$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Walikota Jakarta Utara Katakan Beberapa Wilayah Sengaja Digenangkan, Begini Alasannya

Foto: Tempo INDONESIAKININEWS.COM -  Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Sigit Wijatmoko mengatakan ada beberapa wilayah yang sengaja digen...

DPRD DKI Jakarta saat menyidak Rumah Pompa Teluk Gong, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin, 13 Januari 2020. TEMPO/Lani Diana
Foto: Tempo

INDONESIAKININEWS.COM - Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Sigit Wijatmoko mengatakan ada beberapa wilayah yang sengaja digenangkan untuk penyimpanan air sementara. Genangan itu ada di Marunda, Kebantenan, Rorotan, dan Semper Timur.

"Tentu kan kita bicara ini bagian dari usaha kita memang ada beberapa wilayah yang sengaja kita genangkan, kita bicara kayak daerah Kebantenan yang relatif memang tidak ada warga di sana, kita gunakan sebagai area yang digenangkan untuk menampung sampai nanti kita melakukan pompa," ujar Sigit di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020). 

Sigit menjawab pertanyaan, 'dengan kondisi rob, bagaimana cara meyakinkan warga bahwa daerah Utara cepat surut dan antisipasi banjir bisa lancar'.

"Jadi daerah-daerah yang masih terbuka yang mungkin menjadi tempat penyimpanan air sementara itu kita genangkan," dia menambahkan.

Ini Titik-titik Banjir dan Genangan di Jakarta, Terbanyak di Jakut
Sigit mengatakan ada tiga wilayah yang menjadi titik genangan sementara selain Kebantenan, yaitu Marunda, Rorotan, dan Semper Timur.

"Di daerah Marunda kita ada, kemudian juga di daerah Rorotan, Semper Timur, itu kita memang sengaja genangi. Lahan kosong, hutan kota atau area TPU yang belum digunakan, " ucapnya.

Selain itu, Sigit menyebut pihaknya mengusulkan untuk revitalisasi embung. Revitalisasi itu berupa pengerukan maupun pembangunan embung baru.

Sigit menyebut dia juga akan menggandeng industri pergudangan yang ada di Jakarta Utara untuk menginvestasikan pompa di wilayah tersebut. Jadi, dia juga meminta perusahaan tersebut mengalirkan air ke saluran penampungan sementara. 

"Ada beberapa embung yang kita usulkan untuk bisa dilakukan revitalisasi. Baik itu pengerukan embung maupun beberapa wilayah yang udah dibebaskan dan belum dibangun embung itu di Semper Barat di Cilincing kita kerjakan itu," tutur Sigit.

"Kemudian langkah konkretnya bagaimana meminta industri pergudangan maupun industri besar yang mereka investasikan pompa untuk mengatasi genangan di wilayahnya itu tidak langsung spontan menggunakan pompanya, membuang air pada saluran-saluran yang ada," jelasnya.

"Kita sedang coba diskusi dengan mereka bagaimana air itu untuk sementara waktu bisa ditampung di tempatnya kemudian baru dipompa sehingga volume di saluran itu bisa kita kontrol," imbuhnya.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah daerah dilaporkan tergenang. Berdasarkan data BPBD Jakarta, genangan paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Utara.

S. Detik 


Name

Berita,7232,HUMOR,3,Internasional,129,Nasional,7142,News,57,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Walikota Jakarta Utara Katakan Beberapa Wilayah Sengaja Digenangkan, Begini Alasannya
Walikota Jakarta Utara Katakan Beberapa Wilayah Sengaja Digenangkan, Begini Alasannya
https://statik.tempo.co/data/2020/01/13/id_905634/905634_720.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/walikota-jakarta-utara-katakan-beberapa.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/01/walikota-jakarta-utara-katakan-beberapa.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy