$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Melihat Peluang Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup Seperti Xi Jinping dan Vladmir Putin

INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin sepertinya akan menyusul XI Jin Ping yang menjadi presiden China seumur hidup. Tahun ...




INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin sepertinya akan menyusul XI Jin Ping yang menjadi presiden China seumur hidup. Tahun 2024 adalah akhir periode ke-4 Vladimir Putin memimpin Rusia.

Sebelumnya Putin telah menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012. Putin sebelumnya menjadi Perdana Menteri dari 1999 sampai 2000, Presiden dari 2000 sampai 2008, dan kembali menjadi Perdana Menteri dari 2008 sampai 2012.

"Saat ini Majelis Federal Rusia, Duma, mendukung rancangan undang-undang (RUU) yang akan memberikan imunitas terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Jika peraturan itu disahkan, upaya hukum apapun tidak akan bisa menjerat Putin dan keluarganya setelah orang nomor satu Rusia itu turun dari tampuk kekuasaan.

RUU itu adalah bagian dari amandemen konstitusi Rusia yang disepakati lewat referendum, Juli lalu. Mayoritas kursi di Majelis Federal dan Dewan Federasi Rusia diduduki pendukung Putin."BBC News

Reformasi konstitusi tersebut membuat Vladimir Putin dapat menjadi Presiden sampai tahun 2036, bahkan mungkin menjadi presiden seumur hidup. Hal yang terlebih dulu sudah dilakukan oleh Presiden China XI jinping.

Pembatasan masa jabatan selama 10 tahun ini ditetapkan oleh Deng Xiaoping pada 1980-an untuk menghindari terulangnya kembali kekacauan di era Mao, yang memerintah lebih dari 30 tahun.Dua pendahulu Xi Jinping mengikuti pola suksesi yang teratur, namun Xi, sejak berkuasa, sudah memperlihatkan bahwa dia ingin memiliki peraturan sendiri.

Wacana Jokowi Tiga Periode Mungkinkah?

Jokowi sendiri marah begitu mendengar wacana tiga periode kepemimpinannya. Jokowi menilai wacana itu mencoreng mukanya. 

Tapi jika melihat solidnya koalisi pemerintah secara nasional, Mungkinkah hal itu terjadi?

Setidaknya ada beberapa hal yang akan menghalangi wacana tersebut, walaupun sejatinya wacana itu memang tidak pernah serius untuk direalisasikan.

Pertama, tantangan dari aktivis serta pengamat. Di Indonesia cukup banyak lembaga swadaya masyarakat, aktivis, serta tokoh diluar pemerintahan yang aktif terlibat mengawasi jalannya pemerintahan.

Mengingat negara ini adalah negara demokrasi pengawasan terhadap pemerintah tumbuh subur dalam bentuk lembaga ataupun perorangan. Maka wacana tiga periode ini akan mendapat tantangan dari kelompok ini.

Hal ini karena Indonesia punya trauma pada rezim orde baru. Maka Indonesia sangat anti dengan wacana kepemimpinan presiden yang temponya tidak terbatas. Sudah pasti kelompok-kelompok ini akan menolak.

Dan tentu Jokowi bukanlah presiden yang yang akan menghalalkan segala cara, misalnya membungkam kelompok-kelompok ini dengan tangan besi atau uang demi memuluskan rencananya. Sekali lagi hal ini tidak mungkin dilakukan Jokowi.

Kedua, Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia. Adalah dua Lembaga Keagamaan terbesar di Indonesia.

 Bisakah Lembaga ini setuju Jokowi tiga periode? Tentu tidak mudah untuk menjawabnya mengingat Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia adalah lembaga yang objektif serta subjektif.

Jadi mungkin jawabannya akan beragam di dalam tubuh Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia. Maka wacana tiga periode, membutuhkan waktu yang lama sementara masa pemerintahan Jokowi akan berakhir pada tahun 2024.

Ketiga, lawan terbesarnya sudah tentu adalah oposisi. Rusia dan Cina dapat melakukannya karena negara mereka hanya dikuasai oleh Partai Komunis. Sementara Indonesia memiliki banyak partai dan paham.

Soeharto dapat melakukannya karena memang saat itu presiden masih dipilih langsung oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. 

Entahlah waktu itu rasanya Soeharto terlalu kuat, Dia mempunyai militer yang bisa digunakan dalam membungkam musuh-musuh politiknya.

Jadi mengerikan juga,saat itu bisa disebut masa kegelapan dalam berpolitik. Karena nyaris militer dilibatkan dalam berbagai jabatan. 

Belum lagi karena begitu banyak loyal Loyalis Soeharto yang turut memuluskan langkah Soeharto untuk menjadi presiden selama 32 tahun.

Intinya iklim politik saat itu tidak bisa disamakan dengan hari ini sekalipun partainya ada beragam.

Wacana Tiga Periode Bisa Saja Coba Dihembuskan dan Diloloskan
Wacana Jokowi 3 periode sebenarnya bisa saja coba diusahakan tapi seperti kita tahu Jokowi sendiri tidak punya niatan untuk itu. 

Tentu akan ada konflik yang muncul ketika wacana itu coba dihembuskan dan ada begitu banyak usaha yang harus dilakukan untuk membungkam penolakan.

Tapi sepertinya Jokowi tidak terobsesi pada XI Jinping dan Vladimir Putin. Tidak seperti Donald Trump yang tampaknya cukup terobsesi dapat memerintah Amerika seperti halnya XI Jin Ping memimpin Cina dan Vladimir Putin memimpin Rusia.

Apalagi tidak seperti China dan Rusia yang tidak melahirkan tokoh-tokoh baru dengan popularitas yang dapat menjadi pertimbangan dalam pertarungan Pilpres, China dan Rusia memang sengaja tidak melahirkan tokoh baru demi langgengnya kekuasaan presiden mereka saat ini.

Jadi sekuat dan sebaik apapun pemerintahan Jokowi memang pada akhirnya hanya dua periode saja


S: Kompanesia


Name

Berita,9223,HUMOR,5,Internasional,156,Kesehatan,1,Nasional,9106,News,66,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Melihat Peluang Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup Seperti Xi Jinping dan Vladmir Putin
Melihat Peluang Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup Seperti Xi Jinping dan Vladmir Putin
https://1.bp.blogspot.com/-CA2ZiMcGkCQ/X7aMo5mELpI/AAAAAAAAE6k/B-PX1p13jCsQ65sFhPgcqOKfuuAD7fUBwCLcBGAsYHQ/w640-h366/Screenshot_2020-11-19-22-14-33-17.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CA2ZiMcGkCQ/X7aMo5mELpI/AAAAAAAAE6k/B-PX1p13jCsQ65sFhPgcqOKfuuAD7fUBwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h366/Screenshot_2020-11-19-22-14-33-17.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/melihat-peluang-jokowi-jadi-presiden.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/melihat-peluang-jokowi-jadi-presiden.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy