$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

DPR Desak Jokowi Investigasi Kasus FPI, Begini Sikap Moeldoko

INDONESIAKININEWS.COM -  Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan, menanggapi desakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ...


INDONESIAKININEWS.COM - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan, menanggapi desakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk membentuk tim pencari fakta terkait bentrokan antara polisi dan pengikut Rizieq Shihab.

Bentrokan tersebut terjadi di Jalan Tol Cikampek KM50 pada Senin (7/12/2020) dini hari. Insiden ini menyebakan enam orang laskar Front Pembela Islam (FPI) tewas.

DPR meminta tim pencari fakta dibentuk untuk meluruskan informasi. Sebab saat ini polisi dan FPI membuat pernyataan yang berbeda.

1. KSP menyerahkan kasus bentrok kepada pihak kepolisian

Irfan menyampaikan kasus bentrok tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Pihak Presiden Jokowi juga belum menyampaikan rencana pembentukan tim pencari fakta.

"Kita serahkan dan percayakan kepada kepolisian sebagai aparat penegak hukum," kata Irfan saat dihubungi IDN Times, Selasa (8/12/2020).

2. DPR sempat pertanyakan sikap Istana mengenai bentrok yang terjadi antara polisi dan FPI

Sebagai informasi, dalam rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terdapat pembahasan mengenai bentrokan antara polisi dan FPI itu. Awalnya, anggota Komisi II DPR Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid, menanyakan terkait insiden tersebut.

"Terkait dengan isu strategis. Hari ini di media sangat kontroversi berita mengenai peristiwa di jalan tol. Tentang polisi dan rombongan Rizieq Shihab. Pertanyaan saya, apakah pihak Istana sudah mendapatkan informasi yang sesungguhnya?" tanya Sodik pada Moeldoko seperti yang ditanyangkan di Facebook Komisi II DPR RI, Senin (7/12/2020).

Kemudian, Sodik meminta pihak Istana memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat agar tidak membingungkan.

"Kami berharap pihak Istana mendorong pelaksanaan berita yang sangat tepat, tidak membingungkan masyarakat dan juga mendorong proses-proses hukum di dalam kasus yang terjadi hari ini," ucapnya.

Usai mendengar pertanyaan Sodik, Moeldoko menjawab bahwa ia juga baru tahu informasi itu dari media. Namun, ia mengatakan perlu proses untuk menemukan akurasi isu tersebut.

"Tentang isu yang baru saja lagi hangat-hangatnya saya belum bisa memberikan informasi yang sesungguhnya Pak, karena saya baru membaca di media, dan ini perlu dikelola dengan sangat baik dan perlu akurasi yang sangat tinggi perlu proses," kata Moeldoko.

3. Komisi III meminta Jokowi membentuk tim pencari fakta

Anggota Komisi II Fraksi PKS, Nasir Djamil, meminta pihak KSP menyampaikan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar membentuk tim pencari fakta terkait kasus tersebut. Sehingga, tidak ada lagi kesimpangsiuran informasi.

"Kami harap mudah-mudahan Pak Presiden membentuk tim pencari fakta terkait dengan kasus tersebut, karema ada kesimpangsiuran informasi terkait peristiwa tersebut, mudah-mudahan dengan tim pencari fakta, kita dapatkan kebenaran dengan peristiwa tersebut," kata Nasir.

Moeldoko menyampaikan dirinya akan meneruskan usulan membentuk tim pencari fakta kepada Presiden Jokowi.

4. Bentrok polisi dan FPI tewaskan 6 orang pendukung Rizieq

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengatakan aparat kepolisian terlibat bentrok dengan pendukung pimpinan FPI Rizieq Shihab. Dia mengatakan penyerangan pada anggota polisi itu terjadi pada Senin (7/12/2020) pukul 00.30 WIB.

"Tadi pagi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS (Rizieq Shihab) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, jam 10.00 WIB," katanya di Polda Metro Jaya.

Fadil mengatakan bahwa kejadian ini berawal dari informasi bahwa adanya pengerahan massa pada saat proses pemeriksaan Rizieq di Polda Metro Jaya. Maka dari itu pihak polisi akhirnya melakukan penyidikan terkait informasi tersebut.

Namun ketika anggota Polda Metro Jaya mengikuti kendaraan yang diduga sebagai pengikut Rizieq, kendaraan petugas malah halangi.

"Ketika anggota mengikuti kendaran yang diduga adalah pengikut Rizieq petugas dipepet kemudian diserang menggunakan senjata api dan senjata tajam," ujarnya.

Namun FPI membantah pernyataan Kapolda tersebut. Juru Bicara FPI, Munarman, memastikan laskar FPI tidak pernah membawa senjata apapun ketika melakukan pengawalan.

"Tidak benar, fitnah itu. Tidak pernah laskar memiliki senjata api,” kata Munarman kepada IDN Times, Senin (7/12/2020).

S:IDNTimes


Name

Berita,10997,HUMOR,5,Internasional,157,Kesehatan,3,Nasional,10877,News,67,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: DPR Desak Jokowi Investigasi Kasus FPI, Begini Sikap Moeldoko
DPR Desak Jokowi Investigasi Kasus FPI, Begini Sikap Moeldoko
https://1.bp.blogspot.com/-IUu8S8-dnzE/X9Tbu1JnigI/AAAAAAAAChw/cH-Dwhi7izkOxHfgF15V5An-3dfL2eD9ACLcBGAsYHQ/w640-h424/Screenshot_2020-12-12-22-01-41-48.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IUu8S8-dnzE/X9Tbu1JnigI/AAAAAAAAChw/cH-Dwhi7izkOxHfgF15V5An-3dfL2eD9ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h424/Screenshot_2020-12-12-22-01-41-48.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/dpr-desak-jokowi-investigasi-kasus-fpi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/12/dpr-desak-jokowi-investigasi-kasus-fpi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy