$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Ambulans Dihalangi Mobil Kijang Hingga Buat Pasien Kritis Meninggal, Polisi Bakal Kejar Pelakunya

INDONESIAKININEWS.COM -  Polres Garut sedang mengejar supir Toyota Kijang Z 1404 CT yang menghalangi mobil ambulans di Garut sehingga menyeb...

Viral Ambulans Dihalangi Mobil Kijang, Akibatnya Pasien Meninggal

INDONESIAKININEWS.COM - 
Polres Garut sedang mengejar supir Toyota Kijang Z 1404 CT yang menghalangi mobil ambulans di Garut sehingga menyebabkan pasien meninggal dunia.

Insiden ini menjadi perhatian publik dimana pengendara mobil Toyota Kijang menghalangi dan malah mengajak balapan mobil ambulans saat menuju RSUD dr Slamet, Garut, Jumat (14/8) malam.

Supir ambulans Damis Sutendi (56) menceritakan awal mula kejadian yang menyebabkan nyawa anak usia 6 tahun yang dibawanya saat itu tak tertolong.

Saat itu, Damis tengah membawa bocah berusia 6 tahun dalam kondisi koma.

“Katanya ada pendarahan di kepala. Karena saat jatuh bagian belakang kepalanya yang kena. Jadinya langsung dirujuk ke RSUD dr Slamet. Sebelum dibawa memang sudah dalam kondisi koma sehingga butuh penanganan cepat,” ujar Damis, Minggu (16/8).

Dalam mobil ambulans itu, Damis dikawal sejumlah relawan dengan sepeda motor. Tugas relawan itu untuk mengawal ambulans agar tidak terhambat di tengah jalan menuju rumah sakit.

Saat berangkat dari Puskesmas Leles, Damis tak menemui hambatan. Ia bisa menggeber kendaraannya dengan cepat meski kondisi jalanan cukup ramai.

“Pas sampai di kawasan Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi, ada satu mobil kijang yang ada di depan tidak mau memberikan jalan,” kata Damis.

“Dia malah ada di depan saja terus. Walau relawan yang mengawal menggunakan motor sudah minta agar ke pinggir sebentar. Yang ada dia terus saja menggeber kendaraannya, jadinya ya kita terhambat,” lanjut Damis.

Mobil Kijang itu, kataDamis, baru memberikan jalan setelah ambulans sampai daerah Tarogog.

Itu pun setelah dipaksa relawan yang mencoba memepet mobil kijang ke pinggir jalan.

“Biasanya memang kalau dari Puskesmas Leles ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Pas kemarin mah lebih dari 15 menit. 5 menit yang berharga untuk memberikan tindakan kepada pasien,” ucapnya.

Setelah sampai di rumah sakit, pasien tersebut langsung dirawat di ruang anak. Namun beberapa menit kemudian, pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia.

Atas kejadian itu, Damis sangat menyesalkan apa yang telah dilakukan sopir mobil Toyota Kijang. Ia berharap hal itu tak terjadi lagi.

Apalagi, saat ambulans sedang mengantarkan pasien dalam kondisi gawat darurat.

Sementara itu, Satlantas Polres Garut memutuskan mengusut insiden tersebut.

Kasat Lantas Polres Garut, AKP Asep Nugraha menjelaskan, pihaknya sudah menerjunkan anggotanya untuk mencari sopir Toyota Kijang Z 1404 CT yang menghalangi ambulans.

“Kita langsung melakukan penelusuran, kita lagi sidik setelah kita menerima informasi tersebut. Anggota sudah diturunkan untuk mencari pengemudi. Kalau informasi awal dari plat nomor kendaraan, memang mobilnya ini dari wilayah Sumedang,” kata Asep, Minggu (16/8).

Belum diketahui identitas pemilik mobil Toyota Kijang Z 1404 CT tersebut.

Hanya saja, Asep menjelaskan apa yang dilakukan sopir mobil Kijang itu telah menyalahi aturan di jalan raya.

Sebab ambulans dalam posisi benar karena sedang membawa orang sakit sehingga harus diprioritaskan dan wajib didahulukan sebagaimana tertuang dalam peraturan.

Supir Toyota Kijang Z 1404 CT melanggar Pasal; 287 ayat 4 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Lebih lanjut, Asep mengingatkan kepada masyarakat agar memahami tujuh kendaraan yang mendapat prioritas saat melintas di Jalan Raya sebagaimana diatur dalam Pasal 134 UU LLAJ.

S. Pojoksatu


Name

Berita,7987,HUMOR,5,Internasional,141,Nasional,7882,News,66,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Ambulans Dihalangi Mobil Kijang Hingga Buat Pasien Kritis Meninggal, Polisi Bakal Kejar Pelakunya
Viral Ambulans Dihalangi Mobil Kijang Hingga Buat Pasien Kritis Meninggal, Polisi Bakal Kejar Pelakunya
https://riaupos.co/thumb/4695-terkiniid_mobil_kijang.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/viral-ambulans-dihalangi-mobil-kijang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/viral-ambulans-dihalangi-mobil-kijang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy