$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Disodorkan Pandangan Jimly Asshiddiqie, Ridwan Kamil Bungkam

INDONESIAKININEWS.COM -  Desakan terhadap penolakan Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja terus menguat, khususnya di berbagai daerah. ...



INDONESIAKININEWS.COM - Desakan terhadap penolakan Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja terus menguat, khususnya di berbagai daerah. Massa terus mendesak agar setiap kepala daerah memberikan dukungan seperti yang sempat dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang saat dikonfirmasi memilih bungkam setelah namanya mencuat menjadi buah bibir masyarakat.

Sebagaimana diketahui khalayak, Ridwan Kamil menyambut gerakan massa penolak Omnibus Law di Gedung Sate, Bandung, pada 8 Oktober 2020. Tak sungkan, ia pun memosisikan dirinya untuk berada di tengah-tengah ribuan massa yang saat itu menunggu keputusan dirinya dalam menolak UU Cipta Kerja.

Gubernur sebagai Kepala Daerah harus tunduk pada UU yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Mudah-mudahan yang kemarin adalah pengalaman terakhir

Atas dukungannya terhadap gerakan itu, Ridwan Kamil pun segera mengirimkan 'surat cinta' dari masyarakat Jawa Barat untuk diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani.

Di mana dalam surat yang ditandatangani oleh Ridwan Kamil tersebut berisi seruan aspirasi dari kaum buruh yang mengalami kepedihan dengan disahkannya UU Cipta Kerja dalam Rapat Paripurna DPR pada 5 Oktober 2020 lalu.

Sikap Ridwan Kamil yang menyampaikan suara penolakan buruh terhadap Omnibus Law UU Cipta Kerja ternyata ditanggapi mantan Ketua Mahkhamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie.

Melalui akun Twitter-nya, Jimly menilai gubernur yang mengirimkan surat kepada presiden untuk menyampaikan aspirasi masyarakatnya yang menolak UU sapu jagat itu sebaiknya tidak perlu ada.

Jimly menerangkan, menyalurkan aspirasi masyarakat bukan bagian dari tugas gubernur. Sebab, sebagai kepala daerah, gubernur tidak bisa menentang ketetapan Pemerintah Pusat.

"Gubernur sebagai Kepala Daerah harus tunduk pada UU yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Mudah-mudahan yang kemarin adalah pengalaman terakhir," tulis Jimly Asshiddiqie di akun Twitter @JimlyAs pada 13 Oktober 2020.

Selain Jimly, tindakan Ridwan Kamil tersebut juga ditentang Politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi yang meminta Gubernur Jawa Barat itu untuk mundur dari jabatannya.

Dengan tegas Teddy membeberkan agar Ridwan Kamil tidak bermain di dua kaki. Artinya, ia wajib mematuhi aturan pusat tentang Omnibus Law.

"Ridwan Kamil cs kalau mau menolak UU Cipta Kerja, ya lepas Gubernurnya. Karena ada kewajiban dalam UU Pemerintahan Daerah," tulis Teddy dalam akun Twitter-nya @TeddyGusnaidi 10 Oktober 2020.

Ketika dikonfirmasi Tagar untuk menjawab persoalan di atas, sepertinya Ridwan Kamil tidak ingin merespons tanggapan Jimly dan Teddy. 

Saat dihubungi via telepon seluler, ia pun tidak menerimanya. Bahkan, saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Kang Emil, sapaannya, malah memblokir kontak reporter Tagar yang sudah mencoba mengonfirmasinya.

Secara terpisah, Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Lia Endiani membenarkan bahwa Ridwan Kamil sempat mengirimkan surat terkait sikap buruh di area Jawa Barat terhadap UU Cipta Kerja kepada Presiden Jokowi.

"Isinya tentang menyampaikan aspirasi buruh yang menolak. Jadi bukan sikap pemerintah daerah atau pribadi," kata Lia kepada Tagar, Kamis, 15 Oktober 2020.

Sumber : tagar.id


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Disodorkan Pandangan Jimly Asshiddiqie, Ridwan Kamil Bungkam
Disodorkan Pandangan Jimly Asshiddiqie, Ridwan Kamil Bungkam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMBIOit3Q9MlCLlQOe0j_mzDMdu4hTCTxx8zQ4CQSwcBeRhWcYafLfEUYkD8Z-gE763oM9ajsDkqO5hfS1FAJDJaMrQWjf6f4x4CbGk1qLgvAdpe2jkRD4IDPk0zNY3_P5gYLWG4Jn8bGo/w640-h426/5f841b3fb0feb.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMBIOit3Q9MlCLlQOe0j_mzDMdu4hTCTxx8zQ4CQSwcBeRhWcYafLfEUYkD8Z-gE763oM9ajsDkqO5hfS1FAJDJaMrQWjf6f4x4CbGk1qLgvAdpe2jkRD4IDPk0zNY3_P5gYLWG4Jn8bGo/s72-w640-c-h426/5f841b3fb0feb.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/disodorkan-pandangan-jimly-asshiddiqie.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/disodorkan-pandangan-jimly-asshiddiqie.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy