$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

CEK FAKTA! Benarkah Unggahan Yang Beredar di Media Sosial, Presiden Jokowi Meminta Maaf Kepada PKI? Simak Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -   Nitezen dikagetkan dengan beredarnya unggahan seseorang di akun Facebook dan unggahannya telah beredar di medi...



INDONESIAKININEWS.COM - Nitezen dikagetkan dengan beredarnya unggahan seseorang di akun Facebook dan unggahannya telah beredar di media sosial.

Akun tersebut bernama Rambo Tiger yang menggunggah foto Presiden Joko Widodo yang sedang memegang sebuah mic dan kertas di tangan kirinya.

Foto tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi yang memakai baju berwarna merah dengan lengan panjang yang dilipat sebagian, sedangkan disebelah bagian dada kanan terdapat logo palu arit.

Dalam unggahannya akun Facebook Rambo Tiger mengklaim Jokowi sebagai satu–satunya Presiden Republik Indonesia (RI) yang meminta maaf kepada PKI.

Berikut narasi lengkap yang diunggah akun Facebook Rambo Tiger

“TERJAWAB SUDAH KENAPA JOKOWI SEORANG PRESIDEN MEMINTA MAAF KEPADA KELUARGA PKI KOMUNIS , DARI KEMERDEKAAN RI 1945 BELUM PERNAH SEORANG PRESIDEN RI MEMINTA MAAF KEPADA PKI , BARU JOKOWI , TERNYATA PERMAINAN POLITIK BAPAK MEMINTA MAAF KE PADA ANAK2 NYA, MALING TERIAK MALING ????????????????,” tulis akun Facebook Rambo Tiger pada Minggu, 03 Mei 2020.

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Turn Back Hoax dan Facebook, didapatkan fakta yang berbeda.

Diketahui foto Presiden Jokowi yang diunggah oleh akun Facebook Rambo Tiger adalah saat ia melakukan kampanye sebagai Calon Presiden di Lapangan Mulyorejo, Malang, Jawa Timur pada Minggu, 30 Maret 2014.

Adapun unggahan foto akun Facebook Rambo Tiger mempunyai kemiripan dengan foto karya jurnalis nasional bernama Herman Zakaria.

Salah satunya dari kemeja yang digunakan Jokowi dengan bagian lengan yang dilipat sebagian.

Kemudian kesamaan berikutnya, yakni Presiden Jokowi juga memegang dua mic dengan di bagian leher mic terdapat lingkaran berwarna merah dan di ujung bawah bagian mic berwarna biru.

Letak perbedaan tampak jelas pada logo palu arit di bagian dada kemeja Jokowi.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dengan judul Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Minta Maaf kepada PKI? Simak Faktanya

Sedangkan, foto dari seorang jurnalis nasional memperlihatkan lambang merah putih di bagian dada sebelah kanan.

Klaim akun Facebook Rambo Tiger yang mengatakan Presiden Jokowi adalah satu-satunya Presiden RI yang meminta maaf kepada PKI adalah salah.

Pasalnya pada tahun 2015 dan 2016, Presiden Jokowi telah menegaskan tidak mempunyai pikiran dan rencana meminta maaf kepada PKI.

Bahkan, diketahui Polri juga pernah mengamankan pelaku penyebar isu Presiden Jokowi akan meminta maaf kepada PKI pada tahun 2015.

Dengan demikian, unggahan foto tersebut telah melalui proses penyuntingan dan keterangan yang menyertai unggahan dapat dipastikan salah.

Untuk itu, unggahan itu termasuk dalam kategori Manipulated Content atau Konten Manipulasi.

Sumber: pikiranrakyat


Name

Berita,8452,HUMOR,5,Internasional,150,Kesehatan,1,Nasional,8341,News,66,OPINI,73,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: CEK FAKTA! Benarkah Unggahan Yang Beredar di Media Sosial, Presiden Jokowi Meminta Maaf Kepada PKI? Simak Faktanya
CEK FAKTA! Benarkah Unggahan Yang Beredar di Media Sosial, Presiden Jokowi Meminta Maaf Kepada PKI? Simak Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-2J3lTI78KFY/XrFjoR7w7jI/AAAAAAAABkg/7As107sVJ3IMIeqVIHKtNV2fu5LJaBz6wCLcBGAsYHQ/s640/82b45f2f2d688ffa6fdc116d77f73105.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-2J3lTI78KFY/XrFjoR7w7jI/AAAAAAAABkg/7As107sVJ3IMIeqVIHKtNV2fu5LJaBz6wCLcBGAsYHQ/s72-c/82b45f2f2d688ffa6fdc116d77f73105.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/cek-fakta-beredar-unggahan-di-media.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/cek-fakta-beredar-unggahan-di-media.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy