$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jelang Imlek, Tokoh Tionghoa Semarang Ini Minta Agar Warga Tionghoa Indonesia Lebih Toleran & Jangan Lagi Menutup Diri

harjanto halim tokoh tionghoa semarang ( berbaju merah) INDONESIAKININEWS.COM -  Akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa sebagai budaya ...

harjanto halim tokoh tionghoa semarang ( berbaju merah)


INDONESIAKININEWS.COM - Akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa sebagai budaya lokal di Semarang telah berlangsung lama dan menghasilkan harmoni tersendiri di kota itu. 

Semua itu, kata Harjanto Halim, merupakan proses yang secara terus-menerus diperjuangkan tanpa jeda dan tanpa putus asa.

"Akulturasi akan menghasilkan harmoni bila semua pihak saling membuka diri," kata Harjanto yang juga Ketua Perkumpulan Sosial Boen Hian Tong di Semarang 

Sekalipun demikian, ia melanjutkan, pihak minoritas ada baiknya untuk lebih membuka diri dan bersikap toleran. 

Rumus tersebut berlaku sama di semua negara.

Karena itu bagi etnis Tionghoa di Indonesia, kata Ketua Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata (Kopi Semawis) itu, tak bisa lagi berlindung di balik trauma masa Orde Baru untuk mempertahankan eksklusifisme dan tertutup. 

Sebab Orde Baru sudah 20 tahun berlalu, dan iklim reformasi harus diakui lebih demokratis.

"Sekali lagi, bila berkaca ke negara-negara maju pun akulturasi yang harmonis itu harus diperjuangkan bersama-sama. Jangan putus asa," ujar Harjanto Halim.

Dia mengaku sejak awal reformasi berupaya melanjutkan tradisi orang tuanya untuk senantiasa membaur dengan masyarakat lokal. 

Untuk memperkuat dan memperluas jangkauan dia melakukannya lewat Kopi Semawis. 

Komunitas ini biasa menggelar perayaan imlek dengan melibatkan masyarakat luas dalam bentuk bazar.

"Kami menutup jalan di Pecinan untuk menggelar bazar dan berbagai pertunjukkan. Peserta dan peminatnya semua masyarakat, bukan cuma dari etnis Tionghoa," kata Harjanto Halim.

Selain itu, Kopi Semawis juga menggelar acara basuh kaki orang tua oleh anak-anak mereka. 

Peserta untuk mengikuti tradisi yang baru kembali digelar ini juga lumayan banyak.

"Bahkan ada teman saya yang muslimah dan berjilbab ikut acara ini. Banyak orang tua yang menangis mendapat perlakuan semacam itu," ujarnya.

Selain imlek, karena merasa lahir dan besari di lingkungan budaya, pengelola usaha Marimas (produsen minuman segar) itu juga biasa menggelar kenduri setiap malam satu Syuro yang merupakan tradisi Jawa. 

"Buat saya, saya menikmati kok. Dan menjadi Indonesia itu sebenarnya tidak sulit kok," ujarnya.

Tak cuma itu. Sebagai rasa syukur, terima kasih, dan penghormatan terhadap KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bersama masyarakat Semarang setiap tahun menggelar haul untuk Gus Dur.

"Kemarin kami merayakannya antara lain dengan diskusi buku Pecinan di Pecinan karya Tedi Kholiludin," ujarnya.

S: detik


Name

Berita,7940,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7838,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jelang Imlek, Tokoh Tionghoa Semarang Ini Minta Agar Warga Tionghoa Indonesia Lebih Toleran & Jangan Lagi Menutup Diri
Jelang Imlek, Tokoh Tionghoa Semarang Ini Minta Agar Warga Tionghoa Indonesia Lebih Toleran & Jangan Lagi Menutup Diri
https://1.bp.blogspot.com/-JmCGX9wYkgY/XipdNC6WQsI/AAAAAAAAd9o/xBbS247ziYg9BdJtsXXERwQZLlI5Z7JbACLcBGAsYHQ/s640/b6251367-15de-4cd5-9600-9713bceb982f.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JmCGX9wYkgY/XipdNC6WQsI/AAAAAAAAd9o/xBbS247ziYg9BdJtsXXERwQZLlI5Z7JbACLcBGAsYHQ/s72-c/b6251367-15de-4cd5-9600-9713bceb982f.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/jelang-imlek-tokoh-tionghoa-semarang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/jelang-imlek-tokoh-tionghoa-semarang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy