$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Salahkan Petugas, MUI Jatim Bela Habib Umar Assegaf Yang Langgar PSBB, Kasusnya Minta Diselesaikan Secara Damai

foto: republika INDONESIAKININEWS.COM -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur membela Habib Umar Assegaf Bangil. MUI menyesalkan ...

foto: republika

INDONESIAKININEWS.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur membela Habib Umar Assegaf Bangil.

MUI menyesalkan kejadian cekcok antara Habib Umar Assegaf Bangil dengan petugas yang berjaga di pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Exit Tol Satelit pada Rabu (20/5/2020) sore.

Sekretaris MUI Jatim, Ainul Yaqin menyampaikan seharusnya aksi adu dorong petugas PSBB Surabaya dengan Habib Umar Assegaf Bangil itu tak harusnya terjadi.

Menurut Ainul, aparat yang bertugas saat itu seharusnya bisa lebih sabar dan mengendalikan diri melihat orang yang ditangani adalah seorang Habib dan sudah sepuh.

"Jadi kami sangat menyayangkan kejadian itu. Saya sendiri gak tahu persis kejadian sampai memukul Habib Umar, itu kan orang sepuh, seharusnya aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan," ujar Ainul saat dihubungi SuaraJatim.id, Kamis (21/5/2020).

Ainul menilai, aparat yang bertugas dilapangan kurang dalam membekali dirinya dalam menyikapi kemarahan yang dilakukan oleh Habib Umar Assegaf.

Keterampilan yang baik dalam human relation ketika terjadi konflik seperti ini sangat dibutuhkan.

"Kami selalu menyampaikan, aparat di lapangan itu harus dibekali dengan keterampilan yang baik di dalam human relation. Jadi harus pandai-pandai menyikapi masyarakat di dalam permasalahan seperti itu," jelasnya.

Persepsi masyarakat dalam penerapan PSBB yang sedang berlangsung di Surabaya, kata Ainul juga masih belum utuh.

Hal tersebut bisa memicu tambahan konflik bagi siapa saja yang melihat kejadian tersebut. Apalagi video cekcok itu kini sudah viral di media sosial.

"Jadi pertama persepsi masyarakat dalam persoalan PSBB masih belum utuh. Mestinya aparat di lapangan itu harus secara persuasif memberikan komunikasi dengan baik. Ini sangat dikhawatirkan terjadi konflik (tambahan)," kata dia.

Ainul menyarankan kepada aparat yang sedang bertugas dilapangan memiliki pembekalan dalam menangani masyarakat yang tak bisa menahan emosi ketika melakukan pelanggaran PSBB dengan cara yang persuasif dan komunikatif.

"Intinya, majelis ulama Indonesia memberikan rekomendasi agar aparat dilapangan dibekali human relation yang baik, pendekatan persuasif lebih mengena daripada represif," tuturnya.

Terkait konflik yang terjadi, pihak MUI Jatim sudah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah terutama aparat kepolisian untuk bisa melakukan mediasi agar tak terjadi konflik yang berkelanjutan.

"Karena itu kami tahu ada informasi itu kami langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah terutama kepolisian untuk melakukan mediasi. Jadi itu, semoga ini tidak menjadi persoalan yang melebar," pungkasnya.

Sumber: suara


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Salahkan Petugas, MUI Jatim Bela Habib Umar Assegaf Yang Langgar PSBB, Kasusnya Minta Diselesaikan Secara Damai
Salahkan Petugas, MUI Jatim Bela Habib Umar Assegaf Yang Langgar PSBB, Kasusnya Minta Diselesaikan Secara Damai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXi9Z719TYx62CwLv5GrQ0n6bizPpkyO8pOSMScESkVf3BGt2EXt0YXoDxeSTCjeqGI6cGPmvhr3S7-cR5HJMsMJUNmjKI0BBCc3F0sKvalSN9SRxf2W2nv00L5QiAQv2U6GksnY5Gjsc/s640/images+%252829%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXi9Z719TYx62CwLv5GrQ0n6bizPpkyO8pOSMScESkVf3BGt2EXt0YXoDxeSTCjeqGI6cGPmvhr3S7-cR5HJMsMJUNmjKI0BBCc3F0sKvalSN9SRxf2W2nv00L5QiAQv2U6GksnY5Gjsc/s72-c/images+%252829%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/salahkan-petugas-mui-jatim-bela-habib.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/salahkan-petugas-mui-jatim-bela-habib.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy