$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sorot Aksi Pangdam Jaya, Gatot Nurmantyo: TNI Tidak Mungkin Musuhi FPI

INDONESIAKININEWS.COM -  Aksi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang memerintahkan jajarannya menurunkan baliho FPI sempat ramai di...



INDONESIAKININEWS.COM - Aksi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang memerintahkan jajarannya menurunkan baliho FPI sempat ramai diperbincangkan. Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan TNI tidak mungkin bermusuhan dengan FPI.

"Apapun keputusannya TNI tidak mungkin bermusuhan dengan FPI. Apa latar belakangnya, FPI maupun Habib Rizieq mereka adalah warga negara yang dilindungi hukum dan tidak cacat hukum, bukan ada keputusan, kecuali disampaikan FPI ekstrim kanan yang dilarang di Indonesia, nah, itu baru bermusuhan. Kalau tidak, tidak ada alasan. Jangan membawa nama TNI dengan kejadian yang dilakukan Pangdam Jaya dengan menurunkan baliho menggunakan panser," kata Gatot dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/11/2020).

Gatot tidak menyebut apakah yang dilakukan Pangdam Jaya itu salah atau tidak. Namun, dia menyoroti adanya kendaraan taktis yang diturunkan. Gatot menyebut seperti momen Koopssus dengan kendaraan taktis yang melewati Petamburan.

"Saya tidak akan menyalahkan siapa-siapa karena tidak ada yang bisa disalahkan karena kita harus bener mengetahui. Ada beberapa hal yang melandasi saya berkata demikian, karena memang secara konstitusi ini sama-sama kita tahu bahwa ada batasan yang dilakukan seorang Panglima. Singkatnya bahwa dalam memberikan bantuan itu ada aturan pelibatan satuan TNI pada masa damai. Ini adalah aturan di mana yang dilakukan oleh Pangdam Jaya ini sudahkah melalui prosedur aturan pelibatan. Jadi memang TNI boleh berikan bantuan kepada kepolisian RI dan pemda, itu satu," ujarnya.

"Dalam pelibatan ini tidak boleh menggunakan alutsista untuk tempur. Jadi contohnya pesawat angkut boleh digunakan, kapal rumah sakit boleh digunakan, kapal angkut boleh digunakan truck boleh digunakan, tapi alutsista kendaraan taktis tidak boleh digunakan dalam memberikan bantuan karena dalam kondisi tertib sipil bukan darurat militer. Sehingga saya tidak bisa saya langsung men-justice Pangdam salah atau tidak. Kita lihat saja kalau itu perintah Panglima TNI atau Presiden tidak bisa disalahkan Pangdam, tapi kalau tidak perintah kita tunggu saja ada teguran atau tidak," lanjutnya.

Gatot meminta apa yang dilakukan Mayjen Dudung itu tidak dikaitkan dengan TNI secara menyeluruh. Dia mengatakan TNI selalu bersama dengan rakyat.

"Jadi saya ulangi tolong pisahkan apa yang dilakukan Pangdam Jaya itu tidak mewakili TNI seluruhnya. Termasuk juga dilakukan oleh Koopssus di Petamburan dengan menggunakan kendaraan taktis itu pun sama tidak boleh, tidak boleh gunakan kendaraan taktis dalam keadaan damai ini. Jangan seolah semua TNI. Ini perlu saya ingatkan. TNI masih seperti dulu rakyat adalah ibu kandungnya, dan TNI perlu rakyat, karena untuk mempertahankan NKRI saat terakhir adalah kebersamaan rakyat dengan TNI yang sama-sama berjuang mengamankan bangsa ini bersama," tutur Gatot.

Pangdam Jaya menegaskan pihaknya tidak memusuhi FPI-Habib Rizieq, simak berita selengkapnya

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menegaskan tidak pernah mengajak untuk memusuhi organisasi Front Pembela Islam (FPI) maupun Habib Rizieq Syihab. Dudung menganggap FPI dan Habib Rizieq sebagai saudara.

"Kemudian yang terakhir alangkah ada baiknya kalau ada mediasi yang berdialog dihadiri oleh seluruh komponen ya. Saya tidak pernah mengajak bahwa FPI atau yang lain itu sebagai musuh, tidak ada, atau Habib Rizieq juga sebagai musuh, juga tidak ada. Itu saudara-saudara kita," kata Dudung dalam acara 'Ngopi Bareng Pangdam Jaya' di Markas Kodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (25/11/2020).

Dudung menyebut pihaknya hanya memusuhi ucapan yang memperkeruh persatuan dan kesatuan. Dudung kemudian memuji Rizieq sebagai orang yang berilmu.

Yang justru, yang kita musuhi adalah ucapan-ucapan yang mengajak dan yang nantinya akan memperkeruh persatuan dan kesatuan bangsa, itu. Kalau Habib Rizieq-nya, ya Habib Rizieq orang-orang berilmu dan sebagainya, luar biasa ya," tutur Dudung.

Dudung mengatakan yang harus diwaspadai adalah ucapan yang mengajak revolusi. Dia menyebut ucapan itu bisa membuat retak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tidak kemudian kita bermusuhan dengan dia tidak, yang kita waspadai, yang kita tidak berikan izin itu adalah ucapan dan tindakannya itu yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Dudung.

"Ya tidak kepada individunya dan sebagainya, tapi itu yang mengajak revolusi dan sebagainya itu yang kita hindarkan, sehingga saya harus tegas bukan karena orangnya, tetapi karena ajakan-ajakan yang sudah mempengaruhi retaknya persatuan dan kesatuan bangsa ini yang harus kita jaga," imbuhnya.


s: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sorot Aksi Pangdam Jaya, Gatot Nurmantyo: TNI Tidak Mungkin Musuhi FPI
Sorot Aksi Pangdam Jaya, Gatot Nurmantyo: TNI Tidak Mungkin Musuhi FPI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggvGwnVIZ3AXhECRM5UtSJZ5vG2TnQ2i_DJWK5RiTNLKdEo0XtWQoz3AP8OtaqOMqBftYW9yqeTo7siGpMvkxmjAzLowYu7uwKCENdxNGPs0EJWioTrdVueHIxRsWPafUSiFyQP2QAibOo/w640-h336/silaturahmi-gatot-ke-surabaya-di-hadang-pandemo-2_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggvGwnVIZ3AXhECRM5UtSJZ5vG2TnQ2i_DJWK5RiTNLKdEo0XtWQoz3AP8OtaqOMqBftYW9yqeTo7siGpMvkxmjAzLowYu7uwKCENdxNGPs0EJWioTrdVueHIxRsWPafUSiFyQP2QAibOo/s72-w640-c-h336/silaturahmi-gatot-ke-surabaya-di-hadang-pandemo-2_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/sorot-aksi-pangdam-jaya-gatot-nurmantyo.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/sorot-aksi-pangdam-jaya-gatot-nurmantyo.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy