$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Aksi Blusukan Risma ke Ciliwung Disorot, Dianggap Jadi Pesaing Kuat Anies Baswedan di Pilgub DKI

INDONESIAKININEWS.COM -  Hari pertama berdinas, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memilih untuk blusukan di beberapa lokasi di Jakarta...



INDONESIAKININEWS.COM - Hari pertama berdinas, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memilih untuk blusukan di beberapa lokasi di Jakarta.

DIketahui, Tri Rismaharini pada pada Senin (28/12/2020) blusukan dan menemui seorang pemulung di sekitar kawasan aliran Sungai Ciliwung, tepat di belakang Kantor Kementerian Sosial (Kemensos).

Saat itu Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma berbincang dengan pemulung yang ketika itu tengah membawa gerobak bersama istrinya.

Risma berdialog menanyakan beragam hal ke pasangan suami-istri ini, salah satunya tempat tinggal atau rumah.

Dari obrolan Risma, diketahui dari hasil memulung mereka mendapatkan hasil Rp800 ribu/bulan.

Sebagian dari penghasilan tersebut dikirimkan untuk anak mereka di kampung.

“Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi ngga perlu ada biaya ngontrak. Tetep cari sampah seperti ini"

"Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha"

Hari pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini alias Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial. 

"Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya,” katanya dikutip dari Kementerian Sosial, Senin, (28/12/2020).

Setelah berdialog sekitar 30 menit, selanjutnya rombongan terus bergerak.

Setelah tadi di atas jembatan, kali ini, Risma memilih turun ke bawah jembatan.

Risma harus rela memanjat tangga kayu seadanya yang sengaja dipasang warga setempat.

Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung (dok Kemensos)
Persis di kolong jembatan, Risma menyaksikan beberapa keluarga yang sengaja tinggal di bawah kolong jembatan.

Di salah satu sudut, tampak salah satu lokasi hunian gelandangan.

Di sini terlihat di antaranya kasur gulung lusuh, almari butut, perangkat mandi, dan sandal jepit berserakan di sekitarnya, yang ditinggal penghuninya.

Dari sini dia terus menyusuri bantaran kali sambal menyapa satu-satu penghuni di sepanjang kawasan ini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini singgah di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur saat hendak ke Jakarta, Minggu (27/12/2020). (Kemensos)

Kepada warga bantaran yang menyaksikan kedatangan rombongan ini, Risma menyampaikan lagi keinginannya untuk mengubah nasib mereka.

“Bapak ibu, saya hanya ingin penjenengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo pak, mau ya pak,” katanya.

Dari bantaran kali, Mensos Risma dan rombongan bergerak ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur” di Bekasi.

Sesuai dengan namanya, Balai “Pangudi Luhur” merupakan bentuk respon Kemensos terhadap permasalahan gelandangan dan pengemis.

Balai “Pangudi Luhur” menyelenggarakan rehabilitas sosial yang bersifat sementara (temporary shelter).

Di sini para “gepeng” mendapat layanan vokasi dalam jangka tertentu, dimana selanjutnya pemberdayaan dilakukan dengan bermitra dengan pemerintah daerah.

Sebelumnya usai dilantik sebagai Menteri Sosial, Risma menyatakan tak akan mengubah gaya kepemimpinannya seperti saat menjabat Wali Kota Surabaya.

Ia akan tetap blusukan untuk mlihat permasalahan dari dekat.

Mungkinkah Risma maju di Pilgub DKI?

Aksi blusukan yang dilakukan Risma mengundang perhatian publik. Risma ramai dibicarakan sejumlah tokoh dan warganet.

Aksi blusukan Risma pun trending, bersanding dengan nama Anies Baswedan.

Bahkan, tidak sedikit warganet yang berspekulasi bahwa Risma disiapkan untuk menghadapi Anies Baswedan pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta, 2022 mendatang.

Pasalnya, sejauh ini memang belum muncul sosok yang digadang akan maju dalam pilgub DKI.

Di sisi lain, Anies Baswedan dianggap masih berpeluang besar menjabat dua periode.

"Bu Risma itu Menteri. Bukan Gubernur. Kayaknya pada salahpaham ya. Gubernur DKI dah ada. Bagus, ganteng, pinter. Gak main2 sandiwara2an segala. Murni kerjanya, prestasinya melimpah. Gak dikit2 teriak2. Dia typikal sehat rohani. Jasmani pasti sehat juga," cuit pegiat media sosial Mustofa Nahrawardaya menanggapi aksi blusukan Risma.

"Risma ini Walikota apa Kemensos? Indonesia bukan pinggiran kali ciliwung thok bu, gagasan/ ide2 besar utk bangsa ini yg lebih penting, dulu juga ada yg blusukan sana sini, masuk gorong2..meski sukses jadi Presiden, tapi Ibukota gak ada perubahan yang lebih baik, makin ancur iya," tulis @djimmortha

Netizen lain menduga aksi blusukan Risma bisa membuat Anies Baswedan ketar-ketir.

"Setelah Ibu Risma berdomisili di Jkt karena status sebagai menteri, mungkin banyak warga DKI yg lebih dekat dgn beliau dan tempat curhat, buktinya Ibu Risma sdh blusukan di DKI sampai kepinggir kali kayaknya mangkin gerah aja nih DKI 1," tulis @Adiwasw





S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Aksi Blusukan Risma ke Ciliwung Disorot, Dianggap Jadi Pesaing Kuat Anies Baswedan di Pilgub DKI
Aksi Blusukan Risma ke Ciliwung Disorot, Dianggap Jadi Pesaing Kuat Anies Baswedan di Pilgub DKI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7OB94UqPBfBypdWh5yd6TeT_ovExVvwOquAJDFweIXyYnFenm-cNry4SRWR7Staiwk4BkUmetqy9pAm242MvAjxI6geKjxAgX3bjIqfzZyjL7a_2GaLVzATHuDrRUWOxD1IYzLivHyZA/w640-h368/Screenshot_2020-12-29-08-50-02-11.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7OB94UqPBfBypdWh5yd6TeT_ovExVvwOquAJDFweIXyYnFenm-cNry4SRWR7Staiwk4BkUmetqy9pAm242MvAjxI6geKjxAgX3bjIqfzZyjL7a_2GaLVzATHuDrRUWOxD1IYzLivHyZA/s72-w640-c-h368/Screenshot_2020-12-29-08-50-02-11.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/aksi-blusukan-risma-ke-ciliwung-disorot.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/aksi-blusukan-risma-ke-ciliwung-disorot.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy