$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Aparat Kepolisian dan Warga Bentrok karena Tolak Pemakaman Jenazah Pasien Corona

foto: nusantaratv INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah warga di daerah miskin Ibu Kota Honduras, Tegucigalpa, bentrok dengan polisi antihur...

foto: nusantaratv

INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah warga di daerah miskin Ibu Kota Honduras, Tegucigalpa, bentrok dengan polisi antihuru-hara, Kamis (7/5/2020) waktu setempat.

Bentrokan terjadi lantaran para penduduk itu menolak pemakaman seseorang yang diduga meninggal akibat virus corona (Covid-19).

Sampai hari ini, negara Amerika Tengah itu telah melaporkan 1.461 kasus infeksi virus corona.

Kebanyakan kasus infeksi itu terdapat di Kota Tegucigalpa. Sementara, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di Honduras sejauh ini adalah 99 jiwa.

Menurut warga, permukiman mereka kekurangan sanitasi yang memadai untuk pemakaman.

Kondisi tersebut menjadi salah satu alasan mereka menolak pemakaman pasien Covid-19 di lingkungan mereka.

Polisi antihuru-hara pun menembakkan gas air mata ketika warga yang bersenjatakan batu membakar ban dan memblokade jalan menuju Pemakaman Amor Eterno, di permukiman La Era, Tegucigalpa. Selain dengan batu, warga juga melemparkan benda-benda lainnya ke arah aparat keamanan.

“Di sini tak ada air. Kami kelaparan tetapi mereka malah membawakan kami penyakit dan orang meninggal. Kami tidak akan mengizinkan mereka (dimakamkan di sini). Kami takut,” kata seorang perempuan kepada stasiun TV lokal seperti dikutip Reuters, Jumat (8/5/2020).

Raul Mejia, yang memimpin pasukan kepolisian, mengatakan kepada stasiun TV yang sama bahwa dia para personelnya telah diperintahkan untuk mundur.

“Kami tak ingin membahayakan warga,” ujarnya. Mejia pun menuturkan, seharusnya ada pemakaman yang terpisah bagi pasien Covid-19.

Saat ini, Pemerintah Honduras memberlakukan jam malam sejak pertengahan Maret.

Seluruh sekolah, universitas, layanan publik nonesensial, dan bisnis swasta di negara itu ditutup untuk menekan penyebaran pandemi corona.

Langkah pembatasan tersebut dijadwalkan berakhir pada 17 Mei ini.

Insiden berulang

Pada Senin (4/5/2020) lalu, ratusan orang lainnya di Honduras juga memblokir jalan raya untuk mencegah pemakaman pasien Covid-19 di dekat lingkungan mereka.

Pada waktu itu, ada sekitar 300 penduduk dari 20-an kawasan permukiman menggelar aksi protes.

Massa tersebut—yang juga bersenjatakan batu-batu besar—membakar ban dan ranting-ranting kayu untuk memblokir jalan raya di perbatasan Kota Tegucigalpa dan Afdeling Olancho.

Polisi anti-huru-hara pun akhirnya bergerak untuk menyapu para demonstran dan membuka blokir jalan tersebut.

Wakil Menteri Kesehatan Honduras, Roberto Cosenza mengatakan, insiden semacam itu bakal menjadi semakin umum di negaranya.

Di beberapa wilayah Honduras, penduduk setempat bahkan bergabung dengan aparat keamanan untuk mencegah iring-iringan pemakaman melewati lingkungan mereka.

“Kerabat pasien harus mencoba menemukan tempat yang tepat untuk menguburkan jenazah,” kata Cosenza dikutip AFP.

Dalam beberapa kasus, ada pula keluarga sendiri yang justru menolak menerima jenazah korban virus corona dari kamar mayat, meskipun jasad korban itu telah dibungkus plastik.

“Petugas Dinas Kesehatan akhirnya yang harus pergi ke pemakaman untuk menguburkan jenazah itu,” tutur Cosenza.

Sumber: inews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Aparat Kepolisian dan Warga Bentrok karena Tolak Pemakaman Jenazah Pasien Corona
Aparat Kepolisian dan Warga Bentrok karena Tolak Pemakaman Jenazah Pasien Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK6Cqd9SjELxmyZId1sOIeNdGcyPtAGOy8cEWwEmYYQe2DVKzxGhlueiywxCPQ10G16ukheGbZVscVK08NiwUMrTpQ5Vcc_p7OXoXuqgLuxxtjoDwfm5LZ11iFTBSO4FvtUcGiUqB1E3Y/s640/images+%252810%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK6Cqd9SjELxmyZId1sOIeNdGcyPtAGOy8cEWwEmYYQe2DVKzxGhlueiywxCPQ10G16ukheGbZVscVK08NiwUMrTpQ5Vcc_p7OXoXuqgLuxxtjoDwfm5LZ11iFTBSO4FvtUcGiUqB1E3Y/s72-c/images+%252810%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/aparat-kepolisian-dan-warga-bentrok.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/aparat-kepolisian-dan-warga-bentrok.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy