$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Foto Bung Karno Bersama Jenderal Soedirman & Ayah Habib Rizieq Jadi Buah Bibir Warganet, Begini Penjelasan dari Kominfo

INDONESIAKININEWS.COM -  Beberapa hari ini ada dua foto Bung Karno beredar dan menjadi viral di media sosial. Dalam foto itu disebut Bung Ka...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Beberapa hari ini ada dua foto Bung Karno beredar dan menjadi viral di media sosial. Dalam foto itu disebut Bung Karno berdiri dengan ayah dari Habib Rizieq Shihab, pemimpin FPI.

Foto itu diunggah di Facebook dengan keterangan yang menyebut objek gambar adalah Bung Karno, Jenderal Sudirman dan ayah Rizieq Shihab. Foto hitam-putih tersebut berlokasi di luar ruang, dengan posisi ketiga orang tersebut tidak menghadap kamera.

Narasi yang menyertai foto ini sebagai berikut:

“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?! Beliau adalah ayahandanya Habib Rizieq Shihab. Berita ini sengaja ditutupi sejarah oleh kompeni pemerintah penjajah saat itu yakni Belanda karena Khawatir umat Islam bersatu”

Lalu, benarkah objek foto tersebut adalah Presiden pertama RI Soekarno, Jenderal Sudirman, dan ayah Habib Rizieq Shihab?

Menurut kominfo.go.id, orang yang berdiri di tengah Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman itu bukanlah ayah Habib Rizieq Shihab.

Tokoh itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service sekaligus menjadi duta besar India untuk Indonesia saat itu. Foto itu diambil saat mereka berada di Magelang, pada 17 Agustus 1948. Mohammad Yunus Khan juga beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia, misalnya ke Jombang Jawa Timur, pada 1947, selain kunjungan pada 1948.

Selain Duta Besar India untuk Indonesia, Mohammad Yunus juga menjabat sebagai Duta Besar India untuk Turki, Irak, dan Spanyol.

Bung Karno pada detik-detik menjelang Proklamasi di rumah Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jl.Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Dari kiri ke kanan, M. Asad Shahab (jurnalis, bukan ayah Rizieq Shihab), Bung Karno, Muhamad Al Habsyi dan sedang yang paling kanan adalah M. Dhya Shahab. 

Foto kedua, Bung Karno foto bersama tiga orang, dan yang berada paling kiri sebelah Bung Karno, juga disebutkan sebagai ayah Habib Rizieq Shihab. Juga disebutkan, foto tersebut diambil di rumah ayah Habib Rizieq Shihab.

Padahal, foto ini diambil menjelang detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945, di rumah yang terletak di Jalan Pengangsaan Timur 56, Menteng, Jakarta, milik Saudagar keturunan Arab, Faradj bin Said bin Awadh Martak. Tidak ada ayah Rizieq Shihab yang bernama Hussein Shihap dalam foto ini. Sedang sosok paling kiri di sebelah Bung Karno adalah seorang jurnalis bernama M. Asad Shahab.

Di sebelah kanan Bung Karno adalah Muhamad Al Habsyi, sedang yang paling kanan adalah M. Dhya Shahab. Jadi faktanya memang tidak ada ayah Rizieq Shihab di antara kedua foto bersama Bung Karno itu. Dari dua foto di atas, yang disebut sebagai ayah Rizieq Shihab berbeda orang.

S. Fajar


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Foto Bung Karno Bersama Jenderal Soedirman & Ayah Habib Rizieq Jadi Buah Bibir Warganet, Begini Penjelasan dari Kominfo
Foto Bung Karno Bersama Jenderal Soedirman & Ayah Habib Rizieq Jadi Buah Bibir Warganet, Begini Penjelasan dari Kominfo
https://fajar.co.id/wp-content/uploads/2020/08/foto-pertama-dari-kiri-ke-kanan-bung-karno-dubes-india-untuk-indonesia-mohammad-yunus-khan-bukan-ayah-rizieq-shihab-dan-jenderal-sudirman-foto-itu-diambil-di-magelang-pada-17-agustus-1948-fotoiph-700x453.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/foto-bung-karno-bersama-jenderal.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/foto-bung-karno-bersama-jenderal.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy