$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Gilbert: Hanya Anies Baswedan yang Melepas Tanggung Jawab Daerah ke Pusat

INDONESIAKININEWS.COM -  Politisi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai Gubernur Anies Baswedan terlalu mengandalkan P...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Politisi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai Gubernur Anies Baswedan terlalu mengandalkan Pemerintah Pusat dalam pengambilan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa- Bali sebagai upaya meredam lonjakan kasus Covid-19 lintas daerah.

"Sikap Gubernur DKI menyerahkan koordinasi PPKM ke Pusat juga tidak dirasakan tepat. Dari semua Gubernur di Pulau Jawa dan Bali, hanya Gubernur DKI yang melepaskan tanggung jawab daerah ini ke pusat," kata Gilbert ketika dikonfirmasi, Jumat (22/1/2021).

Gilbert mengatakan, dalam pelaksanaan PPMK yang kemudian ditindaklanjuti dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mesti dikoordinasikan dengan daerah wilayah penyangga, supaya kebijakannya bisa seragam dan berjalan beriringan.

"Terkesan ini masalah koordinasi di antara Gubernur yang beririsan daerahnya menangani Covid-19 (DKI, Banten dan Jawa Barat). Harusnya mereka duduk bersama seperti saya anjurkan di awal PPKM untuk merumuskan langkah bersama yang seragam," tegasnya.

Menurut Gilbert, keselarasan peraturan pencegahan corona antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan kawasan Bodetabek sangat penting mengingat mobilitas warga yang keluar masuk kawasan Jakarta. 

Sebab sebagian besar warga di daerah penyangga ini memang bekerja dan berkegiatan di Ibu Kota.

"Masyarakat Jawa Barat dan Banten (Bodetabek) sebagian besar commuter yang bekerja di DKI, sehingga jam buka kantor, alat transportasi dan lainnya yang berhubungan dengan pengendalian Covid-19 dapat dikoordinasikan agar bisa dilaksanakan serentak," ucapnya.

Mantan Wakil Ketua Regional South East Asia Regional Office International Agency for Prevention of Blindness WHO itu kemudian mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bahwa penanganan wabah corona adalah urusan pemerintah daerah. Pemerintah Pusat bisa turun tangan jika kondisinya sudah genting.

"Urusan pandemi adalah urusan daerah, kecuali Pemda sudah lumpuh seperti bencana alam, yang lalu diambil alih oleh Pusat. Pusat sendiri sudah mengeluarkan dana yang sangat besar dalam pengobatan penderita. Selain itu, Pemprov DKI, Jawa Barat, dan Banten dengan APBD jumbo seharusnya bisa mengalokasikan dana APBD-nya untuk percepatan vaksinasi dan penambahan tenaga pengawasan," tutupnya.

S:Akurat


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Gilbert: Hanya Anies Baswedan yang Melepas Tanggung Jawab Daerah ke Pusat
Gilbert: Hanya Anies Baswedan yang Melepas Tanggung Jawab Daerah ke Pusat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG7cZ0QfJggcFnDBKMhqPInYjJ-Fr5i3TwCF7DeGriy1WMfPsFoV3vLgPLnQE5v-QcziO4Wb6vR5JjfVXJKPRWLRauSF1onPtAA3vbUfyh4NLWVx2HB8w-TjtmoWyqeD0KP29xWTYDw1U/w640-h432/Screenshot_2021-01-22-16-39-49-97.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG7cZ0QfJggcFnDBKMhqPInYjJ-Fr5i3TwCF7DeGriy1WMfPsFoV3vLgPLnQE5v-QcziO4Wb6vR5JjfVXJKPRWLRauSF1onPtAA3vbUfyh4NLWVx2HB8w-TjtmoWyqeD0KP29xWTYDw1U/s72-w640-c-h432/Screenshot_2021-01-22-16-39-49-97.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/gilbert-hanya-anies-baswedan-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/gilbert-hanya-anies-baswedan-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy