$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Presiden Jokowi Luncurkan 55 Produk Alat Kesehatan Karya Anak Bangsa untuk Tangani Covid-19

foto: BPMI INDONESIAKININEWS.COM -  Sebanyak 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi anak bangsa diluncurkan pada hari ini oleh Pr...

foto: BPMI

INDONESIAKININEWS.COM - Sebanyak 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi anak bangsa diluncurkan pada hari ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Produk-produk tersebut ditujukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, terdapat sembilan produk unggulan yang beberapa di antaranya telah melalui uji klinis dan siap diproduksi secara massal.

Melalui video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada 20 Mei 2020, Presiden Jokowi memperlihatkan sejumlah produk riset tersebut yang dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta.

“Ini ventilator buatan dalam negeri yang sudah diproduksi. Ini bisa diproduksi kurang lebih 200. Kemudian ini yang kedua, ini juga sama (ventilator), sudah bisa diproduksi sampai 200 juga,” ujar Presiden memperlihatkan produk emergency ventilator.

Sebanyak tiga produk ventilator diperlihatkan oleh Presiden dalam video tersebut.

Dua di antaranya dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan (masing-masing) PT Len Industri dan PT Dharma Polimetal yang sudah siap diproduksi.

Sementara satu ventilator lainnya merupakan hasil pengembangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah melalui uji klinis dan siap diproduksi sebanyak 1.000 unit.

“Saya kira kalau kita memang kepepet itu semua bisa dilakukan. Itu dimulai sejak Covid Maret itu. Langsung bergerak dan ternyata kita bisa membuatnya sendiri, tidak usah impor,” kata Presiden.

Selain ventilator, ada pula RT-PCR test kit yang sudah dapat diproduksi sebanyak 100.000 unit dan dikembangkan oleh PT Bio Farma serta alat uji cepat (rapid test) yang merupakan pengembangan dari PT Hepatika Mataram, BPPT, Universitas Airlangga, serta Universitas Gadjah Mada yang juga siap diproduksi sebanyak 1.000 unit.

“Saya rasa ini menjadi sebuah kebanggaan kita karena bisa diproduksi di dalam negeri dan kalau memang nanti di dalam sudah mencukupi justru bisa kita ekspor ke negara lain,” tuturnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi, Rabu (20/5), meresmikan peluncuran produk-produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 yang merupakan hasil karya anak bangsa.

Peluncuran bertajuk “Kebangkitan Inovasi Indonesia” yang dilakukan secara virtual tersebut bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional yang turut menandai kebangkitan bidang sains dan teknologi nasional, utamanya di bidang kesehatan.

Presiden mengharapkan agar karya-karya dan riset yang dilakukan tak berhenti di laboratorium dan hanya berhenti sebagai purwarupa saja.

Riset-riset tersebut harus berbuah dan mampu berlanjut hingga tahap produksi massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan bahkan diekspor ke mancanegara.

Sumber: setkab


Name

Berita,5896,HUMOR,1,Internasional,104,Nasional,5836,News,54,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Presiden Jokowi Luncurkan 55 Produk Alat Kesehatan Karya Anak Bangsa untuk Tangani Covid-19
Presiden Jokowi Luncurkan 55 Produk Alat Kesehatan Karya Anak Bangsa untuk Tangani Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-NQ7y5Dd-LIQ/XsZAk3CEQ_I/AAAAAAAACJo/MFpPfYAtOw0yF4LhBEHISdsLHe3loD65QCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200521-WA0012.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NQ7y5Dd-LIQ/XsZAk3CEQ_I/AAAAAAAACJo/MFpPfYAtOw0yF4LhBEHISdsLHe3loD65QCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200521-WA0012.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/presiden-jokowi-luncurkan-55-produk.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/presiden-jokowi-luncurkan-55-produk.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy