$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Balai Pertemuan Yang Dijadikan Tempat Ibadah Umat Muslim Di Minahasa Utara Dirusak Massa, Polda Sulut Ungkao Fakta Ini

INDONESIAKININEWS.COM -  Video yang menunjukkan sejumlah orang merusak ruangan yang disebut sebagai musala di Perumahan Griya Agape De...



INDONESIAKININEWS.COM - Video yang menunjukkan sejumlah orang merusak ruangan yang disebut sebagai musala di Perumahan Griya Agape Desa Tumaluntung, Kauditan, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), viral di media sosial. Seperti apa fakta sebenarnya?

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast mengatakan peristiwa perusakan itu benar terjadi. 

Namun, kata Kombes Jules, yang dirusak bukanlah musala.

"Bukan perusakan masjid atau musala. Itu perusakan balai pertemuan. Itu sebenarnya balai pertemuan umat muslim di Perum Griya Agape, Desa Tumalunto, Kauditan, Minahasa Utara," kata Kombes Jules ketika dimintai konfirmasi, Kamis (30/1/2020).

Soal masalah balai pertemuan yang dijadikan musala di Perumahan Griya Agape ini sebenarnya bukan masalah baru. 

Pada Juli 2019, ibadah umat Islam di balai pertemuan itu dihentikan kepala desa karena tak mengantongi izin. 

Tempat itu berizin balai pertemuan, bukan musala.

Kembali ke peristiwa yang terjadi baru-baru ini, perusakan terhadap balai pertemuan itu terjadi Rabu (29/1) kemarin, sekitar pukul 18.20 Wita. 

Awal kejadian, warga sekitar mendatangi balai pertemuan itu untuk menanyakan perizinan sebagai tempat ibadah.

"Memang datang warga masyarakat, dari sekitar Perum Griya Agape ke balai pertemuan umat muslim Al Hidayah, menanyakan terkait perizinan tempat ibadah tersebut. 

Namun dari warga yang ada di balai pertemuan tersebut terjadi perdebatan dan tidak bisa menunjukkan perizinan karena itu memang belum ada izin menjadi tempat ibadah, karena itu memang bukan tempat ibadah," tutur Kombes Jules.

Perdebatan antara warga dan pengurus balai menghangat hingga akhirnya terjadi perusakan. 

Setelah perusakan, lalu digelar rapat antara Forkompimda Minahasa Utara dan Sulut.

Hasil pertemuan itu adalah:

- Surat perizinan tempat pertemuan menjadi tempat ibadah akan dilakukan pengurusan secara resmi, diproses oleh Pemkab Minahasa Utara.

- Jika perizinan sudah lengkap, bupati akan menandatangani perizinan.

- Akan dilakukan perbaikan di balai pertemuan umat Islam oleh masyarakat, termasuk TNI-Polri akan membantu.

- Sambil menunggu perizinan, sementara umat Islam di lingkungan tersebut beribadah di rumah masing-masing.

Soal perusakan, polisi tetap akan memproses hukum. Sudah ada seorang warga yang diduga provokator.

"Dia diduga memprovokasi dan melakukan perusakan. Setelah cukup bukti dan lain-lain, kita akan memproses juga pelaku lainnya. Proses itu kami lakukan. 

Kita tidak melihat itu tempat apa, tapi intinya terjadi perusakan diduga pelakunya lebih dari satu, tersangka lain akan dilakukan upaya penangkapan jika sudah bukti," ujar Kombes Jules seraya menegaskan Laskar Manguni Indonesia tak terkait dengan perusakan itu.

"Kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpancing dengan isu-isu provokasi yang berkembang. Sampai saat ini situasi kondusif," pungkas Kombes Jules.

S. Detik 


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Balai Pertemuan Yang Dijadikan Tempat Ibadah Umat Muslim Di Minahasa Utara Dirusak Massa, Polda Sulut Ungkao Fakta Ini
Balai Pertemuan Yang Dijadikan Tempat Ibadah Umat Muslim Di Minahasa Utara Dirusak Massa, Polda Sulut Ungkao Fakta Ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_wVSFv9r2iG8rt8T_DYMxHlyKl_8Ll3q3ZGjlQm-gdmDctXYzwsdhoT4vQaVlejQ5qaZoH9LTVZx8lMYh-_C56fSyk7nXFPDqo-9MvXlVf8Aj2YFxjSvk08s6L-cMapP9QYAOWtICtKk/s640/dd8c8483-05fc-4381-98be-65e93a5bb44f.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_wVSFv9r2iG8rt8T_DYMxHlyKl_8Ll3q3ZGjlQm-gdmDctXYzwsdhoT4vQaVlejQ5qaZoH9LTVZx8lMYh-_C56fSyk7nXFPDqo-9MvXlVf8Aj2YFxjSvk08s6L-cMapP9QYAOWtICtKk/s72-c/dd8c8483-05fc-4381-98be-65e93a5bb44f.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/balai-pertemuan-yang-dijadikan-tempat.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/balai-pertemuan-yang-dijadikan-tempat.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy