$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Minta Panglima Maupun Polri Untuk Tindak Tegas Pelaku Rasialis

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) INDONESIAKININEWS.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kap...

Sejumlah mahasiswa Papua di Jakarta yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme, menggelar aksi unjuk rasa di seberang Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (22/8/2019). Mahasiswa Papua meminta Presiden Joko Widodo memastikan proses hukum pelaku rasis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menindak tegas aparat TNI maupun Polri yang diduga bertindak rasialis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi langsung memanggil Hadi, Tito, serta Menko Polhukam Wiranto untuk membahas masalah di Papua dan Papua Barat begitu mendarat dari Nusa Tenggara Timur (NTT), tadi malam.

"Kalau memang ada aparat yang nyata-nyata melakukan hal seperti itu (rasialis), tindak, enggak ada alasan," kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu menyatakan tindakan rasialis tak boleh terjadi kepada siapapun, termasuk masyarakat Papua. Moeldoko menyebut kelompok masyarakat dan aparat tersebut adalah oknum yang tak memahami situasi dan kondisi lingkungan.

"Siapa pun enggak boleh terjadi, apalagi selaku, walaupun itu oknum ya, jelas-jelas oknum yang tidak memahami situasi lingkungan yang begitu dinamis," ujarnya.

Sejak Senin (19/8), ribuan orang di Papua dan Papua Barat turun ke jalan melakukan protes atas dugaan rasial dan diskriminatif aparat dan kelompok masyarakat terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Konsentrasi aksi sejak hari itu sampai Rabu (21/8) terjadi di sejumlah wilayah, seperti Jayapura, Manokwari, Sorong, Fakfak, Mimika, hingga Merauke. Mereka meminta kelompok masyarakat dan aparat yang diduga rasial diproses hukum.

Kemudian hari ini ratusan pemuda dan mahasiswa Papua menggelar aksi di sekitar Mabes TNI AD, Jakarta Pusat. Setelah menyampaikan pendapat di Mabes TNI AD, masa aksi bergerak ke seberang Istana Merdeka.

Mayoritas pria yang menjadi peserta aksi demo Papua di Jakarta itu bertelanjang dada, sementara lainnya mengenakan kaus dan ikat kepala berlambang Bintang Kejora.

Mereka menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme itu meminta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar menangkap aparat diduga pelaku rasisme di Surabaya.

Salah satu orator aksi, Albert Mungguar, mengatakan rakyat Papua mengecam pernyataan rasialis yang menyamakan mahasiswa Papua dengan binatang.

"Mengecam pihak keamanan yang berlebihan menangkap teman-teman kami di Surabaya. Pihak kepolisian, dalam hal ini Jokowi-JK menangkap oknum terlibat dalam rasis kawan-kawan kami di Surabaya. Kami menuntut itu karena kami bukan monyet, kami adalah manusia yang sama seperti kalian," kata Albert dalam aksi di depan Mabes TNI Angkatan darat, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

sumber: cnindonesia.com 


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Minta Panglima Maupun Polri Untuk Tindak Tegas Pelaku Rasialis
Jokowi Minta Panglima Maupun Polri Untuk Tindak Tegas Pelaku Rasialis
https://asset.kompas.com/crop/0x0:4500x3000/750x500/data/photo/2019/08/22/5d5e6e1a4efad.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/jokowi-minta-panglima-maupun-polri.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/jokowi-minta-panglima-maupun-polri.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy