$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pengadaan Toa Peringatan Banjir Habiskan Anggaran RP 4 M , Anies Kecele Banget & Akui Kemakan Promosi Perusahaan Jepang

INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru menyadari pengeras suara atau toa peringatan banjir di ibu kota tidak berj...



INDONESIAKININEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru menyadari pengeras suara atau toa peringatan banjir di ibu kota tidak berjalan efektif. 

Toa banjir bukan sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) seperti yang diagung-agungkan saat musim banjir lalu.

Saat musim banjir awal tahun 2020 ini, Pemprov DKI menggelontorkan Rp4 miliar untuk pengadaan toa tersebut.

"Ini bukan early warning system, ini toa. Kalau early warning system itu begini, kejadian air di Katulampa sekian, lalu dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, MRT, Satpol PP, seluruhnya itu tahu wilayah mana yang punya risiko. Jadi, sebelum kejadian kita sudah siap," ucap Anies dalam rapat virtual YouTube resmi Pemprov DKI, Jumat (7/8/2020).

Meskipun pengeras suara itu sudah dipasang di 15 kelurahan rawan banjir, namun orang nomor satu di Jaakrta itu merasa selama ini proses penanggulangan banjir DKI masih selalu gagap.

"Hari ini, kalau kejadian, seakan-akan ini banjir pertama. Kita menanganinya malah ad hoc. Padahal, tanah ini sudah puluhan tahun kena banjir," papar dia.

Anies menuturkan, pengadaan toa banjir yang sudah dipasang menunjukkan bahwa DKI hanya termakan promosi dari perusahaan Jepang.

"Ini (toa) adalah cara promosi (Jepang) paling bagus, hibah dulu habis itu pengadaan dan strategi mereka sukses. Lalu kita belanja terus ke Jepang," ujarnya.

Toa yang dipasang di Jepang, papar Anies memang cukup efektif lantaran bencana alam yang sering melanda Jepang adalah tsunami. 

Sebab, begitu ada tanda gempa, peringatan akan terjadinya tsunami harus segera diumumkan.

Beda dengan Jakarta. Masalah banjir, kata Anies, bisa diprediksi dari keadaan aliran air di hulu yakni Bogor, Jawa Barat.

"Kalau bendungan Katulampa sampai Jakarta berapa jam? Bisa diberi tahu pakai apa? Segala macam bisa. Perlu pengadaan? Enggak perlu," kata Anies.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI untuk tak lagi menggelontorkan anggaran untuk pengadaan toa banjir.

"Jangan diteruskan belanja (toa) ini. Toa ini sudah terlanjur ada, ya sudah dipakai. Tapi, tidak usah ditambah. lalu bangunnya sistem, jangan bangun toa seperti ini," tutupnya.

S: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pengadaan Toa Peringatan Banjir Habiskan Anggaran RP 4 M , Anies Kecele Banget & Akui Kemakan Promosi Perusahaan Jepang
Pengadaan Toa Peringatan Banjir Habiskan Anggaran RP 4 M , Anies Kecele Banget & Akui Kemakan Promosi Perusahaan Jepang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpC6rmd507ADOTLGV6bn1AoVU6yo1iGykMvLF8RI03Q-5DQ5juiiqBYYEHNPODRul3Fw9cVRLEC2pJXl1RMU_Wq_hOqHxLb7uUvA1FeodSo2ay0wX8gmBqLfb_keHc1uqZjofyRH0pnEc/s640/anies-banjir.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpC6rmd507ADOTLGV6bn1AoVU6yo1iGykMvLF8RI03Q-5DQ5juiiqBYYEHNPODRul3Fw9cVRLEC2pJXl1RMU_Wq_hOqHxLb7uUvA1FeodSo2ay0wX8gmBqLfb_keHc1uqZjofyRH0pnEc/s72-c/anies-banjir.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/pengadaan-toa-peringatan-banjir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/pengadaan-toa-peringatan-banjir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy