$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Susul Uni Emirat Arab, Sudan Hendak Berdamai & Jajaki Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

foto: unplash INDONESIAKININEWS.COM -  Pemerintah Sudan menyatakan mereka saat ini sedang dalam penjajakan untuk berdamai dan melakukan...

foto: unplash

INDONESIAKININEWS.COM - Pemerintah Sudan menyatakan mereka saat ini sedang dalam penjajakan untuk berdamai dan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Jika hal itu terjadi, maka Sudan bakal mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Sudan adalah anggota Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Sudan, Haidar Badawi Sadiq, menyatakan saat ini mereka memang memiliki pandangan untuk berdamai dengan Israel, dan membina hubungan yang setara dan sejalan dengan kepentingan Sudan.

"Kami ingin mencapai kesepakatan yang sejalan dengan kepentingan Sudan tanpa mengorbankan nilai-nilai dan prinsip yang kami usung," kata Sadiq, seperti dilansir Al-Monitor, Kamis (20/8).

Lihat juga: Israel Yakin Bahrain hingga Sudan Buka Hubungan Diplomatik
Sadiq juga menyatakan kesepakatan normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab dan Israel sebagai langkah berani.

Pernyataan Sadiq langsung ditanggapi oleh Menteri Luar Negeri Israel, Gabi Ashkenazi.

"Pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri Sudan memperlihatkan perubahan mendasar yang terjadi di Timur Tengah secara umum, dan di Sudan khususnya, setelah 53 tahun Konferensi Khartoum yang menyatakan Sudan tidak akan mengakui Israel sebagai negara," cuit Ashkenazi.

"Kegiatan diplomatik Israel yang dilakukan Kementerian Luar Negeri akan melanjutkan upaya membuka peluang seperti hubungan antara Israel dan Sudan," lanjut Ashkenazi.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, langsung merespon pernyataan Kemenlu Sudan.

"Israel, Sudan dan seluruh wilayah akan memetik keuntungan dari perjanjian damai, dan bersama-sama kita akan membangun masa depan yang lebih baik bagi para penduduk di kawasan itu. Kami akan melakukan segala hal yang diperlukan untuk mewujudkan ini menjadi kenyataan," kata Netanyahu.

Di masa lalu, Sudan menjadi perlintasan penyelundupan senjata dari Iran menuju Jalur Gaza. Pada 2012, Sudan menuduh Israel sengaja meledakkan pabrik senjata di Khartoum.

Akan tetapi, setelah Omar al-Bashir dikudeta, kebijakan Sudan berubah 180 derajat.

Pada Februari lalu, Netanyahu dilaporkan bertemu dengan Kepala Dewan Kedaulatan Sudan, Jenderal Abdel Fatah al-Burhan, secara diam-diam. Diduga Sudan tertarik dengan peralatan militer dan kemampuan intelijen Israel.

Sampai saat ini Sudan masih masuk di dalam daftar hitam Amerika Serikat, karena dinilai mendukung terorisme. Alhasil, mereka dijatuhi sejumlah sanksi.

Kemungkinan Sudan yang juga dalam kondisi krisis ekonomi berusaha keluar dari daftar itu dan mendapatkan bantuan dari AS, dengan cara melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Selain itu, Sudan juga tertarik dengan program pertanian dan manajemen air yang diterapkan Israel.

Akan tetapi, Pelaksana Tugas Menteri Luar Negeri Sudan, Omar Qamar al-Din Ismail, membantah kabar bahwa mereka sedang berunding dengan Israel. Dia juga mengklaim terkejut dengan pernyataan Sadiq.

Akan tetapi, menurut sumber, proses mediasi antara Sudan dan Israel sudah berlangsung berbulan-bulan.

UEA dan Israel sepakat melakukan normalisasi hubungan pada 13 Agustus. Sejumlah pihak, seperti Iran dan Otoritas Palestina, mengecam keputusan itu.

Sumber: cnnindonesia


Name

Berita,8528,HUMOR,5,Internasional,151,Kesehatan,1,Nasional,8416,News,66,OPINI,73,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Susul Uni Emirat Arab, Sudan Hendak Berdamai & Jajaki Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
Susul Uni Emirat Arab, Sudan Hendak Berdamai & Jajaki Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
https://1.bp.blogspot.com/-2mYf5_ftkac/Xz5xWmBU3bI/AAAAAAAAEbI/0mkLmVo5-gMIR0jbJ8yd-8k61yD0w6o9QCLcBGAsYHQ/s640/photo-1542743408-218cc173cda0.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2mYf5_ftkac/Xz5xWmBU3bI/AAAAAAAAEbI/0mkLmVo5-gMIR0jbJ8yd-8k61yD0w6o9QCLcBGAsYHQ/s72-c/photo-1542743408-218cc173cda0.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/susul-uni-emirat-arab-sudan-hendak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/susul-uni-emirat-arab-sudan-hendak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy