$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bukan Kopassus, Paskhas atau Denjaka, Inilah Pasukan Terbaik TNI, Begini Kehebatannya!

Aksi Pasukan Koopssus, pasukan terbaik TNI (foto: tribunnews) INDONESIAKININEWS.COM -  Selama ini publik hanya mengetahui Kopassus, Paskhas ...

Aksi Pasukan Koopssus, pasukan terbaik TNI (foto: tribunnews)

INDONESIAKININEWS.COM - Selama ini publik hanya mengetahui Kopassus, Paskhas dan Denjaka sebagai pasukan terbaikTentara Nasional Indonesia (TNI).

Ternyata masih ada yang lebih hebat dari tiga pasukan elit TNI tersebut.

Namanya mirip Kopassus. Baru dibentuk tahun 2019 lalu, pasukan yang diberi nama Koopssus itu merupakan kumpulan personel terbaik dari tiga pasukan elit TNI tersebut.

Pasukan ini hanya diturunkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan Panglima TNI atas perintah Presiden. 

Koopssus merupakan pasukan elit yang terdiri dari gabungan tiga matra: TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Nama kesatuannya memang mirip dengan Kopassus AD adalah Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia atau Koopssus TNI.

Di mana Koopssus TNI diresmikan langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Upacara di lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur Selasa (30/7/2019).

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, personel Koopssus TNI berasal dari tiga pasukan khusus dari tiga matra yakni Satgultor-81 (Kopassus), Satbravo-90 (paskhas), dan Denjaka.

Para personel pasukan khusus tersebut bermarkas di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

"Sehingga pasukan khusus dari tiga matra, darat, laut, udara, standby di Mabes TNI."

"Sewaktu-waktu bisa digunakan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden RI," kata Hadi.

Jenderal Hadi menjelaskan, ciri dari pasukan Koopssus TNI adalah kemampuan operasi yang memiliki tingkat keberhasilan mendekati 100 persen.

Pasukan tersebut juga dapat beroperasi baik di dalam maupun di luar negeri.

"Seperti yang saya sampikan adalah kecepatan dan presentase keberhasilan operasi mendekati 100 persen."

"Ketika ada ancaman dari dalam maupun luar negeri, Panglima TNI langsung bisa memerintahkan untuk bergerak dengan cepat dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi," kata Hadi.

Dalam amanatnya, Hadi mengatakan pembentukan Koopssus TNI ini didasari pada beberapa aturan hukum terkait tugas pokok TNI.

Termasuk diantaranya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 yang juga mengatur pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

Ia mengatakan, secara tegas undang-undang tersebut mengatur bahwa tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme merupakan bagian dari operasi militer selain perang, yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI yaitu penangkal, penindak dan sebagai pemulih.

Hadi menjelaskan, dinamika ancaman asimetris yang terus berkembang, khususnya terorisme global, menuntut kesiapan TNI untuk dapat mengatasinya dengan dilandasi ketentuan dan aturan hukum yang kuat.

"Oleh karenanya, pada kesempatan ini perlu saya tegaskan bahwa pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme sudah menjadi amanat Undang-undang."

"Terutama bila dipandang bahwa ancaman tersebut sebagai tindakan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah, ataupun keselamatan segenap bangsa Indonesia," tegas Hadi.

Hadi melanjutkan, Koopssus TNI melengkapi jajaran satuan elit yang telah dimiliki TNI.

Ia menjelaskan, sebagai satuan elit, personel Koopssus TNI yang berasal dari pasukan khusus ketiga matra merupakan prajurit-prajurit pilihan.

"Mereka memiliki kualifikasi untuk melakukan berbagai jenis operasi khusus, baik di dalam maupun di luar negeri, yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi," kata Hadi.

Ia juga mengatakan, satuan tersebut juga merupakan implementasi dari 11 Program Prioritas yang saya canangkan saat dilantik sebagai Panglima TNI, yaitu pembentukan Pasukan Khusus Tri Matra.

Hadi menjelaskan, 11 Program Prioritas tersebut merupakan program TNI untuk menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

Ia menginginkan TNI harus menjadi organisasi yang adaptif dihadapkan pada perkembangan teknologi, serta perkembangan taktik dan teknik peperangan yang tidak lagi linier dan konvensional, namun juga asimetrik dan non konvensional.

"Perlu pula saya tegaskan bahwa dengan dibentuknya Koopsus TNI ini, bukan berarti menihilkan peran pasukan khusus matra masing-masing."

"Namun justru saya ingin mensinergikan pelaksanaan tugas TNI secara gabungan, sebagaimana doktrin tri matra terpadu “Tri Dharma Eka Karma”," tegas Hadi.

Struktur organisasi dari Koopsus tersebut terdiri dari eselon pimpinan, pembantu pimpinan, eselon pelayanan dan eselon pelaksana.

Komandan Koopssus TNI dijabat oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat Dir A Bais TNI.

Sejumlah pasukan yang terlibat dalam upacara terdiri dari pleton Satkorsik Denma Mabes TNI sebanyak 31 orang, tiga pleton Koopssus TNI, tiga Pleton Kopassus TNI AD, tiga pleton Marinir TNI AL, tiga pleton Paskhas TNI AU, dan tiga pleton Taipur Kostrad TNI AD.

Alutsista yang dikerahkan dalam upacara tersebut yakni 1 unit ATAV, 2 unit Sea Rider, 2 unit Rantis Serbu, 1 unit Mars Tangga dan 1 unit P2 Komando.

Peresmian Koopssus TNI juga dimeriahkan dengan Demontrasi Free Fall yang dilaksanakan dengan dua Run.

Run pertama dilaksanakan oleh enam peterjun dengan payung military dan perlengkapan IPP set pasukan khusus.

Run kedua dilaksanakan oleh penerjun dengan membawa enam bendera lambang-lambang Angkatan yaitu Bendera TNI AD Kartika Eka Paksi, Bendera TNI AL Jalesveva Jayamahe, Bendera TNI AU Tri Dharma Eka Karma, Bendera Koopssus TNI Tricakti Adikari dan Bendera Merah Putih.


s: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bukan Kopassus, Paskhas atau Denjaka, Inilah Pasukan Terbaik TNI, Begini Kehebatannya!
Bukan Kopassus, Paskhas atau Denjaka, Inilah Pasukan Terbaik TNI, Begini Kehebatannya!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKw3pWxVZfiXu_WMpZbmrWPG3x-IZuj7LrJknezrZIjyfZyOfferRmLz1YxdgqAvwvlOJfOMReGS_QOpy5Ay9MoGBf4hzQ0nC3lgCI2sstayCHOwXArTae_zpuNX_7gODQjT2G4awds2EJ/w640-h360/aksi-pasukan-koopssus-pasukan-terbaik-tni.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKw3pWxVZfiXu_WMpZbmrWPG3x-IZuj7LrJknezrZIjyfZyOfferRmLz1YxdgqAvwvlOJfOMReGS_QOpy5Ay9MoGBf4hzQ0nC3lgCI2sstayCHOwXArTae_zpuNX_7gODQjT2G4awds2EJ/s72-w640-c-h360/aksi-pasukan-koopssus-pasukan-terbaik-tni.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/bukan-kopassus-paskhas-atau-denjaka.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/bukan-kopassus-paskhas-atau-denjaka.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy