eM7MJcMPGwo/XN_YGoZiCqI/AAAAAAAAAok/jg_5Z37vpwAQi_6mz1-XQhc2RX9Vw_TvQCLcBGAs/s640/keluarga-petugas-kpps.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-eM7MJcMPGwo/XN_YGoZiCqI/AAAAAAAAAok/jg_5Z37vpwAQi_6mz1-XQhc2RX9Vw_TvQCLcBGAs/s72-c/keluarga-petugas-kpps.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/sandiaga-temui-keluarga-petugas-kpps.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/sandiaga-temui-keluarga-petugas-kpps.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy