$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ade Armando: Jilbab Budaya Sumbar? Bohong, Itu karena Paham Wahabi Khilafah

INDONESIAKININEWS.COM -  Pengamat politik sekaligus dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando ikut mengomentari hebohnya siswi non-musli...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Pengamat politik sekaligus dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando ikut mengomentari hebohnya siswi non-muslim di SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, yang diduga dipaksa berjilbab.

Ade Armando mengatakan, pemaksaan itu merupakan bentuk dari penindasan hak beragama dan berkeyakinan, apabila diterapkan di sekolah yang bukan dikhususkan bagi umat Islam seperti madrasah maupun pesantren.

Pernyataan itu diutarakan Ade Armando dalam sebuah video yang diunggah lewat saluran YouTube CokroTV.

Dalam pandangan Ade Armando, kasus pemaksaan menggunakan jilbab sebagaimana heboh belakangan ini merupakan masalah yang cukup serius. Pasalnya, hal itu membuktikan bahwa masih ada penindasan di Indonesia.

"Kalau kewajiban berjilbab ini dilakukan di sekolah Islam seperti madrasah dan pesantren, tentu bisa diterima. Tapi kalau kewajiban ini dilakukan di sekolah negeri yang dibiayai rakyat, ini jelas persoalan serius," ujar Ade Armando seperti dikutip Hops.id -- Jaringan Suara.com pada Selasa (26/1/2021).

"Kejadian di SMKN 2 Padang itu menjadi penting karena menunjukkan adanya penindasan hak beragama dan berkeyakinan di Indonesia," sambungnya.

Menyoal kewajiban berhijab, Ade Armando menerangkan bahwa tidak ada tafsiran tunggal alias multi tafsir. Kata dia, ada banyak anggapan soal ketentuan menutupi aurat.

Hal tersebut yang menjadi alasan kaum muslimat di Indonesia tidak berjilbab selama berabad-abad tahun lamanya.

Ade Armando secara tegas membantah anggapan yang menyebut berjilbab merupakan kearifan lokal masyarakat Sumatera Barat. Dia menyinggung sosok Buya Hamka dan Muhammad Natsir yang menurutnya tidak pernah mewajibkan penggunaan jilbab.

"Kalau ada yang berargumen bahwa berjilbab adalah kearifan lokal Sumatera Barat yang sudah berakar selama berabad-abad, dia jelas bohong. Coba saja lihat foto-foto keluarga tokoh muslim dari Sumatera seperti Buya Hamka dan Muhammad Natsir. Perempuan-perempuan di keluarga ulama besar itu tidak berjilbab," tutur Ade Armando.

Lebih lanjut, Ade Armando menjelaskan bahwa perempuan muslim di Indonesia baru mulai berjilban sejak era 1990-an. Dia mengaitkannya dengan paham wahabi dan gagasan negara Islam khilafah.

"Di Indonesia, perempuan muslim baru berjilbab pada tahun 1990-an. Bahkan di Sumatera yang dianggap lebih puritan dibandingkan dengan Jawa misalnya, berjilbab adalah fenomena yang baru berkembang belakangan," tukas Ade Armando.

"Kaum muslimah di Indonesia baru berjilbab sejak masuknya paham Wahabi, konservatisme Islam, ada gagasan negara Islam, ada khilafah, dan seterusnya," lanjut dia.

Kendati begitu, Ade Armando menegaskan bahwa pernyataannya bukan bermaksud menyudutkan kaum muslimat berjilbab. Sebab, kata dia keyakinan soal itu merupakan preferensi masing-masing dan tidak bisa dipaksakan kepada setiap orang.

Menurut Ade Armando, berjilbab ataupun tidak, itu tiada hubungannya dengan kualitas dan integritas seseorang.

"Saya tidak ingin mengatakan berjilbab itu salah atau terbelakang. Tapi berjilbab adalah soal keyakinan dan bahkan soal preferensi. Berjilbab tidak punya korelasi dengan kualitas dan integritas," tegasnya.

"Berjilbab adalah gaya berpakaian yang tidak ada standar absolutnya. Bahkan, ualam besar lulusan Al Azhar, Mesir seperti Profersor Doktor Quraish Shihab tidak menganggap berjilbab wajib bagi muslimat. Lihat saja putrinya, Najwa Shihab," tandas Ade Armando.

S:suara


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ade Armando: Jilbab Budaya Sumbar? Bohong, Itu karena Paham Wahabi Khilafah
Ade Armando: Jilbab Budaya Sumbar? Bohong, Itu karena Paham Wahabi Khilafah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeaivFFor3xTkw1U32WI5vdkbiCXsCyR2ri8ezrUXBm0tCuBj2LAk03NMupdbyQ-zJ4sbw5KNutLm4wdChj_PULQr9cCq5nyVm5dLJGxd4Ykn1BAUpV22iE6UatRUE-Y39jWyLZjRzYr8/w640-h370/Screenshot_2021-01-26-18-50-24-59.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeaivFFor3xTkw1U32WI5vdkbiCXsCyR2ri8ezrUXBm0tCuBj2LAk03NMupdbyQ-zJ4sbw5KNutLm4wdChj_PULQr9cCq5nyVm5dLJGxd4Ykn1BAUpV22iE6UatRUE-Y39jWyLZjRzYr8/s72-w640-c-h370/Screenshot_2021-01-26-18-50-24-59.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/ade-armando-jilbab-budaya-sumbar-bohong.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/ade-armando-jilbab-budaya-sumbar-bohong.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy