$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tak Takut dengan Keluarga Cendana, Menkeu Sri Mulyani Bukan Hanya Ancam Bambang Trihatmodjo Tapi Juga Berhasil Rampas Rp 1,2 Triliun Harta Milik Tommy Soeharto

INDONESIAKININEWS.COM -  Sejak Soeharto menjabat sebagai presiden, keluarga cendana memang dikenal kebal hukum. Namun, hal itu seolah terpat...



INDONESIAKININEWS.COM - Sejak Soeharto menjabat sebagai presiden, keluarga cendana memang dikenal kebal hukum.

Namun, hal itu seolah terpatahkan dengan tindakan tegas Kementrian Keuangan di bawah kepimpinan Sri Mulyani.

Ya, Sri Mulyani dikabarkan berani menagih utang bagian dari keluarga cendana yang nilainya sangat fantastis.

Pada Kamis (17/9/2020), ramai berita tentang Bambang Trihatmojo, putra almarhum Presiden ke 2 Indonesia Soeharto menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyanike Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Bambang Tri, begitu putra Presiden Soeharto disebut, dalam gugatanya tak terima dicegah bepergian ke luar negeri.

Lewat gugatan nomor 179/G/2020/PTUN.JKT, Bambang Tri meminta majelis hakim PTUN Jakarta membatalkan Keputusan Menteri Keuangan No.108/KM.6/2020 tanggal 27 Mei 2020.

Merujuk Keputusan Menteri Keuangan itu, Bambang dicegah ke luar negeri karena masalah piutang negara atas penyelenggaraan SEA Games X1X tahun 1997.

Jauh sebelum Bambang, ada pangeran Cendana lain yang harus berhadapan dengan Sri Mulyani. Bahkan, salah satu anak dari Pak Harto tersebut harus merelakan hartanya senilai Rp1,2 triliun dirampas oleh Sri Mulyani. Berikut ini kisahnya.

Pada zaman Orde Baru, pengusaha nasional yang juga anak mantan Presiden Soeharto, Tommy Soeharto, menginisiasi proyek mobil nasional bernama Timor.

Badan usahanya pun dibentuk di bawah bendera PT Timor Putra Nasional (TPN).

Belakangan proyek mobnas tersebut gagal setelah ikut dilanda krisis moneter pada tahun 1997. Meski TPN sudah tak lagi beroperasi, perusahaan tersebut masih meninggalkan kewajiban utang pada pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya bisa mengejar pelunasan utang tersebut.

Dikutip dari laman resmi Setkab, pemerintah berhasil mengamankan uang negara senilai Rp 1,2 triliun dari rekening TPN yang diblokir di Bank Mandiri.


Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak upaya Peninjauan Kembali (PK) kedua yang diajukan oleh PT Timor Putra Nasional terhadap Putusan PK Perkara 118 di PN Jakarta Utara terkait kasus pemblokiran uang Rp 1,2 triliun di Bank Mandiri.

Dalam informasi yang dimuat di situs web Mahkamah Agung disebutkan, penolakan atas PK kedua PT TPN kepada Bank Mandiri dan Menteri Keuangan dengan Nomor Register 716 PK/PDT/2017 itu diputuskan oleh tiga majelis hakim MA pada 13 Desember 2017, dan sudah dikirimkan ke pengadilan pada 4 Juli 2018.

Kepala Biro Advokasi Sekretariat Jenderal Kemenkeu Tio Serepina Siahaan menyambut baik keputusan Majelis Hakim PK Mahkamah Agung itu, dan bersyukur dengan kemenangan tersebut.

Tak Takut dengan Keluarga Cendana, Menkeu Sri Mulyani Bukan Hanya Ancam Bambang Trihatmodjo Tapi Juga Berhasil Rampas Rp 1,2 Triliun Harta Milik Tommy Soeharto
“Kemenangan yang dicapai Pemerintah sampai tingkat PK sudah melalui proses pembuktian dan argumentasi hukum yang sangat kritis, tajam, dan jelas karena kami sangat meyakini dana tersebut memang hak Pemerintah,"" kata Tio dalam keterangannya.

Dengan putusan atas permohonan PK keduj yang diajukan oleh PT TPN ini, lanjut Tio, maka kemenangan Pemerintah sebagai pihak yang berhak atas dana yang sudah disetor ke negara sebesar Rp 1,2 triliun sudah dikukuhkan.

Selain itu, kemenangan atas perkara PT TPN ini menjadikan Menkeu sebagai pemegang hak tagih atas seluruh utang PT TPN kepada Pemerintah RI.

"Dengan demikian, PT TPN tidak lagi memiliki kesempatan untuk melakukan upaya hukum lain atas perkara mengenai utang PT TPN,"" terang Tio.

Perkara yang melibatkan PT TPN sebagai Pemohon PK Kedua, serta PT Bank Mandiri Tbk, dan Kemenkeu sebagai Para Termohon PK Kedua merupakan perkara pelik yang telah dimulai sejak tahun 2006.

Selain itu, juga terdapat lima perkara perdata terkait PT TPN di pengadilan Indonesia yang di antaranya sudah sampai pada tingkat MA.

PT TPN mengajukan permohonan PK kedua atas Putusan PK Perkara 928 di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan terhadap Putusan PK Perkara 118 di PN Jakarta Utara.

Dalam proses tersebut, Biro Advokasi Sekretariat Jenderal Kemenkeu berkoordinasi dengan Jaksa Pengacara Negara dan Bank Mandiri untuk menyiapkan strategi serta materi dalam Memori Kontra PK Kedua perkara tersebut.

S:Grid.id


Name

Berita,9575,HUMOR,5,Internasional,156,Kesehatan,1,Nasional,9458,News,66,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tak Takut dengan Keluarga Cendana, Menkeu Sri Mulyani Bukan Hanya Ancam Bambang Trihatmodjo Tapi Juga Berhasil Rampas Rp 1,2 Triliun Harta Milik Tommy Soeharto
Tak Takut dengan Keluarga Cendana, Menkeu Sri Mulyani Bukan Hanya Ancam Bambang Trihatmodjo Tapi Juga Berhasil Rampas Rp 1,2 Triliun Harta Milik Tommy Soeharto
https://1.bp.blogspot.com/-YwE6Sic0jVU/X6Uv8yEkI8I/AAAAAAAADv4/4cNCsoTUMmI68UTqFm7HA7bXNdCXLKsBgCLcBGAsYHQ/w640-h402/Screenshot_2020-11-06-18-10-12-49.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YwE6Sic0jVU/X6Uv8yEkI8I/AAAAAAAADv4/4cNCsoTUMmI68UTqFm7HA7bXNdCXLKsBgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h402/Screenshot_2020-11-06-18-10-12-49.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/tak-takut-dengan-keluarga-cendana.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/tak-takut-dengan-keluarga-cendana.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy