$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Media Asing Soroti Polemik Anies Mirip Gubernur New York

foto: cnbcindonesia INDONESIAKININEWS.COM -  Surat kabar Australia, Sydney Morning Herald, mengulas tentang perbandingan antara polemik...

foto: cnbcindonesia

INDONESIAKININEWS.COM - Surat kabar Australia, Sydney Morning Herald, mengulas tentang perbandingan antara polemik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur New York, Andrew Cuomo, dalam penanganan wabah virus corona.

Cuomo kerap berbeda pendapat dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terkait penanganan virus corona.

Artikel yang ditulis James Massola itu menyebut, Anies dan Andrew harus bekerja cepat menangani virus corona dan berhadapan dengan para presiden yang dinilai lambat dalam menghadapi pandemi ini.

"Keduanya juga dipuji untuk pekerjaan mereka mencoba menyelamatkan hidup di kota-kota padat penduduk. Jakarta memiliki populasi sekitar 10 juta, sementara New York memiliki 8,3 juta," tulis James, seperti dikutip pada Jumat (8/5).

Dalam sebuah wawancara dengan Sydney Morning Herald dan The Ages, Anies menyatakan bahwa pada 6 Januari setelah mendengar kasus pertama virus corona di Wuhan, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan seluruh rumah sakit di Jakarta dan menyediakan nomor hotline di 190 rumah sakit di Jakarta.

Saat itu mereka baru menyebut kasus pneumonia Wuhan.

Dalam wawancara itu, Anies menyebut jika kasus Pneumonia Wuhan jumlahnya terus meningkat pada Januari dan Februari.

Kemudian ia segera memutuskan agar seluruh jajarannya bersiap menghadapi virus corona.

"Dan ketika jumlahnya terus bertambah, saat itu kami tidak diizinkan untuk melaksanakan tes. Jadi, ketika ada kasus baru, kami mengirim sampel ke laboratorium nasional (pemerintah pusat)," kata Anies dalam wawancara itu.

"Kemudian, laboratorium nasional akan menginformasikan apakah hasilnya positif atau negatif. Pada akhir Februari, kami bertanya-tanya, kenapa seluruh hasil tesnya negatif," lanjutnya.

Anies kemudian memutuskan untuk menyampaikan kepada publik dan mengatakan bahwa pihaknya telah memantau sejumlah kasus tersebut.

Namun, saat itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyangkal ucapan Anies.

Padahal, sepanjang Januari hingga Februari, Menteri Terawan berulang kali menyangkal bahwa Indonesia memiliki kasus virus corona, meskipun banyak bukti yang bertentangan.

Sementara itu, seiring berjalannya waktu, Presiden Jokowi akhirnya mengakui pemerintah menahan informasi terkait virus corona untuk menghindari kepanikan di tengah masyarakat.

Anies, dalam artikel SMH tersebut, juga membantah laporan pemerintah pusat yang menyebut bahwa Indonesia telah melalui kondisi terburuk terkait virus corona.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga tak ingin sesumbar, seperti pemerintah pusat yang menyatakan bahwa kehidupan masyarakat akan kembali normal pada Juni atau Juli.

"Kenapa saya tidak mau memprediksi? Karena saya melihat data, itu tidak mencerminkan akan segera berakhir. Itu yang dikatakan oleh epidemiologis. Ini adalah saat-saat para pembuat kebijakan mempercayai sains," ujar Anies.

Anies juga menyatakan frustrasi dengan sikap pemerintah pusat, terlebih dengan Menkes Terawan karena masalah transparansi data.

"Dari sisi kami, transparan dan memberitahu masyarakat apa yang harus dilakukan untuk memberikan rasa aman. Tetapi, Kementerian Kesehatan merasakan sebaliknya, bahwa transparansi akan membuat panik," jelas Anies.

Hingga Jumat (8/5), tercatat ada 4.901 kasus positif virus corona di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 431 meninggal dan 763 lainnya telah sembuh.

Sumber: cnnindonesia


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Media Asing Soroti Polemik Anies Mirip Gubernur New York
Media Asing Soroti Polemik Anies Mirip Gubernur New York
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj3SKDyO8VD3kCc57WFu6eS_DisPP8E4dT6dHYYKVhWSpChkvfKMtnopdHxWoEWv6_kO6J36S-Y1pgiQzN0CarMRnN24eAuQoJzZD9C7bNXyGsSRu9s0Nzb-ak5AJVc4JeEHl6_6qAJEg/s640/images+%25289%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj3SKDyO8VD3kCc57WFu6eS_DisPP8E4dT6dHYYKVhWSpChkvfKMtnopdHxWoEWv6_kO6J36S-Y1pgiQzN0CarMRnN24eAuQoJzZD9C7bNXyGsSRu9s0Nzb-ak5AJVc4JeEHl6_6qAJEg/s72-c/images+%25289%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/media-asing-soroti-polemik-anies-mirip.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/media-asing-soroti-polemik-anies-mirip.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy