$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pemerintah Belanda Cari Warga Indonesia Pemilik Berlian 36 Karat

INDONESIAKININEWS.COM -  Pemerintah Belanda siap melacak pemilik ribuan benda bersejarah yang dirampas dari daerah bekas jajahan. Kemudian m...



INDONESIAKININEWS.COM - Pemerintah Belanda siap melacak pemilik ribuan benda bersejarah yang dirampas dari daerah bekas jajahan. Kemudian mengembalikan harta peninggalan tersebut ke para pemiliknya.

Namun, menurut Museum Nasional Belanda, Rijksmuseum, Selasa (13/10/2020), menemukan para pemilik sah benda bersejarah tersebut tidak akan mudah.

Dari ribuan benda hasil rampasan, dua di antaranya adalah berlian disebut berasal dari sebuah kesultanan di Indonesia. Serta sebuah meriam yang dulunya digunakan untuk menyambut kedatangan raja di Sri Lanka.

Rijksmuseum mengatakan, sekitar 4.000 koleksi museum punya hubungan jelas dengan sejarah kolonial kerajaan, yang berlangsung selama kurang lebih 300 tahun.

Sejak pertengahan abad ke-17. Selama berkuasa, kekuasaan kolonialisme Belanda terpusat di Asia Tenggara dan wilayah Karibia.

Kepala Sejarah Rijksmuseum, Valika Smeulders, menyambut baik rencana pemerintah Belanda tersebut. Sebuah komisi independen di Belanda menyebut keputusan pemerintah terus menyimpan benda bersejarah hasil rampasan era kolonial sebagai sesuatu yang “salah secara historis”.

“Museum menerima pengetahuan baru, suara baru, keahlian baru, dan cara-cara baru untuk menerima masa lalu dan bagaimana kita melihat objek-objek ini. Kami akan meruntuhkan tembok-tembok di museum,” kata Smeulders.

Belanda berencana membentuk pusat penelitian independen sebagai pusat data karya seni zaman kolonial. Nantinya juga akan memuat asal benda serta bagaimana karya-karya tersebut didapatkan.

Pusat penelitian itu juga berencana membentuk panel yang akan mengurusi permintaan restitusi. Menurut Smeulders, pekerjaan tersebut akan sulit dilakukan.

Ia mencontohkan salah satu benda koleksi museum, yaitu sebuah berlian 36 karat yang dirampas oleh tentara Belanda dari Kesultanan Banjarmasin pada 1875.

Banjarmasin, daerah yang berada di Pulau Kalimantan, saat ini merupakan wilayah kesatuan Republik Indonesia.

Sejak masa kolonial sampai hari ini, banyak perubahan yang terjadi di pemerintahan Belanda dan Indonesia.

“Dalam kasus ini, apakah kamu akan mengembalikan benda itu ke negara atau pemerintah? atau ke keturunan Sultan (Banjarmasin),” kata dia.

“Dan, siapakah yang berhak untuk diajak bicara mengenai masalah ini,” kata dia.

Sementara itu, meriam berwarna biru dan emas dari Kerajaan Kandy di Sri Lanka dirampas oleh tentara VOC pada 1765.

Meriam itu saat ini dipajang di lemari khusus barang-barang langka milik Pangeran Oranye Belanda.

Meriam itu bersama puluhan hasil rampasan lainnya akan dikembalikan ke Sri Lanka tahun depan, tetapi sebelumnya banyak sejarawan dan ahli seni yang memperdebatkan keputusan itu dalam seminar-seminar.

Keputusan Belanda mengembalikan benda hasil penjarahan itu sama dengan langkah yang dilakukan oleh Jerman dan Prancis.

Upaya pengembalian barang hasil rampasan telah dimulai sejak terbit perjanjian Prinsip-Prinsip Washington pada 1998.

Perjanjian memungkinkan barang-barang hasil rampasan Nazi selama Perang Dunia II diserahkan kembali ke keturunan etnis Yahudi. 

Sumber : suara.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pemerintah Belanda Cari Warga Indonesia Pemilik Berlian 36 Karat
Pemerintah Belanda Cari Warga Indonesia Pemilik Berlian 36 Karat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJdaJ9ETYRIeF5qnbcEVjk_VPtKiIe9qsBQMIhtndaSPOniaD39TyXnQjepypMOu2gTpb1zqdETOIzb9UMzE83F96ZNQrBPYXR0PAvPchWiF27iyBQJZsvDpt8T2TYA8Hu_beyZHePfDjA/w640-h346/1602831908259.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJdaJ9ETYRIeF5qnbcEVjk_VPtKiIe9qsBQMIhtndaSPOniaD39TyXnQjepypMOu2gTpb1zqdETOIzb9UMzE83F96ZNQrBPYXR0PAvPchWiF27iyBQJZsvDpt8T2TYA8Hu_beyZHePfDjA/s72-w640-c-h346/1602831908259.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/pemerintah-belanda-cari-warga-indonesia.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/pemerintah-belanda-cari-warga-indonesia.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy