$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

KASAD Jawab Tudingan Mahfud MD Yang Menyebut TNI Kecolongan Lantaran Loloskan Enzo

Foto/Setkab INDONESIAKININEWS.COM -  Mahfud MD menyebut institusi TNI kecolongan gegara Enzo Zenz Allie, calon prajurit taruna aka...


Foto/Setkab

INDONESIAKININEWS.COM - Mahfud MD menyebut institusi TNI kecolongan gegara Enzo Zenz Allie, calon prajurit taruna akademi TNI yang diterpa isu terkait dengan organisasi terlarang HTI.

Bagaimana tanggapan pimpinan TNI AD terkait tudingan tersebut?

KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa, menjelaskan setelah ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan saintifik ke seluruh calon prajurit taruna akademi TNI, termasuk Enzo.

Upaya ini dilakukan untuk membuktikan berbagai tudingan ke Enzo.

"Jadi Angkatan Darat akan melakukan suatu pemeriksaan yang lebih saintifik, lebih ilmiah, menggunakan parameter yang sudah teruji untuk melihat dirinya, bukan orangtuanya, bukan siapa, karena kita ingin obyektif," jelasnya.

Hal itu disampaikan Andika kepada wartawan usai menjadi pembicara dalam penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (9/8/2019).

Andika menuturkan, pihaknya ingin proporsional dalam memeriksa calon prajurit taruna akademi TNI, termasuk Enzo.

Upaya ini dilakukan untuk mencari fakta sebenarnya.

Pihaknya tak ingin mengadili seseorang namun tanpa disertai bukti yang cukup.

"Jadi kita ingin proporsional, kita ingin ilmiah, karena semuanya harus dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Kini pihak TNI masih menunggu proses pemeriksaan berbasis saintifik yang akan diterapkan ke calon prajurit taruna akademi TNI.

Setelah hasil pemeriksaan keluar pihak TNI akan mengambil tindakan yang diperlukan.

"Itu (keputusan akhir) kita lihat nanti setelah ada hasilnya dulu. Rencananya dalam waktu dekat, sehari-dua hari ini kita akan lakukan itu (pemeriksaan saintifik). Bukan hanya kepada dia, tetapi kepada semua yang ada di sana (Akmil)," pungkas dia.

"Kan kita nggak boleh berpretensi, kita harus ada praduga tidak bersalah. Kita tidak melihat orangtua (dari Enzo) atau siapa, tetapi yang penting dirinya," kata Andika di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).

"Dalam pemeriksaan parameter tes yang kami lakukan, yang bersangkutan oke. Tapi kami juga memahami mungkin ada pendalaman, jadi kita akan lakukan terhadap semuanya bukan hanya kepada dia, dan ini akan melengkapi dari hasil awal," lanjutnya.

Andika menuturkan, pendidikan yang akan ditempuh calon prajurit taruna di Akmil adalah empat tahun. Oleh karenanya, lanjut Andika, sebenarnya masih banyak waktu bagi internal TNI untuk mengukur kemampuan dan integritas calon prajurit tersebut.

Namun karena tak ingin kecolongan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pemeriksaan saintifik ke seluruh calon prajurit taruna akademi TNI, termasuk Enzo. Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan tudingan yang diarahkan ke Enzo.

"Kita lihat (hasil pemeriksaan) nanti Mas. Karena hasilnya kan belum ada, lebih baik kita lihat hasilnya nanti gimana. Siapa tahu dia (Enzo) bagus, kan kita belum tahu nih. Jadi hipotesis ini kita tunggu saja dulu," tuturnya.

Pihak TNI, kata Andika, sebenarnya sudah memanfaatkan media sosial untuk melihat calon prajurit taruna di Akmil. Hanya saja hasil penelusuran di media sosial tidak dijadikan satu-satunya acuan, karena pihaknya juga mempertimbangkan aspek lain.

"Itu pasti, (media sosial) pasti menjadi bahan, salah satu bahan penilaian kami. Walaupun itu juga kan tidak bisa serta-merta kemudian membuat justment atau penilaian kita terhadap yang bersangkutan. Itu salah satu variabel saja," kata Andika.

Ketika ditanya soal 3% anggota TNI terpapar radikalisme dan sikapnya tak Pancasilais lagi meminta para jurnalis bertanya ulang kepada Ryamizard terkait pernyataan itu.

"Itukan (pernyataan) dari Menteri Pertahanan, mungkin sebaiknya Mas tanya beliau. Karena beliau yang membuat statement," ujar Andika.

Menurutnya institusi TNI selalu melakukan pengawasan secara berkala ke para prajuritnya. Upaya itu dilakukan untuk membentengi anggota dari paham-paham yang tak sejalan dengan Pancasila.

"Jadi bukannya kami kemudian tidak melakukan apa-apa. Terus pembinaan satuan itukan berlangsung terus. Artinya ya setiap hari (dilakukan pengawasan dan pembinaan), setiap saat, sepanjang tahun," tegas Andika.

Diberitakan sebelumnya, nama Enzo belakangan menuai kontroversi karena yang bersangkutan dikaitkan dengan HTI.

Terkait hal tersebut, Mantan Ketua MK Mahfud MD menuding institusi TNI kecolongan.

"(TNI) kecolongan menurut saya," kata Mahfud kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).

"TNI itukan lembaga yang dikenal ketat ya, dikenal ketat tahu rekam jejak, kakeknya (Enzo) siapa, kegiatannya apa, ternyata ini lolos di Akmil. Sampai diberi penghargaan kehormatan khusus oleh Panglima, diajak wawancara khusus," lanjutnya.

sumber: detik.com


Name

Berita,4251,HUMOR,1,Internasional,55,Nasional,4238,News,50,OPINI,67,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: KASAD Jawab Tudingan Mahfud MD Yang Menyebut TNI Kecolongan Lantaran Loloskan Enzo
KASAD Jawab Tudingan Mahfud MD Yang Menyebut TNI Kecolongan Lantaran Loloskan Enzo
https://1.bp.blogspot.com/-xGLzmWJIbCw/XU113-UwphI/AAAAAAAAaPE/__y0KEbcJzswmB1fD6RZDSuEnYRq8GP5QCLcBGAs/s640/dilantik-jadi-ksad-ini-senior-senior-yang-disalip-andika-perkasa-GdM.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xGLzmWJIbCw/XU113-UwphI/AAAAAAAAaPE/__y0KEbcJzswmB1fD6RZDSuEnYRq8GP5QCLcBGAs/s72-c/dilantik-jadi-ksad-ini-senior-senior-yang-disalip-andika-perkasa-GdM.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kasad-jawab-tudingan-mahfud-md-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kasad-jawab-tudingan-mahfud-md-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy