$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair , Surabaya, Albertus Berfan Christian Meninggal Dunia Diduga Korban Bullying Seniornya , Polisi Buka Suara

INDONESIAKININEWS.COM -   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bisa memproses lebih lanjut kasus dugaan bunuh diri maha...




INDONESIAKININEWS.COM -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bisa memproses lebih lanjut kasus dugaan bunuh diri mahasiswa residen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Albertus Berfan Christian.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Aris Junaidi mengatakan pihaknya masih menunggu laporan resmi untuk menindak kasus tersebut.

"Terkait Unair, tentu saja kita belum bisa bergerak karena belum ada laporan yang ditujukan ke Kementerian. Baru dari media. Secara resmi belum dapat laporan secara khusus," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (1/9/2020).

Aris mengatakan sebenarnya Kemendikbud bersama organisasi profesi dan kolegium sudah melakukan survei terhadap mahasiswa residen. Namun survei difokuskan kepada dampak pandemi Covid-19.

Kasus dugaan bunuh diri Albertus diduga dipicu oleh perundungan atau bullying dari senior pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FK Unair.

Dugaan bunuh diri Albertus ini telah beredar di media sosial. Albertus diduga korban bullying atau perundungan.

CNNIndonesia.com telah menghubungi pihak Unair untuk mengonfirmasi kasus ini, namun mereka belum bersedia mengeluarkan pernyataan resmi.

Sementara itu Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Edison menyatakan polisi belum menerima laporan kasus dugaan bunuh diri Albertus. 

"Sejauh ini belum ada laporannya baik di polres maupun di polsek jajaran," kata Jhonny.

Aris melanjutkan, Kemendikbud saat ini masih menggodok aturan terkait perundungan yang akan dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia menjelaskan ada empat perkara pendidikan yang tengah digodok dalam bentuk Permendikbud. Dua di antaranya yang diprioritaskan terkait kekerasan seksual dan perundungan.

"Termasuk bullying, sedang disiapkan regulasinya. Sehingga nanti dipakai untuk pedoman semua perguruan tinggi," jelasnya.

Mendikbud Nadiem Makarim sebelumnya menyampaikan bahwa Permendikbud untuk menangani tiga dosa pendidikan, yakni kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi masih terhambat karena pandemi Covid-19.

Nadiem mengatakan pihaknya masih memprioritaskan dampak pandemi terhadap pendidikan.

Unair Bungkam, RSUD dr. Soetomo Berlindung di Balik Kode Etik, Terkait Kasus Albertus Berfan Christian Putra

Viral dikalangan masyarakat dan mahasiswa resident kedokteran di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, kasus Albertus Berfan Christian Putra, ia adalah anak dari seorang Irjen AU Marsda TNI R. Johanes Berchmans SW. Dokter muda yang meninggal dunia secara tragis, kasus ini masih misteri dan perlu ungkap fakta kebenarannya, RS. dr. Soetomo sepertinya sembunyi dibalik kode etik kedokteran.

Atas peristiwa ini, pentingnya tindakan tegas dari pihak pihak terkait, untuk menelusuri dan mengungkap fakta kebenaran kasus PPDS Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FK Unair Surabaya, dr. Albertus Berfan Christian. P, meninggal dunia saat dirawat di RS. Soetomo. Sabtu, (29/8/2020).

Berfan meninggal dunia menurut narasumber dari pemberitaan sebelumnya, yang dikutip media Liputan Indonesia, diduga awalnya di bullying oleh para seniornya lalu bunuh diri dengan meminum cairan Vixal yang akhirnya dilarawat di RS. dr. Soetomo Surabaya.


Tanggapan RS. dr. Soetomo yang merawat Berfan

Hingga berita ini diterbitkan, pihak RS. dr. Soetomo tidak adanya keterbukaan informasi kepada publik, dan terkesan menutupi kronologis atau penyebab awal kasus meninggalnya Albertus Berfan Christian. P, atas kebenaran kasus ini.

Dikutip dari Liputan Indonesia, Direktur Utama RS. dr. Soetomo, Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K), Saat di konfirmasi oleh awak media Liputan Indonesia dan tim investigasi mengatakan, 

"Iya benar dirawat di RS. dr. Soetomo, ada kode etik kedokteran yang tidak boleh di langgar, yang boleh menyampaikan hanya keluarga atau seizin keluarga," ujar Joni.

Lanjut Joni, "Coba simak Mas, Saat Ibu SBY sakit di Singgapur, pernahkan RS nya press conference? Selalu wakil keluarga," ungkapnya.

Saat akan ditemui di kantornya terkesan selalu menghindar dari awak media.

"Saya ada rapat DPRD terus ke Semarang," tutup dr. Joni.

Tanggapan Humas Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

Terpisah, saat awak media mengkonfirmasi ke pihak Humas Unair Bimo Aksono, tidak menjawab pertanyaan wartawan, yang hendak mengklarifikasi kasus tersebut.


S: Cnnindonesia & suarabayapos.com


Name

Berita,7903,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7801,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair , Surabaya, Albertus Berfan Christian Meninggal Dunia Diduga Korban Bullying Seniornya , Polisi Buka Suara
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair , Surabaya, Albertus Berfan Christian Meninggal Dunia Diduga Korban Bullying Seniornya , Polisi Buka Suara
https://1.bp.blogspot.com/-Tu_G0gI1K68/X03ZEIcPBHI/AAAAAAAAfV0/qDLl6ElndY8mbYrIJdV6FisV574CLeOEgCLcBGAsYHQ/s640/56648475-f1d2-4d00-953f-f521b52967c8.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Tu_G0gI1K68/X03ZEIcPBHI/AAAAAAAAfV0/qDLl6ElndY8mbYrIJdV6FisV574CLeOEgCLcBGAsYHQ/s72-c/56648475-f1d2-4d00-953f-f521b52967c8.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/mahasiswa-fakultas-kedokteran-unair.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/mahasiswa-fakultas-kedokteran-unair.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy