$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tolak Pengajian Gus Muwafiq, Pengasong Khilafah Bercelana Cingkrang Serbu Kantor PCNU Solo, Bentrokan Akhirnya Pecah

INDONESIAKININEWS.COM -  Sejumlah ormas Islam Solo terlibat bentrok di depan Kantor PCNU Solo Jalan Honggowongso, Kelurahan Jayengan, Ke...



INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah ormas Islam Solo terlibat bentrok di depan Kantor PCNU Solo Jalan Honggowongso, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/12/19). 

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. 

Peristiwa tersebut bermula saat puluhan massa ormas Islam pulang menggelar aksi unjuk rasa menuntut agar KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq diproses hukum dalam kasus penistaan agama di Polresta Surakarta, dan mereka pulang lewat kantor PCNU. 

Massa ormas Islam datang dari utara menuju ke selatan. Setibanya di Kantor PCNU Solo mereka terlibat adu mulut dengan massa yang sebelumnya telah berjaga-jaga di depan kantor. 

Mereka terlibat adu mulut serta terlibat bentrok saling lempar batu dan kayu. 

Bentrokan hanya berlangsung sebentar setelah ratusan anggota Brimob dan Dalmas Polresta Surakarta tiba di lokasi. Polisi lalu membubarkan massa.

"Saya lihat massa Ormas Islam datang mengendarai sepeda motor lewat di kantor PCNU. Kedua massa dari NU dan ormas Islam langsung terlibat bentrok lempar-lemparan ba*u dan kayu," ujar saksi mata, Wawan (48) kepada kumparan. 

Bentrokan kedua massa, kata dia, hanya berlangsung sekitar lima menit. Polisi datang langsung memukul mundur kedua massa. 

"Warga banyak yang lari sembunyi takut terkena lemparan batu. Awalnya adu mulut terus terjadi bentrokan," kata dia. 

Ketua PCNU Solo, Mashuri, membenarkan adanya kasus yang melibatkan antara Banser dan Pagar Nusa yang berjaga di kantor PCNU dengan ormas Islam. 

"Ini hanya salah paham saja. Tiba-tiba ada orang datang depan kantor PCNU Solo langsung terlibat bentrokan," kata dia.

Mashuri meminta kepada siapa pun yang tidak terima dengan ucapan Gus Muwafiq yang dianggap kontroversial silakan ambil langkah hukum. 

Gus Muwafiq sudah meminta maaf secara terbuka ke publik. 

"Kalau masih tidak terima silakan ambil langkah hukum. Negara ini negara hukum," kata dia. 

Humas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Endro Sudarsono, mengatakan ada massa yang ikut demo terkait kasus penistaan agama melibatkan Gus Muwafiq di Polresta Surakarta. Kemudian aksi unjuk rasa membubarkan diri.

"Ya kalau ada aksi bentrok itu bukan dari DSKS. Saya tidak tahu, sebelumnya sudah diimbau agar pulang tidak lewat di dekat Kantor PCNU Solo karena sudah ada gerakan massa banyak di situ," kata Endro.

Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi mengatakan gesekan terjadi akibat salah paham. Ratusan anggota diturunkan di lokasi kejadian untuk mengamankan situasi. 

'Kita masih jaga ketat kantor PCNU Solo sebagai upaya antisipasi adanya bentrokan susulan," kata Iwan

Sementara itu, akun twitter Wagiman Deep (Habeib Selow) ikut mengomentari kejadian bentrok di depan PCNU solo siang ini 


"Massa kadrun geruduk NU Center di balekambang Surakarta terkait dgn kdatangan Gus Muwafiq Besok terkait acara di PonPes Al Muayyad..Tapi saat ini Banser dan aparat sudah mampu Jaga keadaan dgn kondusip..alhamdulilah#FPIPublicEnemy" tulis akun twitter Wagiman Deep (Habeib Selow) 

S: kumparan


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tolak Pengajian Gus Muwafiq, Pengasong Khilafah Bercelana Cingkrang Serbu Kantor PCNU Solo, Bentrokan Akhirnya Pecah
Tolak Pengajian Gus Muwafiq, Pengasong Khilafah Bercelana Cingkrang Serbu Kantor PCNU Solo, Bentrokan Akhirnya Pecah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioLleqCKLSZdG1Np1necDwaFB06dg2xzTcEU67ULMbKi_UkrIM7ilMBxzsq2iOopizcOxt1zIJfWoa0ErIIOZo-dpWO7CxyUAlDOSR3Cnwpi7Tcwg0_CKBop7QzGYoFd0XUPnj7IOaons/s640/7663fb73-fdd7-4288-a8a9-bc6bcd538850.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioLleqCKLSZdG1Np1necDwaFB06dg2xzTcEU67ULMbKi_UkrIM7ilMBxzsq2iOopizcOxt1zIJfWoa0ErIIOZo-dpWO7CxyUAlDOSR3Cnwpi7Tcwg0_CKBop7QzGYoFd0XUPnj7IOaons/s72-c/7663fb73-fdd7-4288-a8a9-bc6bcd538850.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/12/tolak-pengajian-gus-muwafiq-pengasong.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/12/tolak-pengajian-gus-muwafiq-pengasong.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy