$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Cek Fakta: Benarkah Bapak Presiden Joko Widodo Merupakan Underbow PKI 1965?

INDONESIAKININEWS.COM -  Sebuah foto diklaim sebagai bapak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang asli. Dalam gambar tersebut terdapat kete...

Penjelasan Cek Fakta, foto asli merupakan Jendral Wang Zhen, bukanlah Widjiatno, ayah Jokowi (Turnbackhoax.id)

INDONESIAKININEWS.COM - 
Sebuah foto diklaim sebagai bapak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang asli. Dalam gambar tersebut terdapat keterangan "Underbow Pki 1965".

Klaim ini diunggah oleh akun Facebook Ko Hong Guan pada Selasa (28/7/2020).

Ia mengunggah foto hitam putih seorang pria yang tersenyum. Terdapat logo palu arit di kerah leher laki-laki itu.

Akun Facebook Ko Hong Guan pun memberi narasi seperti berikut.

“Akhirnya Bocor juga
A.1
Bpk-nya Jokowi yg asli.
Mirip Banget..!!!
Klw Cebong Ngebantah, Gua Gampar muka jelek-nya satu-satu.!!!”

Benarkah foto tersebut bapak Jokowi yang asli?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (29/7/2020), akun Facebook Ko Hong Guan yang menyebut foto di atas adalah bapak Jokowi yang asli merupakan klaim yang salah. Faktanya, pria dalam foto tersebut bukanlah Widjiatno, ayah Jokowi.

Pria dalam foto hitam putih itu diketahui bernama Jendral Wang Zhen. Ia merupakan figur politik Tiongkok dan salah satu dari Delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

Foto tersebut terdapat pada arsip perpustakaan University of Wisconsin di situs collections.lib.uwm.edu.

Wang Zhen lahir di Kabupaten Liuyang, Hunan, Tiongkok, 11 April 1908 – meninggal di Guangzhou, 12 Maret 1993 pada umur 84 tahun. Ia menjadi orang dekat Presiden Tiongkok berkuasa Li Xiannian yang menjabat 1982 hingga 1985.

Selain itu, foto Wang Zhen dalam postingan akun Facebook Ko Hong Guan juga dimanipulasi. Gambarnya ditambahi logo palu arit di kerah baju.

Penjelasan Cek Fakta, foto asli merupakan Jendral Wang Zhen, 

Menurut detik.com, Widjiatno Notomiharjo yang merupakan ayah Presiden Jokowi wafat pada tahun 2000 karena menderita penyakit hernia.

Tidak ada catatan bahwa Widjiatno pernah bergabung di militer atau Partai Komunis Indonesia (PKI). Latar belakangnya adalah pengusaha kayu.

Saat tragedi 1965, tetangga-tetangga Notomiharjo di kampung sebelah, Kampung Cinderejo, diciduk tentara karena terkait dengan PKI. Namun, keluarga Notomiharjo tidak ikut diciduk karena tidak ada bukti keterlibatan dengan PKI.

Sujiatmi, ibunda Jokowi juga mengenang ketika kampungnya diobrak-abrik tentara. Hatinya ciut melihat banyak tetangganya dibawa tentara.

Keluarga Jokowi tidak diciduk karena tak ada bukti keterlibatan dengan PKI maupun organisasi sayapnya.

"Tetangga sebelah kiri rumah saya dibawa ke Nusakambangan," tulis kesaksian Sujiatmi dalam buku berjudul Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi, Kisah Perempuan Pengajar Kesederhanaan karya Kristin Salmah dan Fransisca Ria Susanti.

Kesimpulan

Jadi, klaim yang disebarkan oleh akun Facebook Ko Hong Guan termasuk dalam termasuk dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

S. Suara 


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Cek Fakta: Benarkah Bapak Presiden Joko Widodo Merupakan Underbow PKI 1965?
Cek Fakta: Benarkah Bapak Presiden Joko Widodo Merupakan Underbow PKI 1965?
https://media.suara.com/pictures/original/2020/07/29/51755-penjelasan-cek-fakta-foto-asli-merupakan-jendral-wang-zhen-bukanlah-widjiatno-ayah-jokowi.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/cek-fakta-benarkah-bapak-presiden.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/cek-fakta-benarkah-bapak-presiden.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy